Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Budidaya Ikan kakap Mata Kucing Untuk Pemula

By On Thursday, July 13th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya dan Ternak Ikan kakap Mata Kucing – Ikan kakap merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di Indonesia. Ikan kakap dapat dikenali dengan tubuhnya yang berbentuk bulat pipih dan memiliki sirip yang memanjang sepanjang punggung.

Ada beberapa jenis dari ikan kakap, di antaranya ikan kakap hitam, ikan kakap merah dan ikan kakap kuning. Sedangkan jenis ikan kakap yang sering ditemukan di Indonesia adalah kakap merah.

Ikan kakap merah banyak ditemukan di provinsi Kepulauan Riau, oleh karena itu ikan yang satu ini menjadi salah satu fauna khas provinsi tersebut.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Ternak Ikan Kuwe Putih Untuk Pemula

Bukan hanya itu saja, ikan kakap merah juga sering dijadikan sebagai bahan makanan yaitu kakap asam pedas yang menjadi makanan khas Kepualuan Riau.

Selain jenis ikan kakap yang sudah disebutkan di atas, masih ada jenis lainnya yaitu ikan kakap mata kucing. Jenis ikan kakap yang satu ini memang belum begitu populer di kalangan masyarakat. Meskipun demikian, ikan kakap mata kucing memiliki peluang yang besar untuk dibudidayakan.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan jenis kakap mata kucing, berikut tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk membudidayakan ikan kakap mata kucing bagi pemula.

Menyiapkan Benih Kakap Mata Kucing

Dalam membudidayakan ikan kakap mata kucing, menyiapkan benih menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dengan teliti agar mendapatkan benih yang berkualitas. Benih kakap mata kucing bisa didapatkan melalui penangkapan dan pembenihan.

Pemeliharaan Kakap Mata Kucing

Pemeliharaan ikan kakap mata kucing dilakukan di KJA atau di bak-bak terkontrol. Dibutuhkan waktu sekitar 8 hingga 9 bulan pemeliharaan sebelum akhirnya bisa dipanen untuk menghasilkan ikan kakap mata kucing dengan ukuran konsumsi yaitu sekitar 400 hingga 500 gram per ekor.

Seperti halnya ikan laut lainnya, ikan kakap mata kucing juga dipelihara secara bertahap. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk membudidayakan kakap mata kucing, antara lain pendederan, penggelondongan dan pembesaran.

Pendederan atau pemeliharaan benih dilakukan di bak-bak terkontrol untuk mempermudah pengawasan dan penanganan benih kakap mata kucing.

Untuk penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, hal ini bertujuan menghindari terjadinya stress yang disebabkan oleh kondisi lingkungan.

Setelah pendederan yang dilakukan selama 2 hingga 3 bulan, umumnya bobot benih ikan kakap mata kucing telah mencapai 20 hingga 40 gram perekor.

Selanjutnya benih dapat dipindahkan ke dalam keramba penggelondongan yang sebelumnya telah disiapkan. Pada tahap ini, ikan diberi pakan berupa ikan racah segar yang dipotong kecil-kecil atau dicacah sesuai dengan lebar bukaan mulut ikan.

Ikan kakap mata kucing juga dapat diberikan makanan buatan seperti pelet basah. Pakan dapat diberikan dengan frekuensi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari dengan dosis 7 hingga 10 persen dari total bobot badan ikan tersebut.

Sementara itu, setelah dipelihara selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan di KJA penggelondongan, benih ikan kakap mata kucing telah mencapai bobot tubuh 60 hingga 70 gram perekor.

Selanjutnya, kakap mata kucing dapat dipindahkan ke keramba pembesaran. Pada tahap ini, kakap mata kucing diberikan pakan berupa pelet kering, pelet basah dan ikan-ikan rucah segar.

Demikianlah cara membudidayakan ikan kakap mata kucing bagi pemula. Untuk membudidayakannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun agar budidaya ikan kakap mata kucing yang dilakukan mendapatkan hasil yang besar, diperlukan kesabaran dan ketelanenan dalam pemeliharaannya.

Baca Juga : Cara Mengolah dan Membuat Ikan Beku

Loading...
Cara Budidaya Ikan kakap Mata Kucing Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5