Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membedakan Burung Manyar Jantan dan Betina

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Burung

Cara Membedakan Burung Manyar Jantan dan Betina – Burung manyar merupakan salah satu  jenis burung kicau yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, burung manyar ini memang belum terlalu banyak dipelihara oleh para pencinta burung kicau di Indonesia. Padahal, jika burung ini dirawat dengan baik, burung manyar ini bisa berkicau sebagus burung jenis finch lainnya, dan bisa mirip seperi suara kicauan burung kenari, blackthroat ataupun mozambik.

Dikarenakan burung manyar yang kurang populer dan sedikit sekali kompetisi yang diadakannya, jadi masih sangat kurang diminati. Walaupun begitu, beberapa pencinta burung kicau juga sangat menyukai burung ini.

Pasalnya, jika burung ini sudah dilatih dan dirawat dengan baik, maka burung ini bisa menjadi burung kicau yang cukup handal.

Burung manyar sendiri memiliki beberapa keistimewaan. Salah satu diantaranya, yaitu burung ini sangat pandai dalam merajut serta membuat sarangnya sendiri.

Dikarenakan kepandaiannya itu, burung manyar ini seringkali dijuluki burung arsitek. Bahkan jika burung manyar ini hidup  di alam liar, burung ini akan hidup berkoloni hingga ratusan bahkan ribuan burung sekaligus dan mereka membuat sarang bersama-sama dalam satu tempat yang membuatnya bisa mencapai bobot hampir kurang lebih 1 ton.

Selain itu, burung manyar dapat berubah warnanya, terutama bagi burung manyar jantan. Terjadinya perubahan warna ini yaitu pada saat burung manyar memasuki musim kawin.

Pada umumnya, burung manyar jantan memiliki lis hitam dan kuning pada bagian kepalanya. Akan tetapi pada saat musim kawin, burung manyar jantan memiliki jambul berwarna kuning yang menutupi bagian atas pada kepalanya.

Maka dari itu, terkadang ada beberapa pencinta burung kicau yang masih merasa kebingungan dalam membedakan burung manyar jantan dan betina.

Perbedaan jenis kelamin burung manyar ini memang berbeda-beda disetiap jenisnya. Ada manyar emas, manyar tempua, manyar kelapa, manyar kembang dan beberapa jenis manyar lainnya.

Akan tetapi, perbedaan jantan dan betina pada semua jenis manyar lainnya tidak terlalu terlihat perbedaannya. Berikut ini ada beberapa perbedaan burung manyar jantan dan burung manyar betina.

Ciri – Ciri Burung Manyar Jantan

Berikut adalah ciri-ciri daripada burung manyar jantan, diantaranya :

  • Warna burung manyar jantan lebih pekat dibandingkan dengan warna burung manyar betina
  • Terdapat alis/lis berwarna kuning dan sedikit warna hitam dibagian alisnya (pada saat musim tidak kawin)
  • Warna pada kepala bagian atas burung manyar jantan berwarna kuning seperti jambul kuning (pada saat musim kawin)
  • Burung manyar jantan yang sudah dewasa ditandai dengan adanya warna kuning seperti topi dikepala atau seperti kuning jenis finch lizard.
  • Warna pada bagian punggung burung ini lebih berwarna hitam pekat
  • Burung manyar jantan mempunyai warna paruh yang hitam pekat
  • Warna pada bagian dada berwarna kuning atau putih, tergantung pada jenis manyar tersebut
  • Jika masih muda, pilihlah burung manyar yang mempunyai paruh berwarna coklat-kehitaman.

Ciri – Ciri Burung Manyar Betina

Berikut ini adalah ciri-ciri daripada burung manyar betina, diantaranya :

  • Warna burung manyar betina lebih pucat dibandingkan dengan warna burung manyar jantan
  • Terdapat alis/lis berwarna putih dibagian alisnya
  • Warna pada burung manyar betina ini tidak berubah pada musim kawin ataupun non-kawin
  • Warna pada bagian punggung burung manyar betina lebih dominan coklat-keputihan atau sama seperti warna bulu manyar betina muda
  • Jika masih muda, maka burung manyar betina memiliki warna paruh putih atau merah muda dengan sedikit garis-garis coklat
Loading...
Cara Membedakan Burung Manyar Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5