Cara Ternak dan Mengembangbiakkan Naga Jenggot (Bearded Dragon)

By On Friday, May 12th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Mengembangbiakkan Naga Jenggot (Bearded Dragon) – Dewasa ini, jenis hewan peliharaan memang sangat beragam, mulai dari hewan imut dan menggemaskan seperti kelinci, menyeramkan seperti ular, hingga hewan peliharaan yang termasuk baru dan masih jarang dijadikan peliharaan seperti naga jenggot atau yang bisa disebut juga dengan nama bearded dragon.

Tak seperti naga yang biasa orang lihat di film, naga jenggot memiliki ukuran tubuh yang kecil dan sama sekali tidak menyeramkan sehingga sangat cocok dijadikan hewan peliharaan.

Jika Anda tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakan hewan ini, ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah berikut terlebih dahulu.

Cara Mengembangbiakan Naga Jenggot

  1. Ketahui lebih lanjut informasi mengenai naga jenggot yang akan dipelihara

Cara pertama untuk mulai mengembangbiakan naga jenggot adalah dengan mengetahui semua informasi dari naga jenggot yang akan Anda pelihara.

Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda bisa tahu bagaimana cara merawatnya maupun pemeliharaan yang tepat pada naga jenggot tersebut.

Adapun informasi yang wajib untuk diketahui salah satunya yaitu jenis kelamin. Cara ini memudahkan jika Anda ingin mengembangbiakan naga jenggot tersebut, Anda bisa membeli naga yang berbeda jenis kelaminnya.

  1. Pastikan naga jenggot sehat dan bebas virus

Kedua, langkah yang harus Anda lakukan untuk mengembangbiakan naga jenggot yaitu dengan memastikan hewan tersebut bebas dari segala penyakit dan virus. Salah satu virus yang membahayakan dan sering menyerang naga jenggot adalah adatenovirus.

Virus ini mudah sekali menyebar ke naga jenggot yang lain sehingga sebelum memelihara hewan tersebut, ada baiknya Anda segera memeriksakan naga jenggot itu ke dokter hewan agar dapat dipastikan kesehatannya.

  1. Berikan makanan dan vitamin yang cukup

Naga jenggot merupakan jenis hewan omnivora yang dapat diberi makan sayuran maupun serangga. Bagi Anda yang berniat memelihara reptil ini, sebaiknya Anda mengubah jenis makanannya setiap beberapa hari sekali agar naga jenggot peliharaan Anda tidak merasa bosan dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Selain dengan makanan, Anda juga sebaiknya memberikan tambahan vitamin atau suplemen untuk naga jenggot, terlebih pada naga jenggot yang sedang hamil. Hal ini penting agar telur-telur yang dihasilkan oleh naga jenggot yang sedang hamil bisa sehat dan menetas dengan sempurna tanpa cacat sedikitpun.

  1. Siapkan kandang yang sesuai untuk naga jenggot

Hal lain yang harus disiapkan sebelum Anda mulai memelihara naga jenggot yaitu dengan menyiapkan kandang yang sesuai. Kandang naga jenggot akan lebih baik jika terbuat dari kaca bening agar Anda bisa melihat keindahan hewan tersebut meski tidak menyentuhnya secara langsung.

Kandang tersebut juga sebaiknya didesain sesuai dengan tempat tinggal asli naga jenggot, contohnya yaitu Anda bisa menambahkan kayu, pasir ataupun tumbuh-tumbuhan di dalamnya agar naga jenggot juga bisa lebih nyaman.

  1. Buat kandang tempat kawin dan bertelurnya

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk berternak naga jenggot yaitu dengan menyiapkan kandang tempat kawin dan tempat bertelur naga jenggot betina.

Suhu di dalam kandang tempat kawin harus berkisar antara 25-30 derajat di siang hari dan 20 derajat celcius di malam hari.

Adapun untuk tempat bertelurnya sendiri, Anda harus melengkapinya dengan tambahan pasir di bagian dasar kandang, agar telur-telur yang akan dikeluarkan naga jenggot bisa terbenam dengan sempurna.

Demikianlah beberapa cara yang harus dilakukan jika Anda memang berniat memelihara dan mengembangbiakan naga jenggot.

Baca Juga :

Cara Ternak dan Mengembangbiakkan Naga Jenggot (Bearded Dragon) | ilmuhewan | 4.5