Jenis-jenis Burung Kakatua

By On Sunday, April 23rd, 2017 Categories : Burung

Jenis-jenis Burung Kakatua – Burung kakaktua merupakan salah satu jenis burung yang terkenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dibandingkan dengan burung lainnya.

Burung Kakatua memiliki bentuk dan warna bulu yang indah dan kemampuannya meniru suara manusia membuat banyak sekali orang yang meminati untuk memelihara burung Kakatua.

Banyak sekali alasan mengapa orang-orang tertarik untuk memilihara burung Kakatua selain bentuk fisik Kakatua yang indah, suara Kakatua yang dapat meniru suara manusia menjadi daya tarik sendiri orang-orang untuk memelihara Burung Kakatua.

Baca Juga : Cara Memaster Burung Pleci Bakalan

Jika dilatih dari kecil, Burung Kakatua dapat menirukan suara persis seperti suara manusia Ciri khas dari Burung Kakatua adalah adanya jambul di kepalanya.

Di alam bebas, burung Kakatua biasanya ditemukan di hutan dengan pepohonan yang tinggi. Kakatua hidup didahan-dahan pohon dan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya untuk mendapatkan makanan. Burung kakak tua termasuk kedalam golongan hewan pemakan segala.

Makanan yang disukai oleh burung Kakatua yaitu biji-bijian, buah-buahan, dan tidak jarang juga orang yang memilihara burung Kakatua memberikan roti untuk makanan Kakatua.

Burung Kakatua dewasa memiliki kemampuan untuk terbang hingga jarak yang cukup jauh karena sayapnya sangat kuat. Burung Kakatua berkembak biak dengan cara bertelur dan dapat menghasilkan hingga 4 butir dalam sekali bertelur.

Burung Kakatua memiliki jenis yang berbeda-beda, di seluruh dunia terdapat 13 jenis burung kakatua yang berparuh bengkok dan 6 diantaranya terdapat di Indonesia lebih tepatnya di daerah Maluku. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 6 jenis burung Kakatua yang ada di Indonesia:

Burung Kakatua Seram

Burung Kakatua Serang atau nama lainnya adalah Cacatua Moluccensis merupakan burung Kakatua dari Maluku yang memiliki ciri khas bulu nya dominan berwarna putih serta ada warna merah mudanya juga, sedangkan jambulnya berwarna jingga keorange-orangenan.

Burung Kakatua Raja

Burung Kakatua Raja merupakan burung Kakatua yag memiliki bulu berwarna hitam dan panjang tubuhnya mencapai 70 cm, ukuran yang besar dibanding burung Kakatua lainnya.

Burung Kakatua Raja ini memiliki jambul yang eksotis dan sangat indah. Habitat dari burung Kakatua Raja adalah Pulau Irian dan Australia Utara.

Burung Kakatua Jambul Putih

Burung Kakatua Jambul Putih memiliki panjang tubuh mencapai 45 cm sedangkan seluruh bulunya berwarna putih dengan kaki dan paruh berwarna hitam. Habitat dari burung Kakatua Jambul Putih adalah Maluku Tengah dan Maluku Utara.

Burung Kakatua Rawa

Burung Kakatua Rawa atau nama lainnya adalah Cacatua Goffini termasuk burung Kakatua yang ukuran tubuhnya kecil yaitu yang dewasa hanya berukuran 30 cm.

Bulu Burung Kakatua Rawa dominan berwarna putih, bagian kelopak matanya berwarna biru dan bulunya ada yang berwarna jingga di dekat paruhnya. Habitat dari burung Kakatua Rawa adalah di Maluku.

Burung Kakatua Korela

Burung Kakatua Korela hamper sama seperti Burung Kakatua Rawa yang membedakan adalah kelopak matanya jauh lebih besar dan berwarna biru terang, panjang tubuhnya mencapai 40 cm.

Warna bulu burung Kakatua Korela adalah putih namun sedikit warna merah muda di bawah hidungnya. Penyebaran burung ini adalah di Papua hingga Australia

Burung Kakatua Putih Jambul Oranye

Burung Kakatua Putih Jambul Oranye merupakan burung Kakatua yang berukuran kurang lebih 35 cm, bulunya berwarna putih, dan jambulnya berwarna oranye. Habitatnya terdapat di Indonesia bagian timur tepatnya di Nusa Tenggara dan Sulawesi.

Baca Juga : Ciri Dan Karakteristik Burung Kacer

Jenis-jenis Burung Kakatua | ilmuhewan | 4.5