Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Memaster Burung Pleci Bakalan

By On Thursday, March 30th, 2017 Categories : Burung

Cara Memaster Burung Pleci Bakalan – Sobat pernah mendengar tentang burung pleci bukan?

Ya burung yang bertubuh mungil namun memiliki suara yang merdu, kini burung tersebut banyak menjadi buruan para pecinta burung karena selain suaranya yang khas juga harganya yang melonjak ketika burung tersebut sudah menjadi master.

Dahulu burung ini termasuk burung yang murah sekali harganya. Namun seiring popularitasnya semakin lama menjadikan burung ini semakin diburu. Harga burung pleci sekarang yang masih bakalan atau anakan yakni antara 10 – 25 ribu.

Dan kabar baikknya jika burung tersebut sudah memiliki kualitas yang sangat bagus, maka harga burung pleci bisa mencapai 200-500 ribu rupiah bahkan jutaan untuk yang sudah menjuarai lomba.

Pengen tahu seperti apa cara agar sobat bisa memasterkan burung pleci itu agar menjadi burung yang berkualitas juara? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mudah Dan Tepat Menjinakkan Burung Pleci

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada kalanya disini saya akan menyampaikan criteria memilih burung pleci yang baik. Ada dua hal yang penting dalam memilih pleci yang baik yakni yang pertama adalah harus memilih burung yang muda.

Mengapa? Karena burung pleci yang muda, mudah sekali untuk di masterkan. Usia yang paling ideal untuk pleci muda yakni usia 25 hari. Yang kedua adalah memiliki tubuh yang ideal.

Tubuh ideal yang paling penting selain bentuk posturnya, juga gerakannya lincah yang menandakan bahwa burung tersebut adalah sehat dan siap untuk dirawat dengan baik.

Setelah dua hal itu terpenuhi maka langkah selanjutnya yakni merawat burung tersebut agar menjadi burung master. Adapun langkah-langkah memasterkan burung pleci yakni sebagai berikut:

Perawatan Burung Sehari-Hari

Merawat burung pleci tidak jauh berbeda dengan merawat burung-burung jenis lainnya. Burung pleci juga membutuhkan perawatan dari mulai makanan, kebersihan kandang, serta aktivitas rutin lainnya seperti memandikan dan meletakkan kandang burung pada tempat yang sejuk dan nyaman.

Makanan yang disukai oleh burung adalah pelet, pisang, ulat maupun kroto. Kandang setiap hari usahakan untuk selalu dibersihkan.

Saat kandang dibersihkan, burung pleci dapat dimandikan di kandang khusus untuk mandi. Setelah burung mandi, burung pleci dapat dijemur antara satu sampai dua jam.

Jika kondisi seluruh bulu telah kering dan cuaca terlalu panas maka burung pleci bisa dipindahkan ke tempat yang lebih sejuk. Pada minuman burung juga dapat ditambahkan vitamin agar kondisi kesehatan burung tetap terjaga.

Melatih Burung dengan Menggunakan Master

Setelah rutinitas tersebut diatas dilakukan, maka pleci dapat dilatih setiap hari. Cara yang dilakukan adalah dengan cara menyandingkan dengan burung lain.

Burung pleci bisa disandingkan dengan burung pleci yang lain yang sudah mampu berkicau agar dia mampu menirukan dan belajar untuk berkicau. Sebaiknya dihindari dulu di awal untuk menyandingkan dengan burung yang sudah ahli dalam berkicau.

Karena burung pleci yang masih baru belajar berkicau akan stress dan justru malah tidak mau berkicau. Selain itu burung pleci juga dapat diperdengarkan kicauan burung-burung lain seperti burung kenari, ciblek, prenjak dan kolibri yang memiliki karakter hampir sama dengan burung pleci.

Hal ini dimaksudkan agar burung pleci dapat mengembangkan variasi kicauannya melalui karakter-karakter yang berbeda dari burung-burung jenis lainnya tadi.

Durasi pemasteran dapat dilakukan sehari selama kurang lebih 4 jam. Waktu yang baik untuk pemasteran tersebut adalah malam hingga menjelang subuh. Sesekali juga dapat dilakukan pada pagi dan siang hari.

Melatih Burung ke Arena Pelombaan

Setelah latihan yang dilakukan rutin setiap hari, maka jika sudah waktunya dan cukup untuk berkicau dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah melatih burung tersebut ke arena perlombaan.

Bagaimanapun juga agar burung dapat menjadi burung yang menjuarai lomba, perlu juga dilatih untuk mengikuti perlombaan.

Tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan level burung tersebut. Jika terus menerus di ajak ke ajang perlombaan maka tidak menutut kemungkinan kemapuan burung akan terasah dan menjadi juara lomba.

Bagaimana sobat? Cukup jelas bukan paparan saya di atas? Mudah-mudahan dengan ulasan yang singkat tadi dapat menjadikan acuan bagi sobat yang sudah memiliki burung pleci di rumah agar burung tersebut dapat menjadi master.

Atau bahkan yang belum memiliki burung pleci untuk tertarik memelihara burung pleci ini. Terima kasih..^^

Salam.

Baca Juga : Cara mudah dalam meracik makanan yang tepat untuk burung pleci (Burung kacamata)

Loading...
Cara Memaster Burung Pleci Bakalan | ilmuhewan | 4.5