Ciri Dan Karakteristik Burung Maleo

By On Friday, December 22nd, 2017 Categories : Burung

Ciri Dan Karakteristik Burung Maleo – Selamat siang readers, apa kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yha! Mengenai burung maleo tentunya menarik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu tidak apa saja ciri dan karakteristik burung maleo? Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Sekilas tentang Burung Maleo

Sebelum membahas mengenai ciri dan karakteristiknya, ada baiknya kalo kita kenalan dengan burung maleo dulu. Nah readers, burung maleo (Macrocephalon maleo) adalah burung langka dari famili megapodiidae dan genus macrocephalon.

Baca Juga : Cara Memberi Makan Burung Liar Anakan

Burung maleo ini setia dengan pasangannya dan tidak akan berpaling ke burung jantang ataupun betina lainnya. burung maleo sendiri tidak bisa ditemukan disembarang tempat, hanya dapat di temukan di Pulau Sulawesi sehingga burung ini disebut sebagai satwa endemik Sulawesi.

Burung ini termasuk dalam hewan langka karena habitasnya terus terdesak akibat penebangan maupun perburuan liar.

Tetapi, saat ini keberadaan dari Burung Maleo ini dapat terlindungi karena adanya kerja sama antara Dinas Kehutanan Melalui Balai Taman Nasional Lore Lindu dan masyarakat setempat.

Ciri dan karakteristik Burung Maleo

  • Ukuran tubuhnya tergolong sedang, yakni dengan panjang sekitar 55 cm;
  • Tubuhnya didominasi oleh bulu yang berwarna hitam;
  • Pada mata Burung Maleo ada warna kuning pada kulit sekitarnya;
  • Memiliki iris mata yang berwarna merah kecoklatan;
  • Kakinya berwarna abu-abu;
  • Pada paruhnya berwarna jingga serta adanya warna merah muda yang agak putih pada bulu sisi bawah;
  • Memiliki jambul yang keras atau tanduk yang berwarna hitam. Tonjolan ini hanya akan muncul ketika burung Maleo memasuki usia dewasa dan tidak dapat ditemukan pada saat burung masih berusia anak-anak hingga remaja;
  • Pada burung Maleo jantan dan betina ciri-ciri fisiknya hampir sama, hanya saja pada burung Maleo betina ukuran tubuhnya lebih kecil dan juga berwarna lebih kelam apabila dibandingkan dengan burung Maleo jantan;
  • Burung maleo memiliki telur yang ukurannya tergolong besar, yaitu sekitar 250 gram atau 5 kali lebih besar ukuran telurnya dibanding dengan telur ayam kampung.

Nah readers, gimana?

Sudah paham kan mengenai ciri dan karakteristik burung maleo.  Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pakan Alternatif Burung Kicau Trucukan

Loading...
Loading...
Ciri Dan Karakteristik Burung Maleo | ilmuhewan | 4.5