Jenis Kura-Kura Darat yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

By On Wednesday, May 17th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Jenis Kura-Kura Darat – Kura-kura atau tortoise merupakan hewan yang termasuk ke dalam family Testudinidae. Kura-kura sering kali disamakan dengan penyu oleh kebanyakan orang awam.

Hal in dikarenakan kura-kura dan penyu berada dalam satu Ordo, yaitu Ordo Testudinata. Kura-kura merupakan hewan vertebrata dan memiliki kaki empat yang bersisik.

Cangkang kura-kura terdiri atas dua bagian yaitu plastron dan carapace. Cangkang ini berfungsi sebagai pelindung bagi kura-kura saat diserang oleh pemangsa.

Selain itu, ada berbagai jenis kura-kura yang dapat dijadikan sebagai peliharaan. Kura-kura sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu kura-kura air tawar (freshwater tortoise/terrapins) dan kura-kura darat (land tortoise).

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Kura-kura Air Tawar

Kura-kura darat atau land tortoise sendiri memiliki beberapa jenis dengan ukuran yang bervariasi. Jika Anda tertarik untuk memelihara kura-kura jenis darat, berikut beberapa jenis kura-kura darat yang dapat Anda jadikan sebagai hewan peliharaan.

Aldabra (Aldabrachelys gigantean)

Sesuai dengan namanya, kura-kura darat ini berasal dari Pulau Aldabra dan merupakan salah satu kura-kura yang terbesar di dunia.

Dibandingkan dengan jenis kura-kura maupun hewan-hewan lainnya, kura-kura Aldabra merupakan salah satu hewan yang memiliki umur terpanjang yaitu bisa mencapai umur 255 tahun.

Kura-kura Aldabra memiliki cangkang yang berbentuk seperti kubah besar. Cangkang tersebut berguna untuk melindungi tubuhnya dari bagian bawah hingga bagian atas.

Selain memiliki umur yang panjang, kura-kura darat jenis ini juga memiliki leher yang sangat panjang, sehingga dapat meraih dedaunan yang cukup tinggi.

Panjang tubuh kura-kura Aldabra jantan dapat mencapai 1,1 meter. Sedangkan kura-kura Aldabra betina memiliki panjang tubuh mencapai 0,9 meter. Makanan kura-kura Aldabra dapat berupa semak, batang kayu muda yang lunak dan rumput-rumputan.

Galapagos (Chelonidis nigra)

Jenis kura-kura darat berikutnya yang dapat dijadikan sebagai peliharaan yaitu kura-kura Galapagos. Kura-kura ini pertama kali ter-expose oleh Charles Darwin di Pulau Galapagos.

Kura-kura Galapagos ini merupakan kura-kura terbesar di dunia dengan panjang tubuh mencpai 1,87 meter dan berat berkisar antara 272 hingga 317kg.

Kura-kura Galapagos terbesar tercatat memiliki berat mencapai 400kg. Seperti halnya kura-kura jenis Aldabra, kura-kura yang satu ini juga memiliki leher yang cukup panjang.

Kura-kura ini merupakan hewan herbivora, kura-kura Galapagos hanya mengonsumsi makanan berupa rumput-rumputan dan pohon-pohon berdahan rendah.

Sulcata (Centrochelys Sulcata)

Kura-kura selanjutnya yaitu kura-kura Sulcata yang merupakan kura-kura yang paling cocok dipelihara di Indonesia karena kura-kura jenis ini mampu bertahan terhadap iklim di Indonesia.

Sulcata memiliki tubuh dengan ukuran berkisar antara 60 hingga 90 cm dan berat mencapai 45 hingga 90kg. Kura-kura Sulcata berasal dari daerah Afrika di seputaran gurun Sahara.

Chery Head (Geochelone Carbonaria)

Chery Head merupakan kura-kura yang berada dari daerah Brazil dan Paraguay.  Habitat kura-kura ini berupa padang rumput dekat hutan tropis. Chery Head memiliki sisik yang berwarna merah atau orange di bagian kepalanya menyerupai buah chery.

Untuk ukuran tubuhnya, kurakura jenis Chery Head dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 30 cm. Sedangkan untuk makanannya, kura-kura Chery Head biasa memakan makanan berupa rumput, buah, dedaunan hijau, bunga hingga hewan invertebrata.

Itulah beberapa jenis kura-kura darat yang dapat dijadikan sebagai peliharaan. Sebagai binatang peliharaan, kura-kura darat merupakan pilihan yang tepat, karena kura-kura tergolong binatang yang jinak berbeda dengan beberapa jenis kura-kura air. Selain itu, kura-kura juga memiliki bentuk dan corak yang indah pada cangkangnya.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Kura-kura Darat

Jenis Kura-Kura Darat yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan | ilmuhewan | 4.5