Jenis dan Macam Burung Kicaun harga Murah Namun Suara Merdu

By On Tuesday, October 4th, 2016 Categories : Burung

Jenis-jenis burung kicauan murah dengan suara merdu – Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya sekali akan keanekaragaman hayati, termasuk pula dengan keberadaan berbagai jenis burung yang memang luar biasa banyak jenisnya dengan keunikan tersendiri.

Banyak jenis burung kicau yang sejatinya berasal dari Indonesia.

Bahkan banyak pula burung kicau murah bersuara merdu yang juga berasal dari wilayah Indonesia, dibanding si burung kicau dari negara lain.

jenis-burung-harga-murah

Baca Juga : Ciri-ciri dan Karakter Burung Murai Batu Medan

Meskipun harganya itu terbilang murah, bukan berarti suara kicau burungnya murahan dan tidak indah.

Beberapa diantaranya bahkan menjadi favorit kalangan pecinta burung dunia. Luar biasa bukan?

Nah, berikut ini kita akan bahas beberapa burung kicau suara merdu yang harganya relatif murah yang kiranya dapat Anda pelihara di rumah:

  1. Burung Cucak hijau

Salah satu jenis burung yang memiliki kicau merdu adalah burung cucak hijau. Cucak hijau (cucak ijo) berbeda duku dengan burung cucak rowo ataupun burung cucak yang lainnya.

Nama ilmiah dari burung cucak hijau adalah “Chloropsis Sonnerati”. Sesuai namanya, burung yang satu ini memiliki bulu tubuh yang hampir seluruhnya dominan memiliki warna hijau.

Sebetulnya untuk burung cucak hijau ini masih satu kerabat dengan burung cipoh. Burung kicau murah bersuara merdu ini lumayan banyak digandrungi oleh pecinta burung.

Burung yang satu ini punya postur ukuran tubuh sedang sekitar 22 cm. Warna hijau daun, mendominasi bagian tubuh si burung, termasuk ke bagian ekor dan juga sayapnya.

Sedangkan pada bagian tenggorokan dan pipinya, cenderung berwarna hitam berkilau.

  1. Burung Cucak Rowo

Jika sebelumnya disinggung tentang burung kicau murah suara seperti si cucak hijau, kini saatnya kita beralih pada jenis burung cucak yang lain.

Kicau murah suara merdu yang selanjutnya adalah burung cucak rowo. Baik para pecinta burung ataupun kalangan masyarakat awam pasti sudah tak asing dengan nama burung satu ini karena namanya sempat tenar melalui sebuah lagu dengan judul cucak rowo.

Burung tersebut terkategorikan burung berukuran besar dengan panjang sekitar 28 cm, kepala pucat, serta kumis hitam mencolok.

Punggung burungnya berwarna cokelat zaitun. Ada pula keunikan lain dari burung ini adalah terdapatnya mahkota dan juga penutup telinga yang berwarna jingga jerami, bagian sayap dan ekor burung cokelat kehijauan, sedangkan pada bagian dagu serta bagian tenggorokan berwarna putih. Dadanya sendiri berwarna abu-abu.

  1. Burung Kacer

Burung kicau murah yang berkualitas tak dapat lepas dari kacer. Betapa tidak? Kacer merupakan burung yang paling favorit bagi para pecinta burung, terutama saat sedang ada di area lomba kicau burung.

Suaranya yang cukup gacor menjadi daya pikat tersendiri. Namun hati-hati saja kalau dia sampai mbagong, Jika sedang asyik-asyiknya tampil dalam sebuah pertunjukan, ekor si burung ini akan ngebyak-ngebyak, dada si burung pun membusung. Alhasil si pemilik burung pun merasa down.

Namun burung kacer yang mbagong tetap bisa diatasi. Jika usaha perawatan terhadap kacer cukup tepat, suaranya bisa menjadi yang paling gacor.

  1. Burung Cendet

Cendet adalah salah satu burung kicau yang harganya murah namun bersuara merdu. Burung ini merupakan salah satu burung predator yang punya suara isian bagus.

Banyak orang sempat berpikir bahwa untuk merawat burung yang satu ini agak sulit padahal sebenarnya tidak juga.

Merawat burung seperti Cendet sama mudahnya dengan merawat burung kicau lain. Cendet dapat menirukan suara burung lain sehingga banyak orang menganggap Cendet sebagai burung cerdas.

Sayangnya, burung cendet masih kurang diminati. Padahal dari segi harga, harganya tak lebih mahal dari harga seekor burung kutilang.

Baca Juga : Cara merawat burung anis merah yang macet jadi gacor

Jenis dan Macam Burung Kicaun harga Murah Namun Suara Merdu | ilmuhewan | 4.5