Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Protozoa

By On Friday, March 17th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Klasifikasi dan Morfologi Protozoa – Protozoa adalah kelompok lain dari hewan protista eukariota yang kebanyakan protozoa ini hanya dapat dilihat melalui mikroskop.

Protozoa sendiri berbeda dari prokariot karena ukuran tubuhnya yang lebih besar dan selnya termasuk kedalam eukariotik. Protozoa juga berbeda dengan kelas algae karena tidak mengandung klorofil.

Selain itu, Protozoa ini juga berbeda dengan jamur karena hanya dapat bergerak aktif dan tidak memiliki sel, serta akan dibedakan dari jamur lendir karena tidak memiliki kemampuan untuk membentuk badan buah.

Baca Juga : Ciri-ciri protista mirip hewan

Ciri-ciri Umum Protozoa

Beberapa ciri – ciri pada Protozoa, yaitu sebagai berikut:

  1. Organisme uniseluler yang bersel tunggal
  2. Eukariotik yang memiliki membran nukleus
  3. Hidup soliter atau sendiri atau juga ada yang berkoloni atau hidup berkelompok
  4. Protozoa pada umumnya tidak mempunyai kemampuan untuk membuat makanan sendiri biasa juga disebut dengan heterotrof.
  5. Protozoa ada yang hidup bebas, saprofit ataupun parasit.
  6. Protoszoa mampu membentuk kista sebagai upaya untuk bertahan hidup.
  7. Alat gerak yang dimiliki oleh protozoa nya yaitu berupa pseudopodia, silia atau flagela.

Morfologi Protozoa

Beberapa morfologi protozoa yaitu sebagai berikut:

  1. Semua protozoa mempunyai vakuola kontraktil yang berperan sebagai pompa untuk mengeluarkan kelebihan – kelebihan air yang berasal dari sel atau sebagai pengatur tekanan osmosis. Untuk jumlah dan letak vakuola kontraktil protozoa akan berbeda untuk setiap spesies.
  2. Kista adalah protozoa yang dapat berada dalam bentuk vegetatif atau dalambentuk istirahat. Apabila protozoa berada dalam keadaan yang tidak menguntungkan maka dapat membentuk kista sebagai bentuk untuk mempertahankan hidupnya. Sedangkan saat kista berada dalam keadaan yang menguntungkan, maka protozoa akan berkecambah menjadi sel vegetatifnya.
  3. Protozoa tidak mempunyai dinding sel dan juga tidak mengandung selulosa ataupun khitin seperti pada jamur dan juga algae.
  4. Kebanyakan jenis protozoa mempunyai bentuk spesifik yang ditandai dengan adanya daya fleksibilitas ektoplasma yang ada pada bagian dalam membran sel.
  5. Terdapat beberapa jenis protozoa seperti Foraminifera dengan memiliki kerangka luar yang sangat keras mengandung dari Si dan Ca. Sedangkan jenis Protozoa seperti Difflugia memiliki kemampuan untuk mengikat partikel mineral dalam membentuk kerangka luar yang keras. Selain itu juga terdapat jenis protozoa seperti Radiolarian dan juga heliozoan yang mampu menghasilkan skeleton yang sering ditemukan dalam bentuk fosil.
  6. Kerangka luar dari protozoa jenis Foraminifera tersusun atas CaO2 oleh sebab itu dalam jangka waktu  jutaan tahun koloninya mampu membentuk batuan kapur.
  7. Protozoa adalah sel tunggal yang memiliki pergerakan secara khas dengan menggunakan pseudopodia atau kaki palsu, sedangkan flagela / silianya ada yang tidak bisa bergerak aktif.

Klasifikasi Protozoa atau Protista Mirip Hewan

Protozoa dapat diklasifikasi berdasarkan alat geraknya yang terdapat 4 filum Protozoa. Macam – macam Klasifikasi Protozoa tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ciliata atau Ciliophora/Infusoria, merupakan jenis protozoa yang bergerak dengan menggunakan silia atau rambut getar. Contoh protozoa jenis Ciliata ini adalah Paramecium sp
  2. Rhizopoda atau Sarcodina, adalah jenis protozoa yang bergerak dengan menggunakan  pseudopodia atau kaki semu. Contoh protozoa jenis Rhizopoda ini adalah Amoeba sp
  3. Sporozoa atau Apicomplexa, adalah salah satu jenis protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Contoh protozoa jenis Sporozoa ini adalah Plasmodium sp. 
  4. Flagellata atau Mastigophora, aadalah  jenis protozoa yang bergerak dengan menggunakan flagela atau bulu cambuk. Contoh jenis flagellata ini adalah Trypanosoma sp. 

Demikianlah pembahasan tentang klasifikasi dan morfologi protozoa semoga dengan adanya ulasan tersebut diatas dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan kita semua. Sekian dan  terima kasih.

Baca Juga : Fungsi dan Peranan Lisosom Pada Hewan

Loading...
Klasifikasi dan Morfologi Protozoa | ilmuhewan | 4.5