Kandungan dan Manfaat Telur Keong Mas

By On Monday, July 17th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan Manfaat Telur Keong Mas – Keong Mas (dengan nama latin Pomacea canaliculata) sangat mudah ditemukan di persawahan maupun di tepi perairan yang ada di Indonesia.

Selama hidupnya, keong mas dapat menghasilkan telur hampir sekitar 15-20 kelompok, yang tiap kelompoknya berjumlah kurang lebih sebanyak 500 butir.

Telur keong mas sendiri telah dimanfaatkan sebagai kerupuk dan jus (minuman sehat) di Indonesia, yang diduga karena kandungan mineralnya (kalsium) yang tinggi.

Selain itu, telur keong mas juga digunakan sebagai pupuk zat perangsang tumbuh (ZPT) organik dikarenakan adanya kandungan karotenoid yang tinggi.

Baca Juga :

Panduan dan Cara Budidaya Keong Untuk Pemula

Manfaat Keong Mas untuk Ikan Lele

Cara Membuat Tepung Keong Mas Untuk pakan ternak

Sebuah kelompok telur keong mas mempunyai panjang dengan rata-rata 0,7 – 3,7 cm, tinggi rata-rata 1,2 – 0,3 cm, bobot dengan rata-rata 0,4- 1,4 gram serta lebar rata-rata 2,2 – 0,3 cm.

Hasil analisis proksimat daripada telur keong mas ini yakni telur keong mas mempunyai kadar air 3,20%, kadar protein 3,22%, kadar lemak 0,19% kadar abu 3,37% serta kadar karbohidrat sebesar 7,11%.

Kadar abu telur keong mas sendiri ternyata lebih tinggi dibandingkan kadar abu daging keong mas, telur ikan tongkol como, telur bulu babi, serta telur ikan patin.

Kandungan mineral makro daripada telur keong mas itu sendiri dimulai dari yang tertinggi hingga terendah, yaitu natrium, kalsium, fosfor, kalium serta magnesium.

Dapat kita lihat juga bahwa telur keong mas ini sendiri memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi.

Kandungan kalsium tinggi yang terdapat pada telur keong mas ini disebabkan karena adanya cangkang pada telur keong mas. Kandungan mineral mikro yang terdapat pada telur keong mas ini jika dimulai dari yang tertinggi hingga terendah yaitu besi, seng dan tembaga.

Ternyata, telur keong mas sendiri memiliki banyak sekali manfaatnya. Berikut telah dirangkum 2 jenis daripada manfaat telur keong mas :

  1. Sebagai Bahan Dasar untuk Pembuatan Pukis

Kue pukis yang dibuat ini ternyata berbahan dasar telur keong, dan mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kue pukis yang berbahan dasar telur ayam pada umumnya.

Kandungan protein yang terdapat pada koloni telur keong mas ini dapat mencapai 12,2 gram, sementara untuk satu butir telur ayam hanya memiliki 7 gram.

Sementara, kandungan lemak yang ada di dalam satu koloni telur keong mas ini sekitar 0.4 gram, dan dalam satu butir telur ayam terdapat kurang lebih 5 gram lemak.

  1. Sebagai Bahan Pangan Ternak

Dikombinasikan bersamaan dengan cangkangnya, manfaat kandungan daripada kombinasi antara cangkang keong dan cangkang telur yang bersamaan dengan telurnya, ternyata kedua bahan tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi oleh hewan ternak. Kalsium tinggi yang dimiliki oleh cangkang telur bahkan tidak bisa dipenuhi dari makanan ternak biasa.

Oleh karena itu, cangkang telur sangat berguna bagi para peternak dan juga makanan untuk nutrisi ternak. Sebagai contoh, pada  saat ayam memproduksi telur, maka ayam tersebut membutuhkan kalsium yang banyak, jika ditambahkan dengan olahan pakan ternak yang berbahan baku cangkang keong dan cangkang telur ini  dapat menjadi salah satu solusinya.

Nah, proses pengolahan daripada cangkang keong dan cangkang telur tersebut terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan pertama, bahan baku tersebut harus dicuci bersih kemudian di jemur hingga kering.

Kemudian, setelah bahan-bahan tersebut kering, masukkan ke dalam mesin penggiling yang nantinya menghasilkan serbuk-serbuk olahan cangkang tersebut. Serbuk tersebut akan dicampurkan dengan dedak atau pakan ternak lainnya sebagai pakan ternak.

Loading...
Kandungan dan Manfaat Telur Keong Mas | ilmuhewan | 4.5