Tips dan Trik Dalam membeli Burung Jalak

By On Saturday, July 8th, 2017 Categories : Burung

cara membeli Burung Jalak – Starling atau burung jalak adalah jenis burung yang memiliki postur tubuh lumayan kecil. Tapi banyak keistimewaan yang ada pada burung jenis ini.

Salah satunya saja ada lebih dari 100 jenis burung jalak yang ada di Indonesia. Berbagai macam bentuk dan warna yang tentunya dapat menarik para pecinta burung.

Suara yang dimiliki oleh jalak terbilang ribut dan berceloteh keras dan mampu memaster burung lainnya juga lho. Jadi jangan khawatir ketika sudah terlanjur membeli burung jenis ini tapi ragu akan kelebihannya.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Jalak Kebo Agar Gacor

Lagipula jalak adalah jenis burung yang mudah dijinakkan. Jadi untuk orang pemula seperti kamu pun bisa memeliharanya.

Tapi kamu harus perhatikan betul sebelum memutuskan untuk membeli seekor burung jalak. Berikut tips dan trik yang harus kamu tiru.

Perhatikan Bibit

Daripada memelihara dari kecil dan menghabiskan beratus – ratus waktu, membeli jalak langsung yang sudah jadi memang lebih terjamin. Kamu akan lebih mudah mengenali suara dan bentuk badan tanpa perlu repot. Jadi usahakan membelinya di pasar yang terjamin tanpa ada penyesalan di akhir.

Tapi jika kamu ingin mempelajari karakter jenis burung ini maka sebaiknya pilihlah jalak yang memang mempunyai kriteria jempolan.

Pilihlah burung ini dari anakan karena akan memudahkannya dalam berkicau. Apalagi jika kamu merawatnya dengan baik maka akan tercipta burung bakalan yang top.

Memang memerlukan waktu yang tidak sedikit, tapi dengan proses ini semua akan membuat kamu semakin tahu bagaimana cara merawat burung tersebut. Belum lagi kepuasan atas pengalaman yang telah kamu dapatkan setelah memelihara burung.

Suara atau Kicauan

Tak kenal maka tak sayang. Itu pribahasa yang sering kamu dengar ketika melakukan pendekatan pada seseorang. Nah, begitu pula dengan burung satu ini.

Cobalah memilih jalak yang suara crek nya tebal. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini ya, karena untuk mengenali kicauan tebal jalak dibutuhkan kejelian. Hal ini sangat diperlukan agar kamu tidak sampai kena tipu oleh penjual.

Tapi ada cara lain yang dapat dengan mudah kamu lakukan supaya bisa mengenali suaranya. Pegang burung jalak pada kedua belah kakinya kemudian gerakkan, atau kamu bisa bersiul menirukan suara induknya. Tunggu beberapa saat maka burung jalak tersebut akan mengeluarkan suara crek-nya.

Penampilan

Pilihlah jalak yang mempunyai bentuk badan yang bulat panjang. Perhatikan bagian bulunya yang mengikat, mengkilap serta tidak kumal.

Ditambah lagi dengan sayapnya yang rapat dan tidak jatuh. Apabila bagian kaki berwarna kuning basah (tidak bersisik) maka bisa dipastikan jalak tersebut berusia muda.

Jika jalak milikmu sehat maka akan lebih memudahkan kamu dalam merawatnya. Ingat, pilihlah burung jalak pada saat tengah bertengger santai. Pada saat itu lah bisa dengan mudah dikenali apakah burung jalak itu sehat atau tidak.

Sikap

Jangan lupa perhatikan sikapnya. Ciri jalak yang bagus adalah yang dapat berdiri tegap dan gagah, tidak kelihatan meringkuk dengan kepala menempel ke bagian bahu. Sudah bisa dipastikan jalak yang kamu pilih adalah bakalan burung jalak yang jempolan.

Jenis Kelamin

Putuskan sebelum membeli burung jenis ini. Apakah untuk diternak atau tidak, maka langkah terbaik selanjutnya adalah memilih jenis kelamin. Ada yang bilang bahwa jenis kelamin jantan biasanya mempunyai kicauan yang lebih nyaring. Kicauan si jantan juga lebih bertenaga jika dibandingkan dengan si betina.

Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang kicauan jalak betina juga mempunyai suara yang variatif dan bertenaga seperti halnya si jantan.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor

Loading...
Tips dan Trik Dalam membeli Burung Jalak | ilmuhewan | 4.5