Cara mudah dalam mencegah kucing buang air sembarang

By On Thursday, April 20th, 2017 Categories : Tips Dan Trik

Cara mencegah kucing buang air sembarang – Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu pilihan bagi sebagian masyarakat dan salah satu hewan peliharaan yang disukai adalah kucing, selain dapat menjaga rumah dari serangan – serangan tikus, kucing juga memiliki berbagai macam jenis yang lucu, jadi siapa saja yang tidak tertarik dengan mereka.

Namun, ada salah satu hal yang bisa membuat anda geram, yaitu kucing anda buang air sembarangan, hal ini jelas mengganggu bukan?

Berikut ini akan di bahas sebagian cara mencegah kucing buang air sembarangan dengan mudah :

1. Bersihkan tempat kucing buang air sembarangan

Ketika kucing buang air secara sembarangan mereka akan melakukannya berulang – ulang kali dan membuangnya pada tempat yang sama di mana mereka buang kotoran sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Wet food Kucing dengan ikan dan puding

Hal ini dikarenakan bau yang ditimbulkan oleh bekas – bekas kotoran kucing.

Guna menghindari kucing buang air sebarangan lagi, maka anda harus rajin – rajin segera membersihkan tempat buang air kucing di sembarang tempat tersebut agar kucing tak kembali, anda bisa menyiramnya dengan air dan anda bersihkan dengan sabun atau dengan menggunakan perasan lemon, Baking soda bahkan anda bisa menggunakan berbagai bahan penghilang bau lainnya.

2. Berikan bau – bau yang menyengat pada tempat kucing buang air sembarangan

Anda bisa menggunakan bahan dari bawang putih, cabai, minyak kayu putih dan lemon untuk mencegah kucing kembali buang air pada tempat yang sama.

Menggunakan cara ini maka si kucing tidak akan kembali buang air pada tempat tersebut dan menjadi kesempatan anda membuatkan tempat kucing untuk buang air.

3. Siapkan kotak pasir

Siapkan sebuah kotak dan isi dengan pasir bersih untuk tempat kucing buang air. Anda bisa memakai pasar bahan bangunan atau pasir yang tidak mudah menggumpal. Jika anda memiliki banyak kucing peliharaan, maka sebaiknya 1 kucing memiliki 1 kotak pasir.

4. Selalu bersihkan kotak pasir

Selalu bersihkan kotak pasir kucing untuk buang air, apalagi kucing menyukai kebersihan. Sebaiknya anda segera membersihkannya ketika anda melihat ada kotoran kucing, dan melakukan pencucian pasir tersebut selama 1 atau 2 Minggu sekali dengan menggunakan sabun dan air hangat baru kemudian dikeringkan.

5. Tempatkan kotak pasir di berbagai tempat

Menempatkan kotak pasir di berbagai tempat memudahkan kucing buang air, tapi sebaiknya tempatkan kotak pasir di dekat tempat kucing buang air secara sembarangan tadi, dan letakkan pada tempat – tempat yang mudah di jangkau oleh kucing.

6. Gunakan pasir yang sama

Ketika anda mengganti pasir, maka jangan terlalu sering menggantinya menggunakan pasir yang berbeda, apalagi kucing tidak menyukai jenis pasir yang memiliki aroma dan jenis pasir yang kering, sehingga ketika mereka buang air pasir tidak dapat menempel pada tubuhnya.

7. Tempatkan pada kandang

Tempatkan kucing – kucing kesayangan anda pada kandang, namun tetap berikan kotak berisi pasir sebagai tempat buang air kucing.

Selain kandang merupakan tempat yang praktis, anda juga tidak perlu repot meletakkan banyak kotak pasir dan melakukan pembersihan pada seluruh kotak pasir.

8. Amati gerak – gerik kucing

Perhatikan dari setiap gerakan kucing, dan jika anda menemukan kucing anda menggaruk – garuk lantai misalnya di pondokan, berarti itu pertanda bahwa kucing anda akan melakukan buang air, maka sebaiknya anda segera membawanya ke kotak pasir atau ke tempat yang anda inginkan. Namun cara ini dirasa kurang efektif mengingat waktu anda terbuang untuk memperhatikan dari setiap gerakan kucing.

Baca Juga : Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi

Cara mudah dalam mencegah kucing buang air sembarang | ilmuhewan | 4.5