Ciri dan karakteristik udang vannamei kaki putih

By On Saturday, March 18th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan karakteristik udang vannamei kaki putih – Berdasarkan habitatnya udang ada yang hidup di air asin ada juga yang hidup di air tawar.

Ada beberapa jenis udang diantaranya udang ketak, udang bari, udang minyak, udang bemban, udang galah, udang harimau, udang karang, udang kuning, udang meah, udang pasir, udang putih kecil, udang putih besar, udang solo, udang lambouh, udang kara, udang kertas, udang lipan, udang rotan, dan udang vannamei atau udang berkaki putih.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa udang ada yang berjenis udang kaki putih atau yang disebut dengan Litopenacus vannamei.

Baca Juga : Tips dan Cara Praktis Budidaya Udang Hias Air Tawar

Udang putih atau udang vennamei adalah udang yang merupakan spesies asli dari Amerika Tengah. Udang putih ini mulai dibudayakan di Indonesia pada awal tahun 2000.

Udang vennamei perkembangannya sangat cepat sejak di budidayakan di Indonesia. Petambak di daerah-daerah Indonesia seperti di Situbondo, Malang dan banyuwangi banyak yang melakukan budidaya udang kaki putih ini karena prospek keuntungan dai budidaya udang vennamei ini sangat besar. Udang vennamei ini sangat unggul jika dibudidayakan sehingga keuntungan dari budidaya udang vennamei ini dapat diperoleh secara maksimal dan sangat menguntungkan asalkan menggunakan teknik budidaya yang baik.

Tak heran jika daerah-daerah lainnya di Indonesia juga tertarik sekali untuk melakukan pembudidayaan udang vennamei ini.

Selain Indonesia, ada Negara lain yang melakukan pembudidayaan ikan kaki putih ini yaitu Thailand, Cina dan Taiwan.

Udang vennamei termasuk ke dalam genus Panaid pada Filum Arthropoda. Udang vennamei kebanyakan melakukan aktifitasnya pada malam hari atau nama lainnya adalah nocturnal.

Habitat asli dari udang vennamei ini adalah di laut terbuka bagi udang vennamei yang tergolong dewasa, sedangkan udang vennamei yang tergolong muda berimigrasi ke arah pantai.

Ada beberapa ciri dan karakteristik dari udang vennamei kaki putih, diantaranya :

  1. memiliki tubuh yang dibalut kulit tipis keras berwarna putih kekuning-kuningan dan memiliki kaki yang berwarna putih. Ukuran tubuh udang vennamei lebih kecil dari udang jrebug.
  2. Tubuh udang vaname dibentuk oleh 2 cabang yaitu exopodite dan endopodite. Tubuh udang vennamei berbuku-buku dan mempunyai kebiasaan untuk mengganti kulit bagian luarnya.
  3. Bagian kepala udang vennamei terdiri dari 5 pasang kaki untuk berjalan, mandibula, antenna dan antenula. Kepala udang vennamei dilengkapi dengan 3 pasang maxilliped yang berfungsi sebagai organ untuk makan, 5 pasang kaki berjalan atau kaki sepuluh. Bagian kepala dari udang vennamei agak sedikit menjorok keluar dengan bagian pinggirnya dari kepalanya yang bergerigi yang berjumlah 9 gerigi pada bagian atas serta dua gerigi pada bagian bawah dari udang vennamei.
  4. Bagian perut atau disebut dengan abdomen dari udang vennamei terdiri dari 6 ruas, terdapat 5 pasang kaki renang dan sepasang uropods yang seperti ekor. Ekor dari vennamei berbentuk seperti kipas.
  5. Udang vennamei mencari makanan dengan cara menggunakan sinyal kimiawi yaitu berupa getaran dengan bantuan organ sensor yang terdiri dari bulu halus. Dengan cara seperti itulah udang vennamei dapat merespon makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Udang vennamei tidak makan sepanjang hari tetapi hanya beberapa waktu saja dalam sehari. Udang vernnamei membutuhkan setidaknya 35 persen protein dimana itu berarti lebih rendah dari kandungan protein yang dibutuhkan oleh jenis udang lainnya.
  6. Udang Vennamei mampu hidup pada salinitas kisaran 5-45 ppt dengan salinitas optimal 10-30 ppt dan kisaran suhu 24 sampai 32 derajat celcius.

Baca Juga : Panduan dan Cara Terbaik dalam Budidaya Udang

Loading...
Ciri dan karakteristik udang vannamei kaki putih | ilmuhewan | 4.5