Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri Dan Macam-Macam Burung Betet

By On Friday, January 20th, 2017 Categories : Burung

Ciri Dan Macam-Macam Burung Betet – Ilmuhewan.com – Burung betet menjadi salah satu burung yang paling digemari oleh banyak kalangan pecinta burung.

Bukan tanpa alasan, burung betet dianggap memiliki keunikan tersendiri yaitu bisa menirukan suara atau bunyi jika diajarkan atau diperdengarkan kepada burung betet secara teratur dan berulang-ulang.

Ada rasa kepuasan tersendiri apabila sang majikan berhasil mengajari burung betet menirukan suara tertentu.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Aves (Burung)

Tidak jarang, burung betet mampu menirukan suara sang majikan sama persis, entah itu bagaimana cara sang majikan tertawa, mengucap salam atau bernyanyi.

Alhasil, memiliki burung betet menjadi sebuah hobi yang menyenangkan karena dianggap bisa menghilangkan stres atau sebagai hiburan tambahan di rumah di kala jenuh.

Ditengok dari klasifikasi jenisnya, burung betet ternyata terbagi dalam beberapa macam. Berikut ini adalah ciri dan macam-macam burung betet yang terdapat di tanah air:

Nuri bayan atau Bayan (Eclectus roratus)

Keindahan warna bulu nuri bayan tidak perlu diragukan lagi. Betina yang memiliki warna merah dan kuning biasanya memiliki panjang tubuh sekitar 35 cm dan berat 375 gram. Sementara itu, jantan sebagian besar bulu berwarna hijau dan sayap merah.

Yang paling unik, nuri bayan memiliki jenis suara yang bernada keras dan serak dengan irama yang beritma. Burung nuri bayan yang terdapat di Indonesia termasuk berparuh bengkok dan pandai mengulang suara yang didengarnya secara teratur.

Nuri bayan senang berkoloni atau berkelompok ketika malam untuk mencegah predator. Tetapi, saat siang mereka akan menyebar dan hidup bersama pasangan. Dalam satu kali perkawinan, burung nuri bayan hanya bisa bertelur 2 butir.

Serindit Paruh Merah atau Serindit Sulawesi (Loriculus exilis)

Sama-sama senang menirukan suara atau bunyi, burung sarindit paruh merah termasuk kategori burung betet yang tidak kalah digandrungi.

Warna hijau dan merah yang menghiasi bulu tubuhnya membuat siapa saja yang memandang menjadi tertarik dan terpesona.

Burung sarindit paruh merah memiliki tabiat yang unik saat tidur. Ia akan bergantungan pada kawat atau ranting kecil dalam posisi kaki di atas dan kepala di bawah.

Burung sarindit paruh merah tersebar di pulau Sulawesi. Tempat tinggal burung sarindit paruh merah biasanya senang bersarang di hutan mangrove, hutan lindung atau pepohonan yang tinggi di pemukiman penduduk.

Umumnya, burung sarindit paruh merah suka hidup di atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Burung sarindit paruh merah boleh diperjualbelikan, akan tetapi tentu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku atau membudi-dayakan sendiri.

Serindit Sangihe (Loriculus catamene)

Burung sarindit sangihe termasuk burung yang langka dan hampir punah. Habitat aslinya ada di pulau Sulawesi sebelah utara. Dengan panjang tubuh dari kepala sampai ekor mencapai 13,5 cm, burung sarindit sangihe senang bersarang di pepohonan yang tinggi dan terpencil seperti di pulau Sangir.

Ciri fisik burung sarindit sangihe adalah terdapat mahkota di atas kepala serta bagian leher berwarna merah.

Betet Kelapa Punggung Biru dan Kastura Sulawesi (Tanygnathus sumatranus)

Burung betet kelapa punggung biru menjadi jenis burung betet terakhir yang bisa dikatakan sulit dijumpai dari hari ke hari.

Berukuran tubuh cukup panjang yaitu sekitar 32 cm dengan warna tubuh burung jantan, hijau di bagian bawah serta sayap hijau kekuningan, membuat burung Burung betet kelapa punggung biru tampak cantik dan tak bosan dipandang.

Burung Burung betet kelapa punggung biru yang betina biasanya memiliki warna bulu hijau tua yang sangat memikat, pada tepi sayap, punggung dan pinggang terdapat warna biru muda.

Baca Juga : Mengapa Burung Betet Bisa Berbicara?

Loading...
Ciri Dan Macam-Macam Burung Betet | ilmuhewan | 4.5