BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Sistem Pertahanan, Pakan, Sifat dan Jenis Burung Potoo

By On Thursday, October 12th, 2017 Categories : Uncategorized

Sistem Pertahanan, Pakan, Sifat dan Jenis Burung Potoo – Jika rajanya berkamuflase adalah bunglon, maka tebakan kamu salah besar.

Pasalnya, kelebihan ini juga dimiliki oleh beberapa hewan. Butuh kejelian mata agar kamu dapat betul – betul menangkap keaslian tampilan mereka.

Kamuflase ini pun sangatlah mirip dengan latar belakang yang dihinggapinya.

Salah satunya saja burung potoo, burung yang sangat handal dalam berkamuflase. Namun sayangnya kamu hanya dapat menyaksikannya di Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan.

Baca Juga : Jenis dan Macam Burung Murai Batu

Hewan Malam

Layaknya burung hantu yang gemar beraktifitas di malam hari (nocturnal), potoo pun juga lebih dikenal suka melakukan aktifitas semacam berburu di malam hari.

Namun, untuk menemukannya di malam hari tidaklah sesulit di siang hari yang membutuhkan penglihatan yang betul – betul tajam karena kecanggihannya dalam menyerupai sesuatu.

Tapi jika ada kilatan cahaya yang berasal dari matanya seperti mata kucing, maka bisa dipastika itu adalah burung potoo.

Sistem Pertahanan Sempurna

Agak sulit membedakan antara burung potoo dan dahan pohon. Karena kesempurnaan dalam berkamuflase inilah yang membuat burung bernama Tawny frogmouth ini sulit untuk ditemukan.

Bahkan potoo juga tidak memiliki predator satupun karena sistem pertahanan yang sempurna sekali ini.

Apalagi ditambah dengan warna bulunya yang hampir mirip dahan pohon tanpa bergerak sedikitpun.

Untuk menambah sistem pertahanan yang semakin kuat, jika ada hewan atau bahkan manusia yang mendekatinya potoo juga bisa tidak bernafas sedikitpun untuk menciptakan kamuflase yang sempurna.

Kamu butuh beberapa kali untuk dapat menemukannya.

Kalaupun penyamaran sudah tidak bisa diandalkan untuk mengelabui hewan lain ataupun manusia, maka potoo pun akan terbang ke tempat lain yang lebih aman.

Pencaraian Pakan

Kehebatan burung potoo ini terus berlanjut ketika sedang melakukan penyamaran, maka secara bersamaan hewan ini juga mendapatkan makanannya.

Walaupun matanya tertutup rapat ketika menyerupai dahan pohon mati, tapi sebenarnya memiliki celah kecil supaya tetap mengawasi kondisi sekitar.

Termasuk dalam hal pencairan pakan. Dalam hal ini potoo bisa mendapatkan serangga kecil, kadal atau katak datang kearahnya, mulutnya otomatis terbuka lebar untuk membiarkan korbannya masuk lebih dalam.

Setelah itu mulut potoo pun secara cepat mengatup kembali.

Otomatis hewan yang berada di dalam mulutnya menjadi santapan kecilnya. Uniknya, suara paruh potoo yang terkatup ini bisa terdengar dari jarak 100 meter lho.

Bersifat Monogami

Dilihat dari penampilan mungkin agak kurang menyakinkan. Namun siapa sangka walaupun memiliki tampilan yang aneh dengan dua mata besarnya itu ternyata potoo mempunyai sifat yang patut diacungi jempol.

Ya, hewan nocuturnal ini menyukai monogami alias setia terhadap satu pasangan saja.

Secara bersama – sama burung potoo mengerami telur dan membesarkan anaknya hingga dewasa. Karena potoo hanya dapat bertelur satu buah saja, maka tugas pun dibagi.

Induk jantan bertugas di siang hari sedangkan untuk induk betina di malam hari. Butuh waktu 30 hari untuk mengerami telur putih yang berbintik – bintik ungu kecoklatan ini.

Telur ini pun diletakkannya pada celah – celah batang pohon atau di atas batang pohon yang sudah lapuk. Memang sangatlah unik, karena burung potoo tidak membangun sarang seperti burung pada umumnya.

Bermacam – macam Jenis

Ada tujuh jenis yang bisa ditemui di benua Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tapi dari tujuh ini pun juga ada yang ditemukan di Amerika Utara lho, terkecuali Amerika Serikat atau Canada.

Tujuh jenis itu antara lain, Northern potoo, grey potoo, long-tailed potoo, andean potoo, great potoo, rofous potoo dan white-winged potoo.

Baca Juga : Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird

Loading...
Sistem Pertahanan, Pakan, Sifat dan Jenis Burung Potoo | ilmuhewan | 4.5