Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Penyakit yang Sering Menyerang Tledekan dan Cara Mengatasinya

By On Tuesday, October 17th, 2017 Categories : Burung

Cara Mengobati Penyakit Burung Tledekan – Peminat burung tledekan memang banyak, apalagi dia dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki keahlian dalam berkicau, bahkan burung tledekan ini mampu berkicau dengan banyak variasi suara.

Namun, bagi para penggemarnya harus benar – benar tahu bahwa burung ini memiliki kualitas mental yang mudah sekali ngedrop sehingga mengalami stres, dan akhirnya mereka akan malas berkicau, jikapun harus berkicau suara yang dihasilkan menurun drastis dari suara ketika sehat.

Biasanya burung tledekan yang terkena stres akan mengalami penurunan kesehatan dan mulai jarang berkicau.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Tledekan Untuk pemula

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan burung tledekan stres :

  1. Kalah mental

Salah satu sebab burung tledekan stres adalah kalahnya mental ketika mereka sedang berada di antara burung tledekan yang memiliki suara lebih berkualitas di bandingkan dengan suaranya, bahkan ketika dia berada di antara jenis burung lainnya yang memiliki suara bagus seperti burung kacer, maka burung tledekan ini juga akan mengalami penurunan mental sehingga stres.

  1. Perubahan perawatan

Ketika anda merawat burung tledekan, sebaiknya perhatikan benar bahwa tidak merubah cara perawatan, karena dikawatirkan akan menyebabkan burung tledekan mengalami stres.

Ketika anda merawat burung tledekan dengan cara tidak benar seperti mulainya jarang dilakukan penjemuran dan pengembunan, pemberian makan hingga pemberian ekstra Gooding (FB) yang tidak teratur.

Akibatnya burung akan malas untuk berkicau.

  1. Perubahan kesehatan

Kondisi kesehatan dari burung tledekan bisa saja terjadi karena perubahan cuaca atau karena kebersihan kandang yang kurang terjaga.

Karena hal tersebut bisa saja menjadikan burung tledekan hanya diam di kandang dan malas berkicau, bahkan selain stres ketika mereka terserang kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Dari beberapa sebab di atas, maka burung tledekan tidak akan bisa mengikuti kompetisi karena stres. Berikut ini cara mengatasi burung tledekan yang mengalami stres :

  1. Letakkan burung tledekan di tempat tersendiri

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengasingkan burung tledekan ini dari berbagai macam jenis burung hingga suara burung seperti apapun.

Hal ini dilakukan untuk mengembalikan mental burung tledekan yang turun tadi karena tekanan atau gempuran dari burung – burung yang lebih gacor darinya.

  1. Rajin memandikan di malam hari

Cara selanjutnya adalah dengan cara menterapi burung tledekan yang stres di malam hari secara rajin hingga stresnya hilang, biasanya proses ini berkisar antara 1 – 2 Minggu.

Sebaiknya proses pemandian ini dilakukan sekitar jam 7 – 8 malam, jangan sampai lebih ya karena tidak baik untuk kesehatan si burung tledekan.

Proses pemandian ini bersifat sementara, dan setelah itu anda dapat meletakkan dalam sangkar dengan memberinya makan jangkrik dan menutupinya dengan keroncong baru kemudian asingkan kembali.

  1. Terapi pengembunan

And dapat melakukan terapi pengembunan yang di lakukan sebelum matahari terbit sekitar pukul 5 pagi, proses ini dapat berlangsung sekitar ½ jam.

Anda dapat menempatkannya di depan teras rumah dengan menggantungnya di tiang besi atau kayu, baru kemudian beri makan jangkrik atau kroto guna menghangatkan tubuhnya.

  1. Memberi pakan tambahan dan vitamin

Memberi pakan dan vitamin tambahan kepada burung tledekan dengan porsi seimbang dapat membantunya untuk kembali berkicau.

Pakan yang diberikan dapat berupa kroto, ulat hongkong hingga jangkrik yang diberikan secara bergantian agar burung tledekan tidak bosan.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Tledekan

Loading...
Penyakit yang Sering Menyerang Tledekan dan Cara Mengatasinya | ilmuhewan | 4.5