Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ini Cara yang Tepat agar Ikan Hias Tidak Cepat Mati

By On Thursday, October 12th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Supaya Ikan Hias Tidak Mati – Ikan hias yang ditempatkan di aquarium dengan berbagai hiasan di dalamnya ternyata memberikan efek tertentu pada pemeliharanya. Selain bisa membuat tenang, juga bisa mempercantik ruangan.

Namun, kamu harus mengkondisikan dengan ukuran aquarium itu sendiri. Jangan sampai ukuran aquarium terlalu besar untuk ditempatkan di dalam satu ruangan.

Hal ini bisa membuat ruangan kamu terlihat sempit. Belum lagi jika ikan hias yang kamu rawat ternyata berjumlah sedikit dari ukuran aquarium yang ada. Jadi sesuaikan dengan jumlahnya agar kelihatan indah.

Baca Juga : Fakta dan tips budidaya ikan hias silver dolar

Tapi, memelihara ikan hias tidak semudah yang kamu bayangkan lho. Ada tekhnik tertentu agar ikan hias yang kamu rawat bisa hidup lebih lama. Berikut cara – caranya.

Sesuaikan dengan Ukuran Aquarium

Sebelum memutuskan untuk membeli ikan hias di pasar, alangkah baiknya jika kamu menyesuaikan dengan ukuran aquarium.

Ini penting karena jika jumlah ikan hias yang kamu beli hanya sedikit, akan kurang tepat memasukkannya dalam aquarium ukuran besar. Begitu pun sebaliknya.

Terdengar sepele memang, tapi dengan memilih ukuran aquarium yang tepat bisa berdampak pada kelangsungan hidupnya ke depan lho.

Bersumpek – sumpek ria di dalam aquarium yang kecil dengan jumlah yang banyak sama saja membunuhnya secara perlahan – lahan.

Penggunaan Kualitas Air Bersih

Manusia saja dengan hidup bersih akan berdampak pada hidup yang sehat dan long life.

Jadi usahakan untuk selalu membersihkan aquarium dengan mengganti air menggunakan air bersih 3 hari sekali agar ikan hias tetap hidup sehat.

Usahakan untuk menggunakan air hasil endapan selama 24 jam agar kadar kaporit hilang, dan kemudian diaerasi.

Untuk selalu menjaga kebersihan air, maka tambahkan filter atau aerasi. Jangan lupa masukkan ikan sapu – sapu jika sewaktu – waktu kamu tidak punya waktu untuk membersihkannya.

Tapi tetap sekali – kali kamu harus membersihkan sendiri agar lebih terjaga.

Pisahkan Ikan yang Sakit

Jangan sekali – kali membiarkan ikan yang sudah terjangkit satu penyakit dalam satu tempat dengan ikan hias lainnya.

Pasalnya bila kamu membiarkan dalam satu wadah atau aquarium maka potensi menular sangatlah tinggi. Hal ini akan mengancam populasi ikan hias yang ada.

Oleh karenanya, pisahkan ikan yang sakit dan obati segera. Tapi jangan pernah tempatkan lagi ikan yang sudah terkontaminasi dengan ikan yang masih sehat.

Pakan yang Teratur

Walaupun kamu sudah terlalu lelah untuk melakukan sesuatu, tapi memberikan pakan pada ikan hias harus wajib ada pada jadwal harian kamu.

Dengan memberikan pakan kamu juga bisa sekaligus menghilangkan penat dan stress akibat kerjaan yang menumpuk. Ini karena warna – warni ikan hias yang beragam dan suara air yang membuat kamu tenang.

Jadi tidak ada salahnya untuk memberikan sedikit waktu luang. Pemberian pakan yang teratur dua hingga tiga kali sehari akan membuat ikan hias tetap sehat dan bugar.

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah ikan yang ada pada aquarium ya.

Bibit Unggul

Poin terakhir ini menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan. Jika yang dipilih adalah bibit kacangan maka bisa saja hidup ikan hias tidak bisa berlangsung lama.

Penting bagi kamu untuk memilih bibit unggul agar bisa tumbuh sehat dan indah. Ya, memang tidaklah mudah menentukan mana yang lebih bagus dan berkualitas dijadikan bibit. Tapi kamu bisa kok mengenalinya dari segi fisik yang non cacat.

Baca Juga : Fakta lintah, pakan ikan-ikan hias jenis carnivora

Loading...
Ini Cara yang Tepat agar Ikan Hias Tidak Cepat Mati | ilmuhewan | 4.5