Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

5 binatang aneh yang hanya ada di Hutan Hujan Amazon

By On Sunday, August 27th, 2017 Categories : Info Lainnya

Binatang aneh di Hutan Hujan Amazon – Anda pernah tersesat di hutan? Semoga tidak pernah ya.

Hutan merupakan salah satu tempat berlibur yang menyenangkan, kalau memang merupakan daerah hutan yang sudah dieksplorasi dan dijadikan tempat wisata atau tempat perkemahan.

Namun kalau hutan yang masih alami, dan tidak jelas wilayahnya seperti apa, kita pasti berpikir dua kali untuk masuk ke wilayah hutan tersebut. Namun di balik itu, hutan jelas memiliki banyak fungsi.

Hutan yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan, merupakan sumber oksigen yang bisa membuat udara lebih segar, suhu lebih sejuk dan mengurangi dampak polusi serta pemanasan global.

Selain itu, banyak terdapat sumber daya alam yang ada di hutan, seperti berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Pernah menonton film Tarzan?

Baca Juga : Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup tanpa air

Tarzan diceritakan berasal dari hutan, yang liar dan ganas. Nah, salah satu hutan yang besar di dunia, dan cukup liar adalah hutan hujan Amazon.

Hutan hujan Amazon merupakan hutan yang terletak di benua Amerika, dan melintasi beberapa negara di Amerika Selatan, seperti Brazil, Peru, Colombia, dan enam negara lainnya. Jadi bisa dibayangkan mereka berbagi hutan hujan Amazon.

Luasnya mencapai 7.000.000 kilometer persegi. Hutan hujan Amazon merupakan setengah dari hutan hujan yang ada di dunia. Ada berbagai jenis spesies di dalamnya, termasuk pepohonan, serangga dan binatang melata.

Di Hutan hujan Amazon juga melintas sungai Amazon, yang merupakan sungai terbesar di dunia.

Namun tahukah Anda bahwa di Amazon ada spesies binatang aneh yang hanya ada di Hutan hujan Amazon? Berikut 5 binatang aneh yang hanya ada di Hutan hujan Amazon.

Ikan Candiru

Disebut juga ikan caneroo, bentuknya pipih seperti ular atau belut yang pipih. Ikan Candiru disebut sebagai ikan vampir yang menyedot darah dari paru-paru mahluk lain yang lebih besar.

Termasuk ikan parasit. Panjangnya bisa mencapai 40 cm. Ada yang melaporkan bahwa ikan Candiru bisa masuk ke dalam tubuh manusia.

Glass Frog

Anda berani menyentuh kodok atau katak?

Di hutan hujan Amazon ada jenis kodok yang unik, yaitu kulitnya transparan dan kita bisa melihat bagian organ tubuh di dalamnya (karena itu disebut Glass Frog atau kodog kaca).

Glass Frog berwarna hijau, dan ternyata memiliki kebiasaan memakan kodok lain yang lebih muda.

Jesus Lizard

Pernah melihat cicak? Pastinya sedang tengkurap dan merayap, namun kadal yang satu ini bisa berdiri, dengan kedua kaki bukan empat kaki, dan berjalan di atas air.

Karena itu disebut Jesus Lizard (Kadal Yesus). Ketika menghindar dari predator, kadal Yesus bisa menempuh jarak 10 km per jam dan berlari hampir 20 meter jauhnya.

Capybara

Pernah lihat tikus yang sebesar anak kucing? Di hutan hujan Amazon ada tikus yang besarnya bisa mencapai 1 meter, dan beratnya bisa mencapai 66 kg.

Hampir mirip anjing ya, hewan pengerat ini bergerombol dengan jumlah kerumunan sampai 20 ekor.

Termasuk herbivora, dan sering menjadi mangsa anaconda, macan tutul dan macan kumbang. Bulunya lebat, dan memakan rumput dan buah atau tanaman air.

Lumba-lumba merah muda (Pink Dolphin)

Pernah melihat atraksi lumba-lumba di dufan? Di hutan hujan Amazon ada spesies lumba-lumba yang warnanya merah muda alias pinky. Ukurannya bisa melebihi manusia, beratnya mencapai 185 kilogram dengan panjang 2,5 meter.

Menurut legenda, di saat senja lumba-lumba ini bisa berubah menjadi seorang pria dan menggoda wanita muda.

Itu tadi Berikut 5 binatang aneh yang hanya ada di Hutan hujan Amazon.

Baca Juga : Burung yang tidak bisa terbang

Loading...
5 binatang aneh yang hanya ada di Hutan Hujan Amazon | ilmuhewan | 4.5