Cara Mudah Membuat Burung Lovebird Cepat Bertelur

By On Friday, May 12th, 2017 Categories : Burung

Cara Membuat Burung Lovebird Cepat Bertelur – Didalam berternak burung jenislovebird, tentu kaliansangat menginginkan si betina segera bertelur agar bisa segera menghasilkan anakan untuk menjadi koleksi lovebird kalian, dan tentunya tidak jarang hasil ternak lovebird beserta anakan dan koleksi burung lovebird ini digunakan untuk mendatangkan pundi-pundi uang.

Namun tidak sedikit peternak maupun pencinta burung lovebird yang sering mengalami kesulitan dalam menangkarburung paruh bengkok ini, salah satunya adalah burung lovebird betina yang sudah lama tidak bertelur padahal usianya sudah mencukupi atau bahkan sudah waktunya untuk bertelur.

Baca Juga ; Kandang sederhana untuk ternak burung lovebird

Pada kesempatan ini, akan dibagikan beberapa tips tentang cara mudah membuat burung lovebird cepat bertelur.

Berikut ini beberapa cara agar lovebird cepat bertelur :

  1. Memasang/Menggunakan Lampu Full Spektrum Didalam Kandang Penangkaran

Lampu full spektrum sangat cocok dikarenakan lampu ini sangat membantu burung lovebird untuk merasa nyaman dan sejuk sehingga dapat mempercepat waktunya untuk bertelur.

Lampu full spektrum ini memiliki suhu warna sekitar 5500 K (Kelvin) dan juga memiliki cahaya yang hampir menyerupai sinar matahari sehingga sangat baik bagi kesehatan burung termasuk burung jenis lovebird.

Kaliandapat menempatkan lampu ini di bagian atas kandang, dan kalian dapat mengatur kapan lampu dinyalakan. Ada baiknya, kalian matikan lampu di malam hari agar dapat membuat burung merasa berada di alam liar.

  1. Menempatkan Pasangan Burung Lovebird Lain Didalam Satu Ruangan

Selanjutnya, kalian dapat menempatkan pasangan burung lovebird lain dalam satu ruangan akan tetap berbeda kandang. Cara yang satu ini dinilai cukup efektif dikarenakan suara dari burung betina lain yang bertelur akan memancing burung lovebird betina yang belum bertelur untuk ikut kawin dan bertelur juga.

  1. Pemasangan Kotak Sarang atau Gelodo

Kotak sarang atau biasa dikenal dan disebut gelodok merupakan tempat di mana burung lovebird akan bertelur dan mengerami telurnya.

Maka dari itu, kalian harus memperhatikan ukuran gelodok dan tata letak yang tepat agar burung lovebird betina dapat cepat bertelur.

Masalah ukuran kotak sarang / gelodoknya, kalian usahakan tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas sesuai dengan ukuran burung lovebird itu sendiri. Pemberian lubang pintu jangan terlalu lebar, akan tetapi dapatdisesuaikan dengan ukuran burung lovebird.

Untuk luas bagian dalamnya, jangan terlalu luas dan juga jangan terlalu sempit. Pemberian serutan kayu di dalam kotak setebal cukup 2,5 cm saja karena burung lovebird biasanya akan menyusun sarangnya kembali.

  1. Mengganti Pakan Burung Lovebird

Burung lovebird betina yang lama tidak bertelur dapat juga disiasati dengan perubahan pada menu makanannya. Sebagai contoh, kalian dapat memberikan makanan yang mampu memicu hormon pada burung lovebird betina agar dapat cepat bertelur. Beberapa makanan yang dapat disarankan yaitu : tauge, kangkung, biji kuacidan tulang sotong.

  1. Pemberian Suplemen Khusus Bagi Si Burung Lovebird

Cara selanjutnya yaitu kalian dapat melakukan pemberian suplemen bagi burung lovebird kalian, akan tetapi cara ini tidak wajib untuk kalian lakukan.

Kaliandiperbolehkan memberikan suplemen dan boleh juga tidak memberikan suplemen apapun. Akan tetapi yang pasti, pemberian suplemen pada burung lovebird ini mampu meningkatkan birahi lovebird pada jantan dan betina, meningkatkan peluang untuk telur menetas, dan dapat menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru saja menetas.

Kalian harus memilih suplemen yang terpercaya dan yang telah direkomendasikan oleh para dokter hewan.

Baca Juga : Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot)

Cara Mudah Membuat Burung Lovebird Cepat Bertelur | ilmuhewan | 4.5