Cara Gampang Dalam Mengatasi Burung Kutilang Dewasa Miyik

By On Wednesday, September 28th, 2016 Categories : Burung

Cara mengatasi burung kutilang dewasa miyik – Hai pecinta kicau. Apa kabarnya nih? Semoga baik selalu ya. Omong omong, apa anda tau burung kutilang?

Nah, beberapa burung kutilang yang sudah dewasa memang beresiko untuk mengalami miyik. Termasuk burung kutilang anda di rumah yaa. hehehe

Oke, ada beberapa hal yang menyebabkan kutilang peliharaan anda miyik. Miyik sendiri, berarti berperilaku seperti anak burung yang minta lolohan.

parkit

Baca Juga : Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit

Miyik sendiiri diakibatkan karena perilaku si burung di alam bebas. Biasanya, perilaku seperti ini banyak kita temui pada jenis burung yang baru saja anda beli dari hasil tangkapan pemburu liar di hutan. Dan biasanya, burung seperti ini kekurangan vitamin.

Masih banyak yang kurang paham tentang burung dewasa yang sedang bersuara miyik. Mereka kebanyakan hanya sebatas mengira bahwa si burung kutilang tersebut masih berupa burung anakan.

Tidak hanya si burung kutilang aja yang bisa sering bersuara miyik akan tetapi burung cendet juga bisa sering bersuara miyik.

Apabila penyebabnya adalah kekurangan vitamin, maka sebaiknya si burung kutilang kita beri pakan tambahan berupa Ekstra Food atau berikanlah dosis atau porsi pakan yang agak lebih.

Tetapi akan teramat lebih baik lagi bila pakan burung kutilang berupa buah buahan seperti buah pisang dan juga buah pepaya.

Cara mengatasi burung kutilang yang sedang miyik (mengeluarkan suara seperti anak burung yang masih berumur 1 atau 2 bulan) :

  1. Pola cara merawat burung kutilang yang benar, sebaiknya anda jangan terlalu sering kita beri pakan dengan cara melolohkanya ke paruh si burung namun hanya sebatas kita umbar saja, dan berikanlah pakan ke si burung di sangkarnya saja. Percayalah, hal ini sudah cukup.
  2. Apabila burung kutilang tersebut sudah terlanjur mengeluarkan suara-suara mirip gejala miyik atau piyik, maka yang wajib kita perbuat adalah memberikan seekor teman untuk si burung kutilang. Disini, anda bisa menyediakan burung kutilang yang jenis kelaminya sama, atau anda bisa menempatkan sangkar si burung kutilang tersebut secara berdekatan dengan posisi sangkar burung kutilang yang lainya.
  3. Sesekali, anda juga haruslah memberi pakan ke burung berupa beberapa ekor jangkrik. Untuk porsinya sendiri, saya sarankan anda memberikan jangkrik setiap 1 minggu sekali pemberian saja dengan jumlah porsi 3 ekor.
  4. Usahakanlah si burung agar jangan terlalu sering kita pancing dengan mempeteti ataupun kita beri semacam suara siulan dan juga janganlah anda melambaikan tangan di dekat si burung kutilang.
  5. Berikanlah juga asupan tambahan vitamin setiap satu minggu sekali. Hal ini akan dapat membuat badan si burung kutilang dewasa selalu fit dan bugar, serta terhindarkan dari resiko miyik.

Sebagai catatan, bila anda mempunyai peliharaan burung kutilang yang kadang kadang mengeluarkan suara miyik, itu adalah suatu hal yang wajar. Karena sejatinya memang perilaku miyik si burung kutilang ini sudah lumrah dan ada di alam liar.

Ciri eksklusif si burung kutilang yang miyik merupakan suatu ciri kekurangan pakan dan intinya adalah harus anda sediakan pakan burung yang dosisnya sedikit berlebih, serta janganlah sampai menjadi kekurangan pakan burung.

Bagaimana para pecinta burung kicau? Apakah artikel ini cukup membantu anda? Semoga membantu yaa. Oh iya, bila anda ingin menambah wawasan seputar burung, anda dapat membaca artikel yang kami posting di postingan kami yang lain.

Bila anda sudah membacanya, kami harap anda tetap menantikan artikel terbaru dari kami. Semog semua artikel yang kami posting bisa membantu anda yaa. Terimakasih telah berkunjung, see you next post!

Baca Juga : Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan

Loading...
Cara Gampang Dalam Mengatasi Burung Kutilang Dewasa Miyik | ilmuhewan | 4.5