Jenis Makanan Kura-kura Air Tawar

By On Wednesday, May 17th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Jenis Makanan Kura-kura Air Tawar – Kura-kura merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai peliharaan.

Ada banyak alasan seseorang tertarik untuk memelihara kura-kura, di antaranya kura-kura memiliki keunikan karena bagian tubuhnya yang dapat disembunyikan ke dalam cangkanya.

Kura-kura yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan di antaranya kura-kura Galapagos, kura-kura aligator, kura-kura kotak-kotak, kura-kura kepala babi dan kura-kura mata-mata.

Baca Juga : Jenis Kura-Kura Darat yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Untuk perawatannya sendiri, kura-kura tergolong hewan yang tidak terlalu sulit cara merawatnya. Selain itu, kura-kura dapat hidup sekitar 20 hingga 40 tahun. Umur kura-kura dipengaruhi oleh cara merawat kura-kura tersebut.

Makanan kura-kura bisa didapatkan di berbagai toko hewan. Pemberian makanan kura-kura ini dipengaruhi oleh jenis dan umur kura-kura.

Oleh karena itu, perlu diketahui umur dan jenis kura-kura agar lebih mudah menentukan makanan apa yang diberikan. Secara umum, makanan kura-kura dapat dibagi menjadi dua macam di antaranya makanan buatan dan makanan alami.

Untuk kura-kura jenis air tawar makanan yang diberikan dapat berupa seperti berikut ini.

  • Ikan dan Daging Ayam

Kebanyakan jenis kura-kura termasuk ke dalam hewan herbivora yaitu hewan pemakan sayuran. Jenis kura-kura tersebut adalah kura-kura darat.

Sedangkan jenis kura-kura air tawar biasanya diberi makan berupa ikan dan daging ayam. Daging yang paling disukai oleh kura-kura jenis air tawar adalah daging mentah.

Namun pemberian daging mentah ternyata tidak baik bagi kura-kura, hal ini dikarenakan kura-kura yang mengonsumsi daging mentah akan menjadi kegemukkan dan pada daging mentah tidak terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memasakah terlebih dahulu daging yang akan diberikan untuk kura-kura peliharaan Anda. Sedangkan untuk pemberian ikan, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya tidak dijadikan sebagai pakan kura-kura.

Ikan tersebut di antaranya ikan laut dan ikan beku. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan permasalahan jika jenis ikan tersebut dikonsumsi oleh kura-kura.

  • Serangga dan Cacing

Makanan yang dapat diberikan untuk kura-kura air tawar berikutnya adalah makanan sejenis serangga seperti jangkrik. Selain itu, kura-kura air tawar juga dapat diberikan makanan berupa cacing.

Jenis makanan tersebut memang baik untuk kura-kura air tawar. Akan tetapi jangan terlalu sering memberikan makanan ini kepada kura-kura air tawar.

  • Pelet Khusus Kura-kura

Selain diberikan pakan berupa ikan, daging ayam, serangga dan cacing, kura-kura air tawar juga dapat diberikan makanan tambahan seperti pelet khusus kura-kura.

Makanan kura-kura yang satu ini cukup mudah didapatkan karena banyak dijual di berbagai toko hewan. Pelet ini mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan oleh kura-kura untuk tetap sehat, kandungan yang terdapat pada pelet khusus kura-kura di antaranya kalsium, vitamin D dan fosfor.

Akan tetapi jika ingin memberikan pelet untuk kura-kura, sebaiknya Anda harus mengetahui jenis kura-kura yang akan diberikan pelet.

Hal ini dikarenakan ada perbedaan pada pelet yang diberikan untuk kura-kura pemakan sayuran (herbivora) dan kura-kura pemakan daging (karnivora).

Demikianlah beberapa jenis makanan yang dapat diberikan untuk kura-kura air tawar. Dalam pemberian makan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu pakan yang akan diberikan ke kura-kura sebaiknya jangan diletakkan di air kolam karena dapat mengotori air tersebut.

Akan tetapi sesekali Anda dapat memberikan ikan-ikan kecil yang masih hidup di air kolam agar kura-kura dapat langsung memburunya. Selain itu, pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan postur dan usia kura-kura.

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Kura-kura Air Tawar

Jenis Makanan Kura-kura Air Tawar | ilmuhewan | 4.5