Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk

By On Thursday, September 14th, 2017 Categories : Burung, Info Lainnya

Fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk – Kamu tahu sosok hantu?

Sosok hantu dipercaya sebagai sosok roh yang menyeramkan, karena memiliki dunia yang sebenarnya berbeda dengan manusia, dan pastinya memiliki sosok yang berbeda dengan mahkluk nyata pada umumnya.

Sosok hantu juga sering dikaitkan keberadaannya di malam hari, dengan motif yang tidak jelas di dalam menampakan diri. Di dunia burung juga ada sosok yang dikenal dengan istilah burung hantu.

Suka menonton sulap? Pasti tahu jenis burung yang sering dibawa oleh seorang pesulap ekstrim yang bernama Limbad, yang merupakan finalis dari sebuar acara ajang pencarian bakat sulap. Kamu tahu juga film Harry Potter?

Film yang berasal dari novel dengan judul yang sama, menceritakan petualangan Harry, si penyihir yang bersekolah di Hogwarts, sekolah khusus penyihir.

Dan kamu tahu jenis binatang peliharaan wajib yang harus dibawa oleh murid-murid Hogwarts. Ya, burung hantu. Tahukah kamu jenis burung hantu celepuk? Berikut fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk.

  1. Burung hantu celepuk, atau Scoots Owl, merupakan jenis burung hantu yang jumlah spesies dan jenisnya mencapai 45 di seluruh dunia, namun berasal dari Indonesia. Jenis burung hantu celepuk ternyata sering dikawinkan dengan jenis burung hantu lainnya, yang menjadikan jenis burung hantu baru. Burung celepuk memiliki karakteristik badan yang tegap, menyerupai burung elang yang gagah tegap, dengan ukuran yang bervariasi, dan merupakan hewan nokturnal. Hewan nokturnal adalah jenis hewan yang lebih banyak berativitas di malam hari. Jadi burung hantu akan mencari mangsa dan bangun ketika hari sudah malam. Sewaktu siang, burung hantu celepuk akan lebih banyak tidur.
  2. Burung hantu celepuk memiliki penglihatan yang tajam khususnya di malam hari, dan ternyata memiliki keunikan yaitu bagian lehernya bisa berputar sampai 180 derajat ke belakang. Jadi kalau manusia atau hewan lainnya harus membalikkan badan untuk bsia melihat objek yan gada di belakang tubuhnya, burung hantu celepuk hanya tinggal memutar kepala. Cukup mengerikan ya kalau melihat ada manusia yang bisa memutar kepalanya. Tak heran disebut burung hantu.
  3. Sorot matanya tajam, dengen bola mata yang berwarna gelap atau malah lebih terang. Warna burung hantu celepuk bermacam-macam, mulai dari abu-abu sampai coklat. Burung hantu celepuk memiliki mahkota di kedua sisi kanan dan kiri kepalanya. Makanan burung hantu celepuk adalah berbagai jenis tikus dan reptil. Dengan paruh yang bengkok burung hantu celepuk bsia merobek dan dengan cengkraman cakarnya burung hantu celepuk bisa menerkam mangsanya. Burung hantu celepuk memiliki sifat monogami, artinya hanya memiliki satu pasangan saja, dan ternyata hanya membesarkan satu ekor burung hantu celepuk per tahunnya. Burung hantu celepuk akan membuat sarang, atau bahkan memakai sarang orang lain. Burung hantu celepuk akan merawat anaknya, baik jantan maupun betina.
  4. Untuk memelihara burung hantu, adalah lebih baik untuk memelihara burung hantu di luar, jangan di dalam sangkar. Kalau takut lepas, bisa dirantai saja kakinya. Untuk membiasakan dengan burung celepuk, interaksi harus dimulai dengan menggunakan sarung tangan sebelum terbiasa, karena cakarnya cukup tajam dan ada kemungkinan mematuk. Biasakan burung hantu celepuk dibawa ke tempat yang ramai manusia agar terbiasa, dijemur dan dimandikan. Burung hantu celepuk bisa mandi sendiri. Untuk makanan bisa diberikan jenis serangga seperti jangkrik, cacing, kecoa, lalu tikus mulai ukuran kecil sampai besar.

Itu tadi fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Burung Hantu yang Wajib Anda Tahu

Loading...
Fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk | ilmuhewan | 4.5