BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Cara Mengangkat dan Memegang Kelinci

By On Tuesday, April 18th, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Mengangkat dan Memegang Kelinci – Kelinci, hewan ini sering kita jumpai dikalangan para pemelihara hewan.

Hewan ini memang lucu dan menggemaskan, cocok untuk peliharaan anak – anak. Paras dari hewan ini sangat lucu dan menarik untuk dijadikan sebuah hewan peliharaan.

Dengan telinga yang panjang, dua gigi yang besar, dan kaki pelompat yang panjang menjadikan seekor kelinci sebagai hewan peliharaan yang imut dan cantik.

Tetapi dibalik semua itu, kelinci adalah hewan yang sangat lincah dan gesit. Mereka mendapat kemampuan itu saat mereka masih berada pada habitat aslinya, yaitu hutan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci

Mereka adalah hewan herbivora, makanya mereka selalu diburu oleh banyak predator sperti harimau, serigala, rubah, dll. Hal itu membuat kelinci memiliki kecepatan serta kelincahan yang dapat diperhitungkan.

Banyak dari kita yang telah menjadikan hewan ini sebagai peliharaan, tapi apakah kita telah merawatnya dengan benar? Kira – kira apakah kita memiliki kesalahan dalam merawat seekor kelinci?

Nyatanya, sebagian besar pemelihara kelinci masih menggunakan cara memegang seekor kelinci yang salah.

Sebenarnya kita harus memegang kelinci dengan sangat hati – hati, apalagi dengan bibitnya yang masih sangat kecil. Karena hewan ini termasuk hewan yang sangat sensitif terhadap sentuhan. Kira – kira apasaja cara memegang yang tidak boleh dilakukan,  berikut beberapa contohnya:

Cara memegang yang salah

1). Mengangkat dengan memegang telinga kelinci

Jangan pernah melakukan hal ini, karena ditakutkan akan merusak jaringan – jaringan syaraf yang ada pada telinga kelinci. Hal ini disebabkan karena telinga kelinci sangat sensitif.

Jika hal ini dilakukan, kemungkinan terburuknya adalah kelinci akan mengalami kecacatan/disabilitas pada tubuh mereka.

2). Mengangkat kelinci dengan memegang kaki bagian belakang

Mengapa tidak dianjurkan untuk memegang kaki bagian belakang kelinci, karena hal ini dapat berdampak pada peredaran darah kelinci tersebut.

Ketika peredaran kelinci tersebut terganggu, darah akan menumpuk pada kepala. Hal ini juga akan berdampak pada organ. Posisi organ dapat berubah dan sangat mumungkinkan jaringan otot akan putus dan otot pun akan berubah.

Itulah beberapa contoh hal yang biasa kita lakukan tetapi salah. Lalu bagaimana cara yang benar untuk memegang kelinci? Berikut beberapa cara memegang kelinci yang baik dan benar:

a). Memegang pundak kelinci

Biasanya kita memegang kucing dibagian pundak, cara ini bisa kita lakukan juga pada kelinci. Karena hewan – hewan memang suka dipegang di bagian pundak. Tetapi jika kelinci meronta – ronta kita bisa berganti ke cara yang ke – 2 dan 3.

b). Memegang seperti bola kasti

Cara ini dapat digunakan pada kelinci yang berukuran kecil dan sedang. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk kelinci yang berukuran besar. Karena dapat mengubah posisi awal organ – organ dalam kelinci.

c). Memegang tengkuk dan pantat

Caranya pegang tengkuk kelinci dengan satu tangan lagi yang mengangkat pantat dari kelinci tersebut. Cara ini bertujuan agar tengkuk kelinci tidak dijadikan satu tumpu peganggan. Karena tengkuk merupakan letak dari syaraf pusat.

Itulah pengetahuan yang kami punya seputar Cara Memegang dan Mengangkat Kelinci.Gunakanlah pengetahuan ini sebagaimana mestinya, dan mudah – mudahan dapat mendatangkan manfaat bagi laju dan perkembangan peternak yang telah membaca artikel yang telah kami buat.

Jangan lupa untuk terus membaca artikel – artikel kami yang berisi tentang hal – hal seputar peternakan. Demikian artikel yang telah kami buat, mohon maaf apabila ada ada kesalahan kata dan hal – hal yang kurang berkenan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

Baca Juga : Cara Pengendalian dan Pengobatan Penyakit Scabies Pada Kelinci

Loading...
Cara Mengangkat dan Memegang Kelinci | ilmuhewan | 4.5