Ciri dan Karakteristik Burung Parkit Australia (Kakak Tua Mini)

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Burung, Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Burung Parkit Australia (Kakak Tua Mini) – Burung parkit merupakan salah satu jenis burung kicau yang termasuk dalam famili burung nuri atau yang juga dikenal dengan nama Parrot.

Burung parkit memang memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Panjang maksimal dari burung ini hanya berkisar 20 cm dengan berat maksimal 32 gram.

Ada berbagai jenis burung parkit yang tersebar di berbagai negara mulai dari Australia, Amerika, Belanda hingga Indonesia. Salah satu jenis burung parkit yang banyak ditemukan di Indonesia adalah burung Parkit Australia.

Sesuai dengan namanya, jenis burung parkit yang satu ini berasal dari Australia dan juga dikenal dengan nama burung Palek. Burung Parkit Australia memiliki bentuk yang unik dan sangat cantik.

Baca Juga :

Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina

Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Kicauan

Untuk lebih jelasnya, simak ciri-ciri atau karakteristik dari burung Parkit Australia berikut ini.

Makanan

Burung Parkit Australia biasanya dapat diberi makan berupa biji-bijian seperti millet, mulai dari millet putih maupun millet merah.

Selain biji-bijian, makanan burung parkit juga dapat berupa buah-buahan seperti buah apel, buah pisang dan buah melon. Burung Parkit Australia juga menyukai sayuran seperti jagung, sayur bayam, wortel dan brokoli.

Reproduksi

Burung parkit bersifat monogamy dan biasanya sulit untuk membedakan antara burung parkit jantan dan betina. Untuk membedakan antara burung Parkit jantan dan betina tidak bisa dilihar dari kelaminnya, karena burung Parkit jantan tidak memiliki alat kelamin.

Sementara itu, untuk jenis burung Parkit Australia dapat dijodohkan dengan burung Parkit lain. Apabila burung Parkit Australia melakukan reproduksi setelah perkawinan, telur yang dihasilkan oleh burung Parkit tersebut biasanya berjumlah 4 hingga 6 butir.

Selanjutnya, burung Parkit Australia akan mengerami telurnya selama 17-19 hari.

Anak burung Parkit dapat dipanen setelah 10 hari. Pada hari ke 10, anak burung Parkit tersebut juga sudah dapat membuka matanya.

Sedangkan sejak usia 2 minggu, sudah mulai tumbuh bulu-bulu pada tubuh burung Parkit tersebut. Setelah itu, jika sudah berusia 1 bulan, bulu-bulu tersebut akan tampak lebih sempurna.

Setelah burung parkit berusia 42 hari, biasanya anak burung Parkit siap meninggalkan sarangnya. Sementara proses perontokan bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung, akan terjadi saat burung Parkit telah berusia 4 bulan. Selanjutnya pada usia 5 bulan, burung Parkit betina umumnya sudah mulai belajar bertelur.

Bentuk Fisik

Ciri atau karakteristik lainnya dari burung Parkit Australia ini juga dapat dikenali dari bentuk fisiknya. Burung Parkit Australia biasanya memiliki lingkaran berwarna putih pada sekitar bola matanya yang muncul saat berumur 6 bulan. Lingkaran tersebut dikenal dengan nama cincin iris.

Cincin iris ini memiliki fungsi untuk mengindikasikan umur burung Parkit Australia tersebut yang sudah semakin tua. Burung Parkit biasanya dapat hidup selama 5 hingga 8 tahun, namun beberapa di antaranya juga dapat hidup hingga mencapai umur 10 tahun.

Demikianlah beberapa ciri atau karakteristik dari burung Parkit Australia atau burung kakak tua mini. Burung ini juga memiliki keunikan, yakni kepalanya dapat berputar hingga 180 derajat.

Untuk perawatannya sendiri, tidak membutuhkan teknik khusus untuk merawat burung Parkit Australia ini.

Anda hanya perlu mengangin-anginkan burung tersebut sekitar setengah jam atau satu jam pada pagi hari. Setelah itu memandikan burung, lalu menjemurnya selama satu atau dua jam sembil memberinya pakan.

Setelah dijemur, burung diangin-anginkan kembali sebelum dimasukkan untuk istirahat. Dan yang paling terpenting adalah menjaga kebersihan kandang Burung Parkit tersebut.

Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Parkit Australia (Kakak Tua Mini) | ilmuhewan | 4.5