Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird

By On Friday, October 13th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird -Lovebird atau burung cinta sudah banyak dikenal pecinta burung sejati.

Apalagi dengan warna dan ukuran tubuhnya yang berkisar antara 13 hingga 17 cm dengan berat badan 40 sampai 60 gr. Ditambah lagi dengan ekornya yang pendek dan berparuh besar. Namun, yang menambah lovebird istimewa juga spesiesnya yang tidak hanya satu.

Kamu bisa menembukan ada lebih dari dua jenis yang semuanya memiliki keunikan tersendiri. Khususnya dari segi warna, karena lovebird sendiri memiliki warna yang cukup indah dengan ukuran tubuh sekecil itu.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Burung Lovebird Giras

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk memeliharanya alangkah baiknya jika mengetahui keunikan yang dimiliki spesies genus agapornis (burung cinta) ini.

Bersifat Monogami

Jangan asal memeliharanya. Kamu pun harus mengetahui beberapa sifat alami lovebird supaya dia hidup lama. Salah satunya saja kesetiaannya terhadap pasangan.

Tidak hanya burung pinguin saja yang sangat setia kepada satu pasangan. Ternyata lovebird juga tidak kalah lho.

Terbukti dengan umurnya yang mencapai 15 tahun, setelah mencapai usia matang untuk kawin maka selama itu juga lovebird memilih untuk monogami dan setia terhadap satu pasangan saja. Rata – rata lovebird mencapai usia matang ketika sudah 10 bulan.

Uniknya, jika pasangan mereka ada yang mati maka lovebird pasti akan merasa kehilangan sekali.

Tidak tanggung – tanggung, karena burung jenis ini bisa seperti manusia yang mengalami perasaan kehilangan yang mendalam hingga bisa menderita dan depresi berat lho.

Namun, jika salah satu pergi atau dipindahkan di tempat yang berbeda dengan waktu yang tidak sebentar maka mereka ketika mereka bertemu kembali akan saling menyuapi pasangan satu sama lain menggunakan paruh.

Inilah bukti cinta lovebird yang memang pantas untuk diberikan nama burung cinta, karena tingkat kesetian burung ini tidak lah main – main seperti manusia.

Terdiri dari Beberapa Jenis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa lovebird ternyata mempunyai spesies yang berbeda – beda. Walaupun setiap warna bulunya lebih banyak hijau dibandingkan warna lainnya.

Namun, ini tidak mengurangi kecantikan lovebird sendiri. Burung yang termasuk spesies genus agapornis ini memiliki 9 spesies berbeda, yaitu Lilian’s lovebird, grey-headed lovebird, black-collared lovebird, black-cheeked lovebird, fischer’s lovebird, black-masked lovebird, peach-faced lovebird, red-faced lovebird, black-winged lovebird.

Jenis Kelamin

Walaupun lovebird rata – rata imut dan cantik tapi kamu bisa kok membedakan mana yang jantan dan betina.

Hanya dengan melihat bulunya yang berwarna hijau maka kamu bisa pastikan itu adalah si betina. Namun, jika ada mahkota berwarna merah dan bertubuh lebih besar maka lovebird berspesies agapornis taranta itu adalah si jantan.

Populasi

Ingin melihatnya terbang wara wiri disekeliling kamu?

Maka datanglah ke Barat Daya Amerika, San Fransisco dan beberapa kota di Afrika. Ya, memang negara asal lovebird ini adalah Afrika.

Bahkan kamu bisa menemuka delapan spesies burung lovebird beterbangan kesana kemari.

Kecuali grey-headed lovebird yang berlokasi di Madagaskar. Kabarnya nama – nama yang mereka miliki akibat kelakuan sepasang lovebird ini sering duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lainnya.

Mempunyai Penyakit Berbahaya

Tidak selamanya cantik itu aman. Namun, setidaknya kamu harus memperhatikan faktor penting ketika memelihara burung cinta ini. Pasalnya lovebird dapat membawa bakteri ragi (Cryptococcus neoformans) yang berbahaya bagi manusia.

Jika lovebird telah mengalami kontak langsung terhadap kotoran merpati, maka akan menimbulkan bakteri – bakteri yang bisa menyebar. Terutama kepada tubuh manusia.

Jadi, usahakan untuk menempatkan burung lovebird dan merpati saling berjauhan agar tidak tercipta bakteri yang tidak menguntungkan bagi manusia.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Burung Lovebird Giras

Loading...
Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird | ilmuhewan | 4.5