Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Ternak Hewan, Uncategorized

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting) – Burung kenari merupakan salah satu burung yang meramaikan pangsa besar burung di Indonesia.

Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu serta memiliki tubuh yang indah. Oleh karena itu tidak heran jika burung kenari menjadi salah satu burung yang selalu dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Burung kenari juga memiliki peluang yang besar untuk dibudidayakan, namun kebanyakan burung kenari dipelihara hanya sebatas hobi.

Ada banyak sekali jenis burung kenari di dunia, antara lain Kenari Norwich, Kenari Yorkshire, Kenari Border, Kenari Roller dan Kenari Gloster. Selain itu, masih banyak lagi jenis kenari lainnya.

Baca Juga :

Cara Menjodohkan Burung Kenari

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

Cara Memilih Bibit Indukan Kenari Yang Baik Untuk Kontes

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Burung kenari sendiri biasanya dijual dengan harga mencapi 10 jutaan untuk jenis kenari import, sedangkan untuk jenis kenari lokal biasanya dijual dengan harga sekitar 200 ribu.

Cara merawat dan ternak kenari terbilang gampang gampang susah. Namun diperlukan perhatian khusus pada saat kenari mabung. Mabung merupakan proses perontokan yang terjadi pada bulu burung.

Hal ini memang merupakan hal biasa yang sering dialami oleh semua burung dan terjadi secara periodik. Adapun cara untuk merawat burung kenari mabung (molting) dapat disimak pada ulasan berikut ini.

Cara Merawat Burung Kenari Mabung dengan Benar

  1. Patikan apakah burung kenari sudah terbebas dari virus pembawa penyakit atau belum. Untuk memastikannya, sebaiknya kenari dibawa ke dokter hewan.
  2. Bersihkan kandang burung kenari tersebut dari gangguan parasit, seperti mikroba, kutu maupun cacing.
  3. Berikan nutrisi untuk memenuhi kebutuhuan protein pada burung kenari. Kenari mabung (molting) mengalami penurunan protein sebanyak 20 persen dalam tubuhnya. Oleh karena itu, sebaiknya berikan makanan yang mengandung banyak protein, mineral, kalsium dan yodium.
  4. Selain itu, kenari mabung juga perlu diberikan makanan yang mengandung nutrisi yang bagus, di antaranya telur yang sudah direbus, sayur-sayuran hijau, biji-bijian, tulang sotong, buah-buahan segar, kulit tiram, dan multivitamin OrBird yang sangat efektif untuk membantu melancarkan dan mempercepat proses mabung pada burung kenari.

Sedangkan jika Anda tertarik untuk membudidayakan atau menernakkan burung kenari dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Ternak Burung Kenari

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyediakan sangkar untuk burung kenari. Pilihlah sangkar dengan ukuran yang cocok dan perhatikan penempatan sangkar tersebut, yaitu di tempat yang aman dan jauh dari pemangsa.
  2. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan indukan burung kenari yang akan dijodohkan. Sebaiknya pilih indukan yang berasal dari keturunan yang unggul agar nantinya anak-anak yang dihasilkan berkualitas sehingga mudah untuk dipasarkan maupun dirawat sendiri.
  3. Poin paling penting saat menernakkan burung kenari yaitu menjodohkannya. Dalam menjodohkan burung kenari juga memiliki proses-proses khusus, di antaranya pendekatan yaitu mendekatkan sangkar burung jantan dan betina dengan jarak 5 cm. Namun pendekatan juga bisa dilakukan dengan cara menyatukan langsung burung kenari di dalam satu sangkar.
  4. Apabila penjodohan sudah berhasil, maka tahap selanjutnya adalah menyediakan sarang untuk bertelur. Sarang ini sangat diperlukan untuk menempatkan dan mengerami telur burung kenari. Selain itu, sarang tersebut juga menentukan menetas atau tidaknya telur yang sedang dierami.
  5. Tahapan berikutnya yaitu memberikan perawatan yang tepat. Hal ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung kenari. Perawatan tersebut dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang baik serta menjaga kebersihan kandang. Selain itu, perlu juga memandikan dan menjemur burung kenari. Hal ini bertujuan agar kondisi fisik burung kenari selalu prima dan tidak mudah sakit.
Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting) | ilmuhewan | 4.5