Cara Ternak Kerbau Untuk Pemula

By On Wednesday, May 10th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Kerbau Untuk Pemula – Siapa yang mau jika kerbau ternak yang dirawat harus mati secara tiba – tiba?

Tentu ini membuat para pengusaha ternak harus memijit kepalanya berkali – kali.

Bukannya untung dari membuka usaha ternak, tapi harus gulung tikar demi matinya satu persatu kerbau gara – gara kamu tidak tahu harus bagaimana cara merawatnya.

Kata – kata pemula memang identik dengan barunya seseorang dalam melakukan satu hal. Masih kencur kata orang awam. Namun, jangan salah walaupun menjadi seorang pemula juga bisa menggrebak dunia usaha ternak kerbau lho.

Baca Juga : Ciri dan karakteristik kerbau Jaffarabadi

Mungkin saja kamu salah satu dari beratus – ratus pengusaha ternak yang berselewaran.

Niat dan Modal

Niat yang kadang turun kadang naik memang tidak bisa dibilang serius. Untuk membuka usaha seperti ternak kerbau merupakan usaha yang tidak main – main.

Memulainya saja butuh modal yang tidak sedikit memang. Oleh karena itu kamu harus memiliki niat yang mantap serta modal yang mantap pula.

Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk memiliki usaha ternak kerbau. Sekarang sudah banyak bank yang menyediakan pinjaman dengan suku bunga rendah. Jadi kamu tidak perlu bingung harus meminjam modal dimana.

Lokasi dan Lahan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa untuk memulai sebuah usaha ternak kerbau memang tidak main – main. Memilih lokasi dan lahan pun kamu harus teliti sekali lho.

Jangan sampai memilih lokasi berdekatan dengan pemukiman warga yang pada akhirnya akan berbuah masalah. Pilih lokasi yang berdekatan dengan sumber bahan pakan dan air minum. Jangan sampai usaha ini hanya bertahan setengah jalan gara – gara sumber pakan dan air minum habis.

Ini yang membuat para peternak luar negeri sana kebanyakan menempatkan hewan – hewan ternak mereka agak jauh dari pemukiman warga.

Sewaktu – waktu ada penambahan kandang maka area yang masih kosong tentu akan lebih mudah, karena lokasi yang berjauhan dari pemukiman.

Rasanya tidak asyik apabila ada warga sekitar yang melaporkan keluh kesah mereka gara – gara limbah kotoran yang tidak manusiawi, bukan?

Oleh karena itu, kamu harus menjauhkan tempat kerbau – kerbau diternak dengan pemukiman. Lokasi lebih tinggi dari juga akan memudahkan kamu untuk membuang kotoran kerbau lho. Kalau terjadi hujan lebat maka genangan kotoran tidak akan tertumpuk pada satu tempat saja.

Bersih dan Nyaman

Bukan hanya manusia yang menginginkan kebersihan dan kenyamanan. Hewan – hewan ternak yang berada di dalam kandang pun juga butuh kebersihan dan kenyamanan lho.

Denngan melakukan kebersihan setiap hari maka resiko tingkat stress kerbau – kerbau nihil. Kamu tidak ingin kan jika kerbau tiba – tiba mogok makan hanya karena stress berlebih? Tentu ini mempengaruhi bobot tubuhnya.

Bibit Unggul Kerbau

Sudah mempunyai kandang dan lokasi yang layak, lalu pilih lah bibit unggul kerbau yang handal. Sebelum memboyongnya ke kandang pun kamu harus cek cek bentuk tubuh dan kesehatannya.

Jangan sampai kamu memilih kerbau yang sering sakit – sakitan dan akhirnya harus berakhir di tengah jalan. Contohnya saja seperti kerbau rawa (swamp buffalo) yang identik sebagai kerbau tipe pekerja yang membantu para petani di sawah, juga tipe penghasil daging yang baik.

Warna yang dimiliki pun bermacam – macam. Diantaranya, warna albinoid, belang, abu – abu terang dan abu – abu gelap. Lalu ada kerbau sungai (river buffalo) yang lebih identik dengan tipe kerbau perah.

Tidak seperti kerbau rawa yang memiliki macam – macam warna kulit, kerbau sungai hanya memiliki satu warna saja, yaitu hitam.

Bahan Pakan Kerbau

Cara beternak kerbau pun tidak bisa sembarangan lho. Dari segi pakan pun harus ada nilai gizinya agar kerbau sehat dan tidak loyo. Ada dua klasifikasi tanaman yang dapat diberikan pada kerbau.

Diantaranya, hijauan rumput padi yang terdiri dari rumput gajah, rumput setaria, rumput raja, rumput benggala, rumput bede, rumput lamtorogun, rumput turi, rumput gamal dan rumput kaliandra.

Tidak hanya itu limbah pertanian seperti jerami padi, ampas tahu, dedak, bekatul, ongok juga dibutuhkan untuk asupun gizi para kerbau.

Bagaimana? Sudahkah kriteria di atas termasuk dalam jiwa peternak kamu?

Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kerbau Surti

Cara Ternak Kerbau Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5