BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Kenali Berbagai Penyakit Ikan Arwana Ini dan Cara Pengobatannya

By On Thursday, October 12th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati dan Mengatasi Penyakit Ikan Arwana – Memiliki ikan arwana memang menjadi kebanggan tersendiri, karena harganya yang relatif mahal dan katanya ikan ini juga bisa membawa keuntungan bagi pemeliharanya.

Menurut Mitologi Tionghoa arwana sering dihubung – hubungkan dengan naga karenanya disebutlah ikan naga.

Tidak hanya satu ternyata arwana sendiri memiliki berbagai jenis yang tentunya akan membuat kamu jatuh hati. Diantaranya arwana berwarna hijau yang ditemukan di Indonesia, Birma, Malaysia, Viernam dan Thailand.

Lalu arwana berwarna emas dengan ekor emas yang hanya ditemukan di Indonesia saja. Arwana berwarna merah yang ditemukan di Indonesia serta berwarna emas yang ditemukan di Malaysia.

Baca Juga : Cara Mudah dalam Proses Pembenihan Ikan Arwana

Sayangnya ikan Arwana Asia sudah berstatus siaga, karena spesiesnya yang sudah terancam punah.

Seringnya orang yang memperdagangkan tanpa mengembangbiakkannya menjadi ancaman tersendiri bagi arwana.

Jadi, supaya ikan arwana kamu selalu sehat dan hidup panjang maka kenali beberapa penyakit ini serta cara mengobatinya. Yuk, ikuti!

Puasa Makan

Jangan cemas dulu ketika ikan arwana kamu tiba – tiba malas untuk mengonsumsi apapun. Cobalah untuk membiarkannya tanpa memberikan pakan satupun selama kurang lebih seminggu.

Pasalnya kejadian puasa oleh ikan arwana ini karena kamu terlalu sering memberikan kelabang hidup.

Eits, tidak hanya manusia yang sering merasa bosan mengonsumsi satu macam makanan saja. Sering mengganti menu makanan akan membuat nafsu makan bertambah lho. Nah, begitu pula dengan arwana.

Selama puasa dari berbagai pakan, kamu bisa mengganti airnya sebanyak 3x dalam seminggu.

Setelah itu kamu bisa memberinya jenis pakan yang berbeda agar nafsu makannya kembali. Untuk menu pertama kamu bisa memberi jangkrik atau udang yang masih hidup.

Ingat, berilah pakan yang berbeda – beda agar arwana tidak bosan.

Tapi kamu juga bisa kok memberinya dengan sebutir obat hobbi fishes ke dalam air yang sering dipakai arwana. Mengonsumsi obat kapsul ini dapat menyembuhkan penyakit stress serta berbagai penyakit lain.

Penyakit Jamuran

Kesibukan yang berjibun sering membuat kamu lupa untuk membersihkan aquarium?

Inilah yang menyebabkan arwana terserang penyakit jamuran. Penyakit ini bisa menyerang bagian punggung yang akhirnya kehitaman dan bermula – mula munculnya semacam kapas putih di atas punggung dan akhirnya berwarna hitam.

Tentu tidak bisa dianggap remeh karena bisa berdampak fatal. Sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh kamu yang malas mengganti air, kapas filter yang sama sekali tidak pernah diganti atau dicuci serta kotoran ikan arwana yang jarang disedot.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengganti kapas filter dan masukan air baru yang telah diendapkan atau air galon.

Jangan lupa untuk memberi garam sedikit, berikan obat pomate, lalu atur heater ke 30 derajat. Biasanya 3 hari setelahnya jamur akan hilang dengan sendirinya.

Cloudy Eye

Atau yang lebih dikenal dengan sebutan mata berkabut disebabkan karena meningkatnya kadar amonia dalam air. Ini yang mengakibatkan mata arwana berkabut di bagian selaput dan jika dibiarkan maka akan menyebabkan kebutaan.

Sekilas memang seperti penyakit katarak pada manusia karena ada lapisan tipis berwarna putih.

Tapi sebenarnya penyebab besar dari penyakit ini adalah kualitas air yang tidak baik. Jadi, usahakan untuk mengganti air yang sebelumnya telah diendapkan. Lalu atur heater 30 derajat, berikan obat pomate dan sedikit garam.

Setelah 3 hari penyakit cloudy eye kemudian hilang dengan sendirinya.

Jadi ikan kesayangan kamu bisa sehat kembali.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Merawat Ikan Arwana Super Red Untuk Pemula

Loading...
Kenali Berbagai Penyakit Ikan Arwana Ini dan Cara Pengobatannya | ilmuhewan | 4.5