Cara Mudah dalam Budidaya Lobster Air Tawar

By On Monday, January 30th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya Lobster Air Tawar – Ilmuhewan.com – Semakin hari permintaan lobster semakin meningkat, tapi masih sedikitnya para pembudidaya lobster yang ada d masyarakat menjadikan harga lobster itu sendiri bisa di katakan mahal.

Jadi, jika memilih untuk membudidayak lobster bisa dikatakan bisnis adalah bisnis menjanjikan, apalagi lobster air tawar misalnya dapat dibudidayakan di kolam tanah ataupun kolam terpal.

Berikut ini cara membudidayakan lobster air tawar dengan mudah :

  1. Habitat lobster

Ketika anda memutuskan untuk membudidayakan lobster air tawar, maka anda harus memilih terlebih dahaulu habitat lobster apa yang anda inginkan, lobster yang di budidayakan di kolam tanah, kolam terpal, kolam semen atau di aquarium.

Karea dengan menetukan habitat tersebut, maka itu juga menentukan bagaiamana anda mengelolanya.

Jika anda sudah memilih habitat lobster, maka selanjutnya anda harus mengisi kolam dengan air seminggu sebelum benih lobster air tawar ini di tebar, khusunya jika anda menggunakan air PDAM yang mengandung  kaporit, maka dengan membiarkan seminggu akan membersihkan air tersebut dari kaporit ataupun air tanah yang dikandungnya.

  1. Pemberian pakan

Ketika anda meutuskan untuk membudidayakan lobster maka anda harus membuat jadwal yang tepat  dan takaran yang sesuai untuk melakukan pemberian pakan kepada para lobster air tawar ini.

Karena jika pakan yang diberikan sedikit atau kurang dari pakan yang dibutuhkan oleh lobster maka  bisa – bisa si lobster akan saling memakan apalagi mereka memiliki sifat kanibalisme seperti ikan lele. Sehingga mereka akan menyantap sesama lobster terutama lobster yang berukuran lebih kecil dari si pemakan.

Untuk menghindari hal itu, maka sebaiknya pakan yang diberikan pada lobster sesuai dengan kebutuhan atau lebih hal ini berlaku untuk semua pembudidayaan lobster air tawar baik di kolam tanah, semen maupun aquarium.

Anda bisa juga memasang paralon pada dasar kolam yang telah di beri lubang sebagai tempat persembunyian para lobster air tawar yang masih berukuran kecil dari para lobster berukuran lebih besar yang kapanpun bisa saja memangsanya.

Untuk pemberian pakan sendiri baiknya 2 kali dalam satu hari yaitu ketika masih pagi hari dan sore hari menjelang malam bisa dengan Plankton, Pellet, Ketela pohon yang diparut dan Jagung basah yang di parut bersama sayuran lainnya.

Lobster air tawar ini akan mengalami pergantian kulit yang mana ketika hal ini terjadi ukuran lobster akan semakin besar dan akan menghasilkan telur dalam jumlah banyak, namun terkadang  telur yang dihasilkan itu tidak berisi alias kosong, sehingga terkadang induk lobster air tawar ini akan memakannya.

  1. Pemilihan bibit

Andaanda bisa mengawinkan lobster air tawar betina dan jantan yang berukuran 1 – 2 inchi untuk bibit terbaik dan untunk membedakannya perhatikan warna capitnya., yaiutu lobster jantan memiliki bercak berwarna merah pada capit luar serta memiliki tonjolan alat kelamin pada pangkal kaki ketiga dari bawah, sedangkan pada lobster betina ditandai dengan lubang alat kelamin terdapat pada pangkal kaki dari ekornya dan tidak memiliki bercak merah pada capit luarnya.

Anda juga harus memastikan bahwa lobster indukan tersebut memiliki varietas unggul, baik, sehat, memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga lobster yang dihasilkan bagus.

Setelah itu lakukan pemindahan ke kolam pembesaran dan jangan lupa untuk memasang kincir agar gelembung udara lancar, jika tidak ada kincir anda bisa menggunakan aerator.

Cara Mudah dalam Budidaya Lobster Air Tawar | ilmuhewan | 4.5