Ini Dia Cara Ternak Bebek Petelur untuk Pemula

By On Thursday, June 9th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Bebek Petelur – Pembudidayaan bebek petelur sudah sering kita jumpai di kampung-kampung.

Bebek petelur bukanlah hewan yang asing bagi sebagian masyarakat. Bahkan di daerah-daerah Jawa ternak bebek petelur dijadikan sebagai mata pencaharian utama.

Keuntungan yang didapatkan cukup menggiurkan sehingga banyak orang tidak ragu-ragu dalam berkotor-kotor demi mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Asalkan ada kesabaran dan tekad yang kuat, maka anda pun bisa sukses berternak bebek petelur. Berikut adalah cara untuk ternak bebek petelur untuk pemula.

bebek petelur

  • Siapkan Kandang

Secara umum, kandang yang baik untuk bebek petelur adalah:

  1. Suhu di dalam kandang harus stabil dalam kisaran 35 sampai 40 derajat celcius.
  2. Toleransi kelembaban untuk kandang adalah sebanyak 60%.
  3. Penerangan cukup memadai pada setiap sudut kandang.
  4. Ada sarana untuk pemenuhan kebutuhan tempat makan dan minum yang memadai.
  • Pembibitan

Kunci sukses dalam ternak bebek petelur juga ada pada pembibitanya. Oleh karena itu, pilihlah bibit yang benar-benar unggul dan terbukti kualitasnya.

Harga mahal jika sebanding dengan kualitas maka tidak apa-apa untuk dijadikan pilihan. Jika bibit yang digunakan berkualitas biasa, maka hasilnya juga biasa dan tidak memuaskan. Jika ingin hasil maksimal carilah bibit tetas dari peternak terpercaya.

  • Perawatan

Setelah kita dapatkan bibit bebek petelur berkualitas, selanjutnya kita masuk pada fase perawatan agar hasilnya dapat menjadi seperti yang kita inginkan.

Setelah mendapatkan bakalan seperti starter DOD yang unggul, kita harus segera memasukkanya ke dalam kandang indukan.

Jaga temperatur kandang merata dan dapat mencapai sudut-sudut kandang. Semua bibit harus mendapatkan perawatan merata. Batas maksimal 1 meter persegi kotak, menampung 50 ekor bibit saja.

Pemberian pakan harus sesuai dengan usia itik, jika masih starter atau bakalan maka berilah vitamin dan mineral yang banyak ke dalam air minumnya agar dapat menjaga ketahanan bebek peterlur dari serangan hama dan penyakit dan juga stres.

Jaga kebersihan kandang dengan mengamatinya secara berkala. Kandang yang kotor rawan bakteri dan jika masuk ke dalam tubuh bebek akan timbul penyakit dan mengurangi keberhasilan.

Biaya pengobatan itik juga dapat mengurangi keuntungan produksi. Sterilkan kandang dengan obat secara berkala bila perlu.

Pemberian pakan disesuaikan dengan fase dan usia bebek petelur kita. Fase ini umunya terbagi menjadi tiga fase yaitu starter, grower, dan layar.

Ketiga fase tersebut dapat kita berikan pakan buatan pabrik yang banyak tersedia di toko peternakan dengan menyesuaikanya dengan yang tertera di kemasan.

Pada usia bebek 0 sampai 2 minggu, maka kita berikan makanan pada wadah yang rata atau tray. Jika di atas dua minggu, kita dapat mulai menaburkan pakan di lantai.

Pada usia 3 minggu hingga 1 bulan, bebek akan terbiasa dengan pakan di lantai. Diatas dua bulan, bebek sudah bisa dikenalkan pada pakan buatan khusus agar bebek dapat mendapat nutrisi yang baik dan mulai memproduksi telur.

Biasanya pakan ini berbentuk ransum yang terbuat dari berbagai campuran. Setelah fase pemberian ransum selesai, bebek petelur bisa diberi makan secara ad libitum yang disesuaikan dengan kebutuhan produksi.

Sedangkan untuk pemberian air, tambahkan vitamin dan mineral untuk bebek petelur usia kurang dari satu minggu.

  • Pemanenan

Bebek petelur biasanya bertelur saat dini hari. Jika memanen telur bebek sebaiknya setelah melewati hal itu atau skiranya jam 6 pagi.

Keluarkan bebek dari kandang dan mulailah memanen telurnya. Segera pasarkan atau awetkan karena telur mempunyai batas untuk tidak busuk.

Baca Juga : Bagaimana Cara Ternak Bebek Hibrida untuk Pemula?

Loading...
Ini Dia Cara Ternak Bebek Petelur untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5