Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri – Ciri Anjing Yang Sehat

By On Friday, May 19th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri – Ciri Anjing Yang Sehat – Pasti di antara kamu pernah menonton acara televisi seperti The Incridible Dr. Pol, kan?

Ya, sebuah acara yang menyajikan tentang menanggulangi permasalahan hewan – hewan.

Acara ini pun dikemas sedemikian rupa yang membuat kamu semakin bertambah pengetahuannnya mengenai hewan. Acara ini pun juga yang membuat kamu harus memprioritaskan kesehatan hewan agar tidak membawa penyakit terhadap kamu lho. Banyak ilmu yang kamu dapatkan ketika menonton acara televisi ini.

Baca Juga : Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi

Kesehatan hewan sudah menjadi prioritas utama agar tidak mengalami penularan yang tidak diinginkan kepada si pemilik. Apalagi jika hewan kesayangan tiba – tiba jatuh sakit karena kamu  tidak memperhatikan kesehatannya.

Apa saja sih ciri – ciri anjing sehat itu? Yuk disimak!

 

Ekor

Sebagian besar dari kamu pernah atau bahkan sering melihat anjing yang dengan senangnya mengibas – ngibaskan ekornya. Apalagi ketika majikan kesayangannya datang dari arah pagar.

Pernah melihat adegan itu, bukan? Ya, tanda – tanda sehat yang dimiliki oleh anjing itu bisa dilihat dari ekornya yang sering mengibas – ngibas. Kalau tiba – tiba anjng kamu jarang atau bahkan tidak mengibaskan ekornya, maka dia sedang tidak sehat.

Mata

Tidak hanya manusia yang jika jatuh sakit tatapan matanya sayu. Begitu pula dengan hewan seperti anjing. Kesehatannya terganggu bisa dikenali dengan mata yang berbinar – binar, tidak berair secara berlebihan, tidak mengeluarkan kotoran mata yang juga berlebihan, dan bagian putih mata yang tidak berwarna kekuningan.

Hidung

Dingin dan lembab sudah merupakan ciri khas hidung anjing yang normal. Ini tergantung pada jenis ras apa anjing tersebut, maka hidungnya bisa berwarna hitam, merah muda atau bahkan sesuai dengan jenis bulunya.

Tapi jangan terlalu senang dulu, karena belum tentu hidung yang lembab dan dingin menandakan anjing tidak sakit ya. Apalagi jika sampai mengeluarkan lendir dan berbau. Bisa jadi anjing kamu sedang sakit lho.

Kulit

Mengecek suhu tubuhnya adalah solusi yang terbaik untuk mengecek anjing kamu sakit atau tidak. Jika tidak ada luka dan mengakibatkan dia selalu menjilatnya maka itu tandanya anjing kamu tidak sehat.

Apalagi lukanya berdarah dan berlendir. Namun lain halnya jika anjing kamu memiliki kulit yang lentur dan halus.

Bulu

Pernah melihat anjing yang kehabisan bulu sampai kelihatan kulitnya yang memerah? Sudah pasti itu pertanda bahwa anjing kamu tidak sehat lho.

Tentu penampilan ini tidak mengenakkan dan membuat kamu berpikir dua kali untuk membawanya jalan – jalan sore.

Tapi jika bulunya yang lembut, tidak berketombe, sehat mengkilap serta tidak mengkilap, kamu akan dengan senang hati membawanya jalan – jalan sore. Oleh karena itu, periksa lah jika anjing kamu mengalami tanda – tanda ini ya.

Telinga

Sebenarnya ciri – ciri ketidaksehatan anjing dan kucing kurang lebih sama. Apalagi ketika kamu melihat telinga peliharaanmu memiliki telinga yang tidak bersih seperti terdapatnya kotoran hitam yang berlebihan, kemerahan, bengkak serta selalu menggaruk. Itu pertanda tidak sehat lho.

Biasanya anjing yang sehat memiliki telinga yang berwarna pink. Coba deh cek peliharaanmu apakah memiliki salah satu tanda – tanda ini?

Mulut & Gigi

Cara sederhana untuk mengecek kesehatan anjing kamu hanya dengan membuka sisi – sisi mulutnya. Jika tidak berbau maka itu tandanya anjing kamu sehat.

Namun, jika berbau dan mengakibatkan dia tidak nafsu makan maka itu tandanya tidak sehat lho. Infeksi mulut ini merupakan masalah cukup serius juga karena bisa merembet organ tubuh lainnya.

Ingat, anjing dewasa memiliki 42 gigi dewasa, dan anak anjing memiliki 23 gigi bayi.

Kotoran

Jangan merasa jijik untuk selalu mengecek kotoran anjing kamu, karena dari situ lah kamu bisa mengetahui sehat atau tidaknya peliharaan kamu lho.

Dua kali sehari adalah kegiatan normal buang air besar seekor anjing besar. Namun, kamu harus ingat kotoran tidak basah, berair, berdarah, apalagi disertai dengan mengejan. Jika itu terjadi dengan anjing kamu maka itu pertanda anjing kamu sedang sakit.

Coba lah periksa ke dokter hewan jika anjing kamu mengalami salah satu ciri – ciri diatas ya.

Baca Juga : Tips dan Trik Grooming Anjing dan Kucing

Loading...
Ciri – Ciri Anjing Yang Sehat | ilmuhewan | 4.5