Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Teknik dan Cara Budidaya Semut Jepang

By On Wednesday, January 18th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya dan Ternak Semut Jepang – Di era modern ini siapa yang tidak kenal denagn semut jepang, apalagi semut yang dapat membantu meredakan penyakit kencing manis atau diabetes pada penderitanya menjadikan semut ini banyak di cari oleh masyarakat umum.

Bahkan ada yang membudidayakan secara pribadi dengan alasan penyakit yang dideritanya dan cara membudidayakn tidak mudah.

Baca Juga : Penjelasan dan Mengenal Lebih Jauh Semut Rangrang Penghasil Kroto

Walaupun begitu tidak boleh asal membudidayakan, berikut ini teknik dan cara membudidayakan semut jepang yang benar :

  • Siapkan bibit semut jepang. Yang sudah memiliki cukup umur dan masih produktif. Pilihlah bibit yang bagus dan jumlahnya banyak, karena dengan jumlah banyak tersebut memudahkan perkembangbiakan dan sebaliknya jika bibit smeut yang anda siapkan sedikti, maka kemungkinan untuk cepat berkembang lama karena semut jarang bertemu denagn semut lainnya, sehingga tidak adanya proses perkawianan antara semut.
  • Siapkan media ternak semut jepang ini, misalnya menggunakan toples. Tapi toples yang digunakan jangan asal toples, melainkan pilihlah toples yang steril dan memiliki kekuatan yang baik, maksudnya ketika toples tersebut jatuh tidak akan pecah. Pilihlah toples sesuai banyaknya bibit atau kemungkinan bibit tersebut tumbuh.
  • Jangan lupa melubangi tutup toples untuk memudahkan semut – semut jepang untk bernafas. Anda bisa melubangi denagn gunting, pisau atau benda tajam lainnya, tetapi pastikan jangan sampai lubang yang dibuat muat untuk masuknya hewan lain sehingga mengganggu pertumbuhan semut seperti cicak. Jika toples itu anda simpan di rumah, maka lubangilah toples cukup banyak jika rumah anda tertutup dan memiliki suhu panas. Sebaliknya lubangi sedikit saja jika rumah anda memiliki kondisi lembab ataupun terlalu banyak udara yang masuk rumah agar semut – semut tetap hangat, apalagi semut jepang cocok dengan suhu yang sedang serta tetap sekitar 30 derahat celcius.
  • Siapkan kapas dan masukkan kedalam toples denagn ketinggian sekitar 4 cm atau secukupnya, tapi yang pasti kapas – kapas ini akan mengembang sesuai dengan perkembangbiakan semut jepang. Pilihlah kapas yang halus dan mudah untuk semut memasukinya, sehingga mudah berkembang biak. Jangan gunakan kapas yang sering dipakia untuk pembersih wajah, karena sering kali kapas ini sudah mengandung banyak bahan kimia sehingga dapat mempengaruhi perkembangan semut. Anda bisa memilih kapas yang murah dengan harga Rp 1.000 per plastik, karena kapas jenis ini lembut dan mudah di tata.
  • Siapkan ragi tape sebagai makanan para semut jepang anda. Ketika anda membeli pastikan ragi tersebut bukanlah agi eceran karena jika ragi sudah terkontaminasi oleh udara cukup lama maka akan cepat menjamur dan itu sangat tidak baik untuk semut jepang. Pilihlah ragi bermerk NKL dan anda bisa membelinya di toko kue atau pasar tradisional.
  • Simpanlah semut jepang ini pada ruangan bersuhu sekitar 30 derahat celcius yang mana suhunya kering cenderung panas, tapi panas disini bukan berarti langsung terkena sinar matahari melainkan panas gerah. Pastikan juga semut tidak tinggal pada area yang lembab karena mereka akan susah untuk berkembang biak efek toples mengembun dan akhirnya mereka akan mati. Jadi pastikan sirkulais pada ruangan tersebut baik, sehat atau tidak pengap.
  • Masukkan semua bibit semut jepang pada toples atau media yang anda gunakan untuk budidaya.
  • Pastikan anda selalu memberi makan semut jepang dengan ragi yang tepat dan teratur serta jangan lupa untuk memantau atau memonitoring semut – semut jepang anda apakah mereka tumbuh dengan baik atau tidak.

Baca Juga : Cara Ternak Semut Angkrang yang Menghasilkan

Loading...
Teknik dan Cara Budidaya Semut Jepang | ilmuhewan | 4.5