Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Sering Turun Tangkringan

By On Thursday, March 8th, 2018 Categories : Burung

Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Sering Turun Tangkringan – Cara mengatasi burung lovebird yang sering turun tangkringan ketika sedang berlomba memang sering sekali terjadi.

Adapun penyebabnya dapat dikarenakan oleh berbagai hal. Jika ingin mengatasi perilaku burung lovebird tersebut, harus dilihat dahulu penyebab masalahnya satu persatu.

Penyebab Burung Lovebird Sering Turun Tangkringan:

  • Overbirahi

Jika anda ingin mengetahui apakah burung lovebird overbirahi atau tidak, perhatikan perilakunya saat didekatkan dengan lawan jenisnya. Bila selalu naik turun sambil menggigit jeruji sangkar dapat di pastikan settingan lomba yang diberikan terlalu tinggi.

Baca Juga : Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird

Jika burung lovebird tidak di seting ketika lomba atau hanya di istirahatkan pada H-1, sebaiknya kondisikan selama 2 minggu untuk dilakukan terapi penurunan birahi.

Apabila masih terus menerus dilombakan, kemungkinan besar burung lovebird anda lama kelaman akan lemah dan semakin sulit di kondisikan untuk melakukan lomba.

  • Cocokkan Jenis Tangkringan

Sebaiknya jenis dan ukuran tangkringan di cocokan dengan kaki burung lovebird agar terasa nyaman ketika berada di tangkringannya. Jenis tangkringan ada yang berupa tangkringan pasir, kayu asem, plastik atau jenis bahan lain yang semuanya harus di coba satu persatu hingga lovebird mendapatkan jenis tangkringan yang pas agar merasa nyaman ketika bertengger di tangkringannya.

  • Ukurang Tangkringan Kurang Tepat                         

Diameter tangkringan sebaiknya menyesuaikan dengan karakter ataupun kebiasaan burung love bird anda. Ada yang menyukai jenis tangkringan dengan diameter besar ukuran 1,5cm dan ada yang menyukai ukuran kecil sekitar setengah cm kurang.

  • Kondisi Kurang Fit

Perlu dilihat apakah kondisinya sedang fit untuk lomba atau tidak.

  • Tidak Menyukai Kandang Yang Digunakan

Ada kalanya burung tidak menyukai kandangnya, baik merupakan kandang baru ataupun kandang yang kondisinya sudah rusak atau tidak baru lagi.

Sebaiknya kenali perilakunya terlebih dahulu, untuk membantu anda untuk dapat menentukan jenis kandang yang akan dipakai.

Jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan untuk membeli kandang baru kalau ternyata burung anda justru tidak betah berada didalam kandangnya sendiri.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Burung Lovebird Giras

Agar Burung Lovebird Nyaman Bertengger Tangkringan:

  • Jika kondisi burung lovebird anda sedang berada dalam kondisi birahi tinggi, sebaiknya diturunkan terlebih dahulu birahinya dengan cara terapi mandi malam dan terapi pengumbaran untuk mengurangi durasi penjemuran.
  • Pastikan juga kondisi burung lovebird selalu fit dengancara memberikan asupan multivitamin dan pengembunan yang rutin.
  • Oleskan karpet Burung lovebird anda dengan sedikit minyak, agar takut untuk turun kedasar sangkar. Cara ini bisa di lakukan ketika lovebird sedang di lombakan dan saat lovebird sedang dirumahkan.
  • Gunakan karpet tahan air berwarna merah, karena jenis burung ini takut akan warna merah.
  • Gunakan air untuk membasahi karpet hingga merata secara samar, jika burung tidak terlalu aktif untuk turun kebawah tangkringan. Tetapi jika menggunakan air masih terus turun kebawah, gantilah air dengan minyak.
  • Pemasangan karpet pada saat lomba wajib digunakan, tetapi pada saat dirumahkan sebaiknya hindari penggunaan karpet yang terlalu sering karena akan membuat burung menjadi terbiasa dengan adanya karpet, sehingga tidak merasa takut lagi.
  • Gunakan ranjau atau karpet mika bergerigi. Bentuknya dibuat melingkar mengikuti bentuk sangkar, dan cara pemasangannya seperti karpet biasa didasar sangkar. Namun sisi negatifnya sangkar terlihat kurang rapi bentuknya.

Demikian sedikit ulasann mengenai tips dan trik Cara mengatasi burung lovebird yang sering turun tangkringan ketika sedang berlomba.

Semoga dapat bermanfaat…!

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Burung Lovebird Giras

Loading...
Loading...
Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Sering Turun Tangkringan | ilmuhewan | 4.5