Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pola pembibitan unggas petelur

By On Saturday, April 1st, 2017 Categories : Ternak Hewan

Pola pembibitan unggas petelur – Sedikit pengetahuan tentang apa sih ayam  petelur itu?. Ayam petelur adalah ayam betina yang memang sengaja dibudidayakan ataupun dipelihara untuk diambil telurnya.

Ayam petelur ini adalah asal mulanya ungags yang berasal dari  dalam hutan atau biasanya disebut ayam hutan atau ayam liar. Mulanya ayam hutan ini ditangkap dan dipelihara lalu menghasilkann telur dengan jumlah yang banyak.

Telur adalah makanan gaya gizi dan protein yang mudah didapat untuk saat ini.

Kebutuhan gizi untuk saat ini adalah penting. Maka, beternak ayam petelur sangat dianjurkan. Untuk mendapatkan telur-telur yang  bagus tidak sembarangan dalam memelihara ayam petelur.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek

Ada cara-cara supaya telur yang  dihasilkan oleh ayam petelur berkualitas. Mulai dari peletakan dan kondisi kandang ayam, pakan ayam, sampai bibit ayam yang digunakan harus betul-betul diperhatikan supaya menghasilkan telur-telur yang berkualitas.

Kita juga bisa membuat ayam petelur ini menjadi bisnis yang  lumayan  menjanjikan. Hal ini disebabkan oleh harga sembako yang dari tahun per tahun selalu naik.

Mari coba kita bedah satu-satu apa saja  yang dibutuhkan untuk  beternak ayam  petelur supaya menghasilkan telur yang berkualitas. :

Kandang

Kandang merupakan satu hal wajib yang harus ada bagi kalian yang ingin beternak ayam petelur. Kandang merupakan ‘rumah’ bagi ayam petelur. Di sanalah sehari hari ia melakukann aktivitas. Baik makan, tidur, dan juga mengerami telurnya dan juga menyimpan telur.

Tapi ingat jangan seharian ayam di kandangin. Ayam juga butuh udara segar untuk  bernafas. Kamu bisa melepas ayam saat pagi-pagi setelah diberi makan, dan kembali  masukkan ke kandang pada saat sore mennjelang maghrib.

Ayam yang  terlalu lama di kandang akan terbatas ruang  gerak dan nafasnya. Hal itu bisa menyebabkan ayam menjadi stress dan akan berdampak kepada produksi telur yang buruk.

Pakan ayam

Pakan ayam bisa berupa bahan  yang masih bbaku ataupun yang sudah dicampur dengan yang lainnya supaya lebiih bergizi. Pakan ayam biasanya terdiri dari jagung, kedelai, katul, ataupun bahan  lainnya.

Semua bahan bisa dicampur supaya menambah gizi dari pakan ayam tersebut. Pakan ayam  harus mempunyai komposisi  yang lengkap, karbohidrat, lemak, serat kasar, fosfor, dan juga kalsium sehingga sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan oleh para ahli. Pakan ayam sekarang ini banyak tersedia  di warung-warung pakan ternak dalam kemasan sudah jadi dan siap  pakai.

Akan tetapi, apabila anda ingin membuat sendiri  dengan kombinasi bahan  baku makanan sesuai yang anda  inginkan asalkan tetap bergizi.

Bibit ayam

Bibit ayam petelur bisa diperoleh pada penjual-penjual bibit ayam petelur. Bibit ayam petelur yang bagus adalah bibit DOC/ayam umur sehari. Adapun persyaratan bibit DOC adalah :

  • Anak ayam dihasilkan dari induk  ayam yang
  • Bulunya halus dan tidak terdapat cacat.
  • Mempunyai ukuran berat badan normal yaitu 35-40 gram.
  • Anak ayam mempunyai nafsu makan yang bagus supaya cepat besar
  • Tidak terdapat ceceran kotoran pada tubuhnya.
  • Obat-obatan/vitamin

Obat obatan dibutuhkan saat ayam mengalami sakit. Sedangkan, vitamin setidaknya memang harus rutin diberikan setidaknya 5-7 hari sekali, supaya mampercepat masa pertumbuhan ayam petelur. Obat diberikan hanya ketika ayam sakit. Obat yang  diberikan juga harus sesuai dosis dan juga rutin supaya cepat sembuh.

Peralatan panen

Peralatan panen adalah alat perang paling akhir yang dibutuhkan oleh peternak ayam petelur. Peralatan panen dibutuhkan ketika sudah saatnya  akan memannen telur saja.

Peralatan panen adalah wadah yang dibutuhkan untuk meletakan telur. Wadah yang  dibutuhkan ini  juga berfungsi mencegah agar telur tidak mudah pecah.

Apabila itu semua sudah dilakukan dengan baik maka bukan tidak mungkin telur berkualitas akan didapatkan dengan mudah. Karena, bisnis ayam petelur ini memang  sangat  menjanjikan modern ini.

Semua akan berjalan lancer apabila dilakukan dengan penuh dedikasi dan juga dikelola dengan baik. Karena, pada dasarnya semua orang memang bisa melakukan ternak ayam  petelur.

Baca Juga : Cara dan Panduan Mudah Dalam Budidaya Ulat Jerman

Loading...
Pola pembibitan unggas petelur | ilmuhewan | 4.5