Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

By On Thursday, July 13th, 2017 Categories : Burung

Cara Membuat Suara Burung Kenari Semakin Keras – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara yang merdu dan banyak digemari oleh para pecinta burung.

Burung ini pertama kali ditemukan di kepulauan Canary oleh pelaut asal Perancis yang bernama Jean De Berthan Cout.

Itulah mengapa burung ini dikenal dengan nama burung kenari, bukan karena berasal dari buah kenari, melainkan karena burung ini pertama kali ditemukan di pulau tersebut.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

Canary sendiri berasal dari bahasa latin, Canarians, yang memiliki arti pulau anjing. Hal ini disebabkan karena pada zaman dahulu, pulau Canary terdapat banyak anjing liar.

Burung kenari yang ada di Indonesia merupakan burung yang diekspor dari berbagai negara, salah satunya negara Belanda.

Burung kenari memang terkenal karena suaranya yang merdu, selain itu bentuk tubuh yang mungil dan warna bulu yang indah juga membuat burung yang satu ini semakin mendunia.

Banyaknya perkawinan silang dari berbagai jenis kenari membuat jenis burung yang satu ini terus bertambah.

Bagi Anda yang memelihara burung kenari, berikut tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat suara burung kenari peliharaan Anda menjadi semakin keras.

Cara Membuat Suara Burung Kenari Semakin Keras dan Lantang

Burung kenari yang memiliki suara keras memiliki nilai lebih dikalangan burung kenari lomba atau burung kenari yang diperlombakan.

Untuk membuat burung kenari mengeluarkan suara yang keras dan lantang hal yang paling dibutuhkan yaitu kesabaran dan ketelatenan.

Karena diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat burung kenari bisa mengeluarkan suara keras secara maksimal.

Untuk melakukan peningkatan suara burung kenari diperlukan perawatan rutin terutama yang berhubungan dengan pita suara, tenggorokan dan otot suara. Berikut tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat volume kenari semakin keras.

  1. Tips dan trik yang pertama untuk meningkatkan volume burung kenari agar semakin keras yaitu dengan memberikannya ramuan daun mengkudu muda. Daun ini dipercaya dapat memaksimalkan suara burung kenari. Siapkan daun mengkudu muda di dalam sangkar dengan cara digantung seperti halnya sayuran hijau pada umumnya.
  2. Selain memberikan daun mengkudu muda, untuk meningkatkan suara burung kenari juga dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang bernutrisi tinggi. Kroto perlu diberikan kepada burung kenari agar suara kicau burung tersebut semakin maksimal dan kesehatan burung kenari juga tetap terjaga.
  3. Untuk meningkatkan suara burung kenari agar semakin keras dan lantang, burung kenari tersebut perlu dijemur setiap pagi secara rutin dengan durasi 2 hingga 2,5 jam.
  4. Agar suara burung kenari semakin keras, maka usahakan burung kenari tidak gemuk. Hal ini dikarenakan jika burung kenari gemuk akan menyebabkan burung tersebut tidak akan bersuara keras. Sebaliknya, burung kenari justru menjadi malas berkicau.
  5. Tips dan trik yang paling penting yaitu burung kenari harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Hal ini disebabkan karena hanya burung kenari yang memiliki fisik dan mental yang sehat dan kuatlah yang dapat berkicau secara maksimal dengan kualitas yang terbaik. Fisik burung kenari dapat dilatih dengan cara memindahkan burung kenari ke sangkar harian yang lebih besar. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan memindahkan burung kenari ke kandang umbaran setiap 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa tips dan trik yang dipercaya ampuh untuk membuat suara burung kenari menjadi semakin keras dan lantang.

Baca Juga : Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras | ilmuhewan | 4.5