BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi

By On Wednesday, April 19th, 2017 Categories : Info Lainnya

Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi – Vaksin adalah sebuah upaya untuk memperoleh kekebalan tubuh agar tubuh menjadi kebal terhadap serangan penyakit yang bersumber virus maupun bakteri.

Biasanya vaksin tersebut dapat berupa organisme hidup yang di lemahkan, di bunuh atau kombinasi.

Jika anda memelihara anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan maka sangat diperlukan juga vaksinasi guna mencegah terjadinya serangan penyakit dan kematian yang lebih cepat pada hewan peliharaan anda.

Baca Juga : Cara Vaksinasi Antraks Pada Ternak Sapi

Ketika anda memilih melakukan vaksinasi terhadap anjing atau kucing anda maka sistem imun tubuh mereka akan lebih kuat terhadap serangan penyakit, hal ini bertolak belakang pada hewan yang belum di vaksin.

Walaupun anjing dan kucing anda sudah di vaksin, tapi anda harus tetap memperhatikannya, karena vaksin tidak bersifat sekali vaksin untuk selamanya melainkan memiliki batas waktu.

Kenapa anjing dan kucing anda perlu divaksinasi? Karena dengan memberikan vaksinasi pada anjing dan kucing dapat mengurangi terjadinya gangguan kesehatan dan mencegah terjadinya kematian akibat serangan para virus maupun bakteri.

Vaksin ini dapat membuat anjing dan kucing anda bertahan hidup karena kekebalan tubuh tersebut dapat dijadikan sebagai tameng pertama ketika infeksi terjadi, apalagi si vaksin ini menjadikan anjing dan kucing memiliki kekebalan yang lebih dari sebelumnya.

Di sisi lain, ketika hewan kesayangan anda terserang oleh penyakit akibat virus obat yang efektif untuk mengatasinya belum di temukan.

Ketika anda memutuskan untuk melakukan vaksin pada anjing maupun kucing anda, maka kondisinya harus dalam kondisi sehat secara klinis, apalagi melakukan vaksin sama saja memasukkan bibit penyakit yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh hewan guna merangsang sistem imun.

Tubuh hewan haruslah normal yaitu sekitar 38 – 39,5 derajat celcius, memiliki nafsu makan yang baik, tidak dalam kondisi sakit walaupun batuk, diare hingga bersin, mereka juga harus bersih dari kutu.

Sangat tidak disarankan untuk melakukan proses vaksin ketika anjing atau kucing dan memiliki kondisi tubuh yang lemah, hamil, baru pulang dari perjalanan dan baru di adopsi. Sebaiknya dilakukan pengobatan cacing atau deworming sebelum melakukan vaksinasi.

Vaksin pada kucing biasanya mengandung antigen spesifik guna mencegah penyakit yang di sebabkan oleh calici virus, chlamidia, felinepanleukopenia virus, rabies dan Rimo trachetis virus. Sedangkan pada anjing adalah distemper virus, hepatitis virus, leptospira, parainfluenza, paro virus dan rabies.

Secara alami anjing dan kucing menerima antibodi maternal dari kolostrum air susu induk mereka, kurma dari 2 bulan anti bodi anak tersebut akan menurun sehingga sangat rentan terhadap serangan penyakit. Maka, sebaiknya proses vaksinasi dilakukan pada usia dini yaitu sekitar usia 8 – 9 Minggu dan dilakukan pengulangan atau booster setelah 3 – 4 Minggu.

Proses booster pertama di berikan waktu sekitar 12 bulan atau 1 tahun guna memastikan tingkat proteksi yang diberikan cukup kuat atau tidak.

Baru kemudian frekuensi booster dapat dilakukan sekitar 1 – 3 tahun tapi tetap tergantung dari jenis vaksin yang diberikan, penyakit hingga resiko paparan.

Pada umumnya anjing dan kucing hidup pada populasi yang sangat padat, jadi terkadang mereka membutuhkan vaksinasi tahunan akibat resik paparan penyakit.

Pemberian vaksin pada anjing dan kucing sangat jarang terjadi, hanya saja terkadang muncul reaksi ringan seperti sakit pada daerah injeksi yang berupa bengkak, lemas, demam dan kurangnya nafsu makan yang akan terjadi beberapa jam hingga beberapa hari saja dan kemudian semua kembali normal.

Sebaiknya setelah anda melakukan vaksinasi pada anjing dan kucing perhatikan mereka, karena pada beberapa kasus terjadi alergi terhadap bahan tambahan vaksin sehingga menyebabkan shockanafilaksis seperti kejang, muntah dan sesak nafas.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Recording Pada Ternak

Loading...
Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi | ilmuhewan | 4.5