Cara Budidaya dan Ternak Ikan Kuwe Putih Untuk Pemula

By On Thursday, July 13th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya dan Ternak Ikan Kuwe Putih – Nama ikan kuwe putih atau Caranx sexfascianu memang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar seafood.

Ikan yang hidup di perairan dangkal ini, ternyata tidak hanya bisa ditemukan di laut saja, tetapi juga di perairan darat atau payau.

Bahkan, ikan kuwe putih pun sudah mulai banyak dibudidayakan mengingat harga jualnya yang lumayan untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi.

Baca Juga : Cara Mengolah dan Membuat Ikan Beku

Bagi Anda para pemula yang ingin tahu lebih lanjut mengenai cara budidaya ikan kuwe putih ini, Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara budidaya ikan kuwe putih

  1. Perawatan benih ikan kuwe putih

Ikan kuwe putih memiliki ukuran benih yang tergolong rata-rata sebagaimana jenis ikan yang lain, yaitu sekitar 3-5 cm per ekornya. Pada masa ini, benih ikan kuwe putih harus diberi makanan yang sesuai dengan ukuran tubuh dan mulutnya.

Adapun pakan yang diberikan bisa berupa gilingan daging ikan rucah dan udang berukuran kecil atau biasa disebut dengan rebon.

Jumlah pakan yang harus diberikan dapat menyesuaikan dengan jumlah benih ikan kuwe putih itu sendiri, biasanya sekitar 10 – 15 % dari jumlah ikan tersebut, dengan frekuensi pemberian pakannya 3 hingga 5 kali per hari.

Setelah dirawat selama 1 – 1,5 bulan, benih ikan kuwe putih akan menjadi lebih besar ukurannya dan siap dipindahkan ke tempat yang lebih luas.

  1. Tahap penggelondongan ikan kuwe putih

Setelah benih ikan kuwe putih memiliki ukuran yang sudah cukup besar, maka benih ikan tersebut sudah siap dipindahkan ke dalam keramba penggelondongan.

Keramba tersebut harus dikelilingi oleh jaring polietilen atau banyak juga yang menyebutnya jaring PE yang memiliki ukuran diameter mata jaringnya 0,5 – 1 inchi.

Jumlah ikan yang harus diletakan di keramba itu pun sudah harus dipikirkan, usahakan tepat memenuhi 50 – 60 ekor ikan per meternya.

Pada saat penggelondongan, ikan kuwe putih dapat diberi pakan ikan rucah yang sudah dipotong dadu kecil-kecil sebanyak 3 kali dalam sehari.

Anda juga bisa menambahkan vitamin seperti amolovit untuk membuat ikan kuwe putih budidaya Anda lebih sehat. Pemberian vitamin tersebut juga harus menyesuaikan dengan dosisnya.

  1. Proses pembesaran ikan kuwe putih

Proses akhir dari budidaya ikan kuwe putih adalah pemeliharaan ikan kuwe putih hingga besar dan siap untuk dijual. Setelah 2 – 3 bulan berada di keramba penggelondongan, ikan kuwe putih harus segera dipindahkan ke keramba pembesaran karena ukurannya pada saat usia ini bisa mencapai 50 – 130 gr per ekornya.

Jumlah ikan putih yang dimasukkan ke keramba harus disesuaikan dengan luas keramba itu sendiri, yakni 40 – 50 ekor setiap satu meter.

Pakan ikan kuwe putih pada proses ini masih sama, yaitu ikan rucah yang segar. Hanya saja, kali ini Anda tidak harus memotongnya menjadi kecil-kecil.

Beri pakan ikan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari, setiap pagi dan sore. Tak hanya itu saja, Anda juga wajib memberikan vitamin tambahan minimal seminggu sekali.

Setelah 4 – 5 bulan kemudian, ikan kuwe putih tersebut sudah siap untuk dijual sebagai konsumsi.

Itulah langkah atau cara-cara untuk membudidayakan ikan kuwe putih. Namun, tak hanya perawatan ikan kuwe putih saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus menjaga kebersihan keramba tempat ikan tersebut hidup.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, pastikan Anda memiliki tempat yang cukup karena budidaya ikan jenis apa saja akan membutuhkan lahan perairan yang luas.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dropsy (Sisik Nanas) pada Ikan Cupang

Cara Budidaya dan Ternak Ikan Kuwe Putih Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5