Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Tujuan Dan Manfaat Berternak Burung Merpati

By On Tuesday, December 26th, 2017 Categories : Burung

Tujuan Dan Manfaat Berternak Burung Merpati – Selamat siang readers, apa kabarnya nih? Semoga baik- baik saja yha! Mengenai burung merpati tentunya menarik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu tidak apa tujuan serta manfaat dari beternak burung merpati? Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Karena pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tujuan dan manfaat beternak burung merpati. Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Tujuan berternak burung merpati

Biasanya orang berternak burung merpati atau biasa disebut dengan burung dara / doro ini diternakkan karena menghasilkan daging, untuk olahraga, lomba, pertunjukan dan juga untuk keperluan komunikasi (merpati pos). Namun, banyak orang yang berternak burung merpati ini hanya sebagai hobi saja.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah

Selain dijadikan hobi, burung yang merupakan lambang kesetiaan dan perdamaian ini termasuk dalam salah satu penghasil daging yang baik. Karena dalam waktu 35 hari sepasang merpati dapat menghasilkan keturunan. Selain itu, perawatan dan perkembangbiakannya mudah.

Manfaat berternak burung merpati

  1. Sebagai peliharaan

Banyak orang yang memelihara burung merpati ini. Burung yang merupakan lambang kesetiaan dan perdamaian ini telah menjadi hewan peliharaan sudah ribuan tahun silam. Hal ini dibuktikan pada gambar di museum Irak pada tahun 3000 SM.

  1. Kotorannya bisa dijadikan sebagai pupuk

Pupuk dari kotoran merpati memiliki kualitas yang lebih baik daripada pupuk kandang yang lan. Kotoran burung merpati sendiri digunakan sebagai pupuk alami yang mampu menyuburkan tanaman.

  1. Harga jualnya yang tinggi

Meskipun burung merpati tidak secantik dan semerdu burung-burung lainnya, tetapi merpati bisa mencapai harga jual yang tinggi.

Burung merpati yang diincar banyak orang serta memiliki harga jual yang tinggi yaitu bukan merpati sembarangan. Burung merpati tersebut harus jinak dan terbangnya cepat, sehingga dapat diikut sertakan dalam arena balap merpati atau bisa juga disebut dengan adu doro.

Jika merpati biasa memiliki harga jual yang rendah, namun jika merpati yang sudah pernah memenangkan perlombaan akan memiliki harga jual yang tinggi, sampai jutaan rupiah.

  1. Tidak usah khawatir hilang

Burung merpati tidak perlu di kurung terus dalam sarang. Burung yang satu ini memiliki perbedaan dengan burung lainnya. burung merpati memiliki kemampuan untuk dapat kembali lagi ke sangkarnya setelah lepas dari sangkar.

Jadi jika memelihara burung merpati ini, akan terhindar dari kekhawatiran karena burung merpati meskipun terbang jauh tetap akan kembali lagi ke sangkar awalnya.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai tujuan dan manfaat budidaya burung merpati. Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali.

Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Tips dan Trik Peluang Usaha Merpati Hias

Loading...
Loading...
Tujuan Dan Manfaat Berternak Burung Merpati | ilmuhewan | 4.5