Kandungan dan Manfaat Kroto untuk Kesehatan

By On Monday, July 17th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan Manfaat Kroto untuk Kesehatan – Di era modern sekarang ini, budidaya kroto atau ternak kroto sangat banyak sekali diminati oleh berbagai kalangan, karena budidaya kroto ini dapat memproduksi omzet yang cukup banyak.

Budidaya kroto sekarang sering diincar banyak orang dikarenakan peluang usahanya yang sangat menjanjikan.

Bagi para penghobi burung kicau, telur kroto atau semut rangrang itu tidaklah asing lagi dikarenakan mereka hampir setiap saat menyiapkannya bagi pakan burung kesayangan mereka.

Kroto ini merupakan salah satu barang yang langka dan sangat spesial sehingga harga untuk kroto ini cukup mahal apalagi pada saat tertentu, harga kroto ini dapat terbilang sangat fantastis.

Baca Juga :

Panduan Singkat Cara Budidaya Kroto

Penjelasan dan Mengenal Lebih Jauh Semut Rangrang Penghasil Kroto

Cara Panen Semut Kroto

Tanda-Tanda Kroto Siap Panen

Bagi kalian para penghasil kroto, mungkin masih banyak diantara kalian yang hingga saat ini belum menyadari bahwa semut rangrang tersebut ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia.

Bahkan, banyak juga yang menganggap hewan kecil itu hanyalah seekor hewan yang mengganggu, hingga sampai akhirnya dipunahkan.

Semut kroto yang merupakan salah satu dari jenis serangga Eusosial ini cukup populer dengan koloni serta sarangnya yang terbilang sangat teratur serta terdiri dari ribuan ekor per koloni.

Koloni semut kroto ini terkadang disebut sebagai suatu superorganisme, karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Perlu kalian ketahui, bahwa sebenarnya hewan semut seperti semut kroto ini bisa menjaga kebun yang kalian miliki agar terhindar dari serangan hama dan juga penyakit.

Hal tersebut disebabkan oleh sifat semut yang agresif serta dikenal pemberani walaupun tubuhnya yang jauh lebih kecil daripada musuhnya, sehingga semut pasti berani memangsa hama yang dapat merusak tanaman maupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman yang kalian miliki.

Manfaat Kroto Bagi Kesehatan Tubuh

Di kota Subang, masyarakat sekitar sana banyak sekali berbicara mengenai pengalaman mereka dalam mengkonsumsi telur kroto.

Banyak diantara mereka yang mengonsumsi telur kroto sebagai pendamping makan yang dapat dikatakan ekslusif, karena rasanya yang enak dan mampu memulihkan tenaga setelah seharian bekerja.

Masyarakat asli Subang juga sudah biasa mengolah telur kroto dengan cara dibuat sup, dipepes serta diolah menjadi botok maupun campuran dengan bahan masakan yang lainnya.

Tak jarang juga ada yang mengonsumsi dengan tujuan untuk meningkatkan stamina.

Bahkan, ada juga yang mengonsumsinya sebagai obat sesak nafas atau asam. Cara penggolahan yang dilakukan oleh masyarakat subang yaitu dengan mengambil 1-2 sdm kroto, lalu direbus hingga kroto matang serta larut dengan air dan setelah itu dibiarkan sampai tidak terlalu panas dan kemudian langsung diminum.

Selain di Indonesia, ternyata di negara lain juga banyak yang menggunakan kroto ini untuk dikonsumsi. Contohnya, seperti masyarakat di negara Thailand serta masyarakat di negara Filipina yang mempercayai kroto sebagai produk pangan yang cukup “ajaib”.

Berbagi macam manfaat yang telah dipercaya oleh masyarakat diberbagai tempat ternyata masih berdasarkan pada pengalaman yang berasal dari orang tua jaman dahulu.

Kepercayaan akan manfaat tersebut dapat dikatakan turun temurun, akan tetapi pengujian dengan ilmiah nya masih belum jelas.

Berbagai macam pendapat tersebut masih memerlukan pengembangan dan juga penelitian yang lebih lanjut agar dapat membuktikan kebenarannya.

Orang jaman dahulu sempat berkata bahwa kandungan protein yang terdapat di dalam kroto memang sangat tinggi.

Hal tersebutlah yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia, khususnya untuk terapi kesehatan yang membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi dalam tubuh. Jika dikonsumsi dalam takaran tertentu, ternyata memang dapat memunculkan alergi.

Kandungan dan Manfaat Kroto untuk Kesehatan | ilmuhewan | 4.5