Tahapan dalam Proses Penyortiran Ikan Lele Sangkuriang

By On Thursday, May 4th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Tahapan dalam Proses Penyortiran Ikan Lele Sangkuriang – Penyortiran lele adalah salah satu kegiatan dalam pembudidayaan ikan lele dimana melakukan penyeleksian ikan lele yang sesuai dengan ukuran atau kriteria yang diharapkan.

Tujuan dilakukan penyortiran adalah untuk mendapatkan keseragaman ukuran lele dan untuk memisahkan ikan lele yang memiliki ukuran yang lebih besar karena dikawatirkan lele yang berukuran lebih besar akan memakan lele yang berukuran lebih kecil.

Lele termasuk hewan kanibal oleh karena itu penyortiran ikan lele sangat penting mengingat juga tingkat bibit lele lebih cenderung memiliki sifat kanibalisme lebih tinggi.

Baca Juga : Cara ternak dan Budidaya Ikan Lele Dumbo Untuk Pemula

Dampak karena adanya lele yang berukuran besar memakan lele berukuran kecil adalah populasi ikan lele didalam kolam akan berkurang sehingga pembudidaya dapat mengalami kerugian. Oleh karena itu proses penyortiran sangat penting.

Ukuran lele yang berbeda-beda biasanya disebabkan oleh pemberian pakan ikan lele tidak merata, ada beberapa ikan lele yg cenderung mendapatkan pakan lebih banyak ketimbang lele lainnya.

Selain itu penyebab ukuran lele yang berbeda-beda yang sangat umum terjadiadalah waktu penetasan telur ikan lele tidak bersamaan satu sama lain.

Ada beberapa jenis ikan lele yang umum ada di Indonesia yaitu ikan lele dumbo, lele local, lele phyton, lele masamo, lele limbat, lele broadhead dan lele sangkuriang. Lele Sangkuriang merupakan hasil persilangan dari lele dumbo jantan f6 dengan induknya sendiri lele betina dumbo f2.

Sama hal nya dengan lele-lele jenis lain, penyortiran ikan lele sangkuriang sangat penting. Para pembudidaya ikan lele sangkuriang sering sekali mengabaikan metode yang tepat dalam proses penyortiran ikan lele sangkuriang.

Kejadian yang sering terjadi adalah perlakuan kasar pembudidaya terhadap ikan lele sangkuriang yang akan disortir dan penempatan yang salah dalam proses penyortiran contohnya adalah memisahkan ikan lele sangkuriang berukuran kecil dengan yang berukuran besar, namun tidak memisahkan antara ikan lele sangkuriang yang sedang sakit.

Akibatnya adalah lele yang sehat akan tertular penyakit dari lele sangkuriang yang sakit dan akan mengakibatkan pembudidaya mengalami kerugian.

Proses penyortiran yang baik dan tepat sebenarnya mudah, berikut ini adalah tahapan dalam proses penyortiran ikan lele sangkuriang :

  1. Sediakan media untuk penyortiran sebanyak 3 buah.
  2. Siapkan 2-3 kolam kosong yang baru dan telah diisi oleh air bersih karena samakin bersih air yang digunakan semakin baik untuk kesehatan lele sangkuriang itu sendiri.
  3. Kosongkan atau kurangi air di dalam kolam lama yang akan dilakukan sortir. Pengeringan kolam jangan terlalu ekstream, aturlah debet air yang keluar agar ikan lele sangkuriang tidak terhisap kebawa arus air.
  4. Serok ikan lele sangkuriang dan masukan ke dalam bak sortir
  5. Biarkan ikan sangkuriang yang ukuran kecil terjatuh kembali kedalam kolam dan ikan lele sangkuriang yang besar tetap berada di bak sortir kemudian pindahkan ke kolam yang baru.
  6. Lakukan seterusnya hingga ikan sangkuriang berukuran besar berada dikolam yang lama.

Proses penyortiran dapat dilakukan pada pagi dan sore hari dan dalam melakukan penyortiran ikan lele sangkuriang pastikan dilakukan dengan hati-hati jangan sampai kasar karena akan berdampak buruk pada kulit ikan lele sangkuriang.

Kulit ikan lele sangkuriang akan terkelupas dan ikan lele sangkuriang akan menjadi stress. Pengaturan jadwal dalam penyortiran juga sangat penting agar penyortiran sesuai jadwal dan lakukan ketika keseragaman ikan lele sangkuriang sedang tidak merata.

Baca Juga ; Cara pembesaran ikan lele agar cepat panen

Tahapan dalam Proses Penyortiran Ikan Lele Sangkuriang | ilmuhewan | 4.5