Cara Ternak dan Memperbayak Ayam kalkun

By On Thursday, January 26th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Memperbayak Ayam kalkun – Ayam kalkun adalah salah satu ayam yang terkenal di Amerika dan menjadai makanan khas yang selalu disuguhkan pada acara tertentu.

Namun di Indonesia ayam kalkun ini tidak begitu terkenal seperti tampat asal si ayam kalkun yaitu Amerika, namun karena rasanya yang lezat membuat permintaan banyak sehingga sebagian masyarakat memilih untuk membudidayakan ayam kalkun.

Apalagi para peternak ayam kalkun ini masih langka menjadikan harganya cukup mahal dan membuat untung yang menggiurkan bagi para peternak.

Baca Juga : Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam

Jika anda memutuskan untuk ternak dan memperbanyak ayam kalkun, berikut ini caranya :

  1. Pemilihan bibit ayam kalkun

Bibit ayam kalkun adalah penentu apakah kalkun yang kita ternak nanti memiliki hasil yang bagus atau tidak sehingga menjadi salah satu penentu kesuksesan anda melakukan ternak kalkun.

Ketika anda memilih untuk membeli ayam kalkun, maka pilihlah ayam yang sehat, bebas tidak berpenyakit, tidak cacat. Pilihlah ayam kalkun yang memiliki badan tegap

  1. Pemilihan lokasi ternak

Sebelum anda menentukan tempat untuk bisnis ternak ayam kalkun, sebaiknya anda melakukan survey terlebihdahulu terhadap lokasi pilihan anda.

Sebaiknya pilih lokasi strategis yang dapat menunjang pertumbuhan dan kelangsungan bisnis anda dengan baik.

Perhatikan keamanan, kenyamanan dan distribusi mudah. Dalam hal keamanan pastikan bahwa aman dari gangguan manusia, binatang penggagu bahkan kemungkinan adanya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Pilih tempat yang nyaman, tempat mudah untuk memperoleh makanan tambahan untuk para ayam kalkun, misal sawah dan sungai.

Pastikan ketika melakukan pendistribusian hasil panen kalkun mudah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan banyak biaya.

  1. Pembuatan kandang kalkun

Buatlah kandang sesuai latar belakang kehidupan si kalkun. Beri mereka kandang yang memiliki ventilasi untuk sirkulasi udara , ruang untuk istirahat, bermain,bahkan makan dan pastikan bahwa tempat yang mereka tinggali bersih.

Hal ini bertujuan agar si kalkun nyaman tinggal disana, sehingga mereka dapat dengan mudah untuk berkembangbiak.

Gunakan kulit padi sebagai lantai para ayam kalkun, jika menggunakan lantai dari semen atau plesteran lebih mahal.

Namun, anda harus selalu membersihkannya secara teratur, karena dikhwatirkan akibat kotoran ayam kalkun ini menyebabkan mereka terserang penyakit atau hama.

Jika memang memungkinkan bangunlah kandang menghadap ke arah timur agar siar matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang sehingga kandang dalam kondisi kering.

Pastikan anda memisahkan ayam kalkun berdasarkan umur, karena bisa jadi ayam kalkukn yang lebih tua akan mengintimidasi kalkun yang umurnya dibawahnya dan pisahkan juga ayam kalkun yang nakal.

Atur posisi tempat bertelur untuk memudahkannya ketika anda memeriksa perkembangan telur tanpa mengganggu induk ayam yang mengeraminya.

  1. Pemeberian pakan

Anda bisa memebrri makan ayam kalkun menggunakan dedak yang bisa dicampur denagn sayuran  dna berilah vitamin sekali – kali guna menambah nutrisi ayam kalkun.

Pastikan makan yang diberikan sesuai dengan umur kalkun dan akan langsung habis tanpa adanya sisa, sehingga tidak ada makanan yang busuk nantinya menyebabkan munculnya bakteri.

Sebaiknya pisahkan antara air minum kalkun dan makanannya, karena dikawatirkan jika bertempat saling berdekatan akan tercampur dan mengganggu kebersihan minuman si kalkun.

  1. Pemberian vaksin

Ayam kalkun dapat diberi vaksin untuk menjaga kondisisnya agar tidak mudah terserang penyakit dan bisa diberikan setiap 1 – 2 bulan sekali. Selain itu pemberian vitamin maupun suplemen dapat juga menjaga stamina tubuh si ayam kalkun.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Cara Ternak dan Memperbayak Ayam kalkun | ilmuhewan | 4.5