BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Ciri dan Karakteristik Annelida (Cacing Gelang)

By On Thursday, April 20th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Annelida (Cacing Gelang) – Annelida adalah salah satu jenis kelompok hewan yang memiliki bahasa latin annellus memiliki arti cincin kecil dikarenakan karakter pada cacing mirip dengan cincin kecil atau bersegmen, sehingga ada yang menyebutnya cacing bercincin atau cacing bersegmen.

Jumlah spesies annelida sebanyak 15.000 dengan panjang mulai dari 1 – 3 mm.

Ciri annelida

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari annelida :

  1. Merupakan salah satu anggota hewan triproblastikselomata yang memiliki bentuk tubuh bilateral, bersegmen atau memanjang beruas – ruas yang pada setiap ruasnya memiliki alat gerak berupa bulu kaku dan sepasang alat untuk ekskresi. Selom pada annelida berisi cairan yang memiliki fungsi sebagai rangka hidrostatik.
  2. Tubuh pada annelida dilapisi oleh kutikula yang lembab dan tipis.
  3. Memiliki sistem pencernaan lengkap mulai dari mulut, faring, esofagus, usus hingga anus.
  4. Memiliki sistem saraf tangga tali yang terdiri dari pasangan ganglia dengan penghubung saraf lateral ventral tali saraf ganda.
  5. Memiliki sistem ekskresi yaitu nefridia, nefroston dan nefrotor pada setiap segmen. Nefrida merupakan sebuah organ ekskresi yang berupa saluran, nefrostom merupakan corong yang bersilang di dalam tubuh dan nefrotor merupakan pori pada tubuh sebagai tempat kotoran keluar.Annalidaakan menggunakan metanefridium guna mengeluarkan zat sisa jika mereka memiliki pembuluh darah dan akan menggunakan protonefridium jika tidak memiliki pembuluh darah.
  6. Memiliki sistem peredaran darah tertutup yang mengandung hemoglobin pada pembuluh darah yang mana menjadikan warna darah menjadi merah. Pembuluh darah ini memiliki fungsi sebagai pengantar nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh annelida. Mereka memiliki 2 embuluh darah utama yaitu dorsal berada pada bagian atas dan ventral berada pada bagian bawah yang memanjang pada seluruh tubuh annelida dan saling terhubung pada setiap segmen.
  7. Mereka berrespirasi menggunakan permukaan kulit secara disfusi. Namun ada juga yang sumber yang menyatakan bahwa annelida bernafas menggunakan insang.
  8. Alat gerak menggunakan seta dengan struktur mirip rambut kecil yang menutupi seluruh tubuh annelida. Struktur tersebut terdiri dari kitin untuk membantu annelida berpegangan pada permukaan dengan baik.
  9. Memiliki otot yang digunakan untuk membantu bergerak yaitu otot melingkar dan longitudinal.

Karakter annelida

Berikut ini adalah beberapa karakter dari annelida :

  1. Kebanyakan mereka hidup bebas di dasar perairan laut, air tawar, tempat lembab seperti tanah basah hingga menjadi parasit pada inangnya seperti hewan bertulang belakang.
  2. Reproduksi hewan annnelida secara seksual dan aseksual. Ketika reproduksi secara seksual mereka akan membentuk gaet yang memiliki sifat gonokoris atau organ kelamin jantan dan betina yang terpisah dan bersifat hermaprodit. Sedangkan reproduksi secara aseksual mereka ain menggunakan cara regenerasi dan fragmentasi. Walaupun mereka memiliki 2 jenis kelamin, ada juga annelida yang tetap membutuhkan 2 individu annelida ketika bereproduksi secara aseksual untuk pertukaran sperma dan setelah itu akan di lepas ke kepala cacing untuk berkembang di dalam tanah. Pada umumnya cacing akan menghasilkan larva bersilia yang bernama trokofor dan memiliki cairan semacam darah yang akan beredar di dalam sistem sirkulasi menggunakan sistem peredaran darah tertutup.

Klasifikasi annelida

  1. polyChaeta
  2. OligoChaeta
  3. Hirudenia

Annelida memiliki beberapa peran pada manusia, seperti bagi bahan makanan manusia, bahan baku makanan ternak, bahan baku obat, bahan baku kosmetik. Selain itu mereka juga dapat merugikan manusia, misal dapat menimbulkan penyakit seperti anemia.

Baca Juga : Cara Budidaya Cacing Tanah Bagi Pemula

Loading...
Ciri dan Karakteristik Annelida (Cacing Gelang) | ilmuhewan | 4.5