Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Waspadai 5 hal ini saat memelihara ikan laut

By On Friday, November 3rd, 2017 Categories : Perikanan

Mengapa Ikan laut Susah Dipelihara – Hobi memelihara ikan sudah banyak dilakukan mayoritas masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang memelihara ikan karena dipercaya dapat mengurai stress.

Selain itu, hobi merawat ikan justru dapat mendatangkan keuntungan, yakni dengan menjadi penjual atau pembudidaya ikan.

Ikan sendiri dibagi menjadi dua jenis ikan air laut dan air tawar.

Dan dikategorikan lagi menjadi ikan konsumsi atau ikan hias. Berbeda dengan memelihara ikan air tawar, memelihara ikan laut tergolong lebih sulit.

Baca Juga : Daftar Ikan Dasar Laut Menyeramkan yang Perlu Kamu Ketahui

Maka jangan heran jika sering muncul pertanyaan “Kok lebih susah pelihara ikan laut?”.

Berikut beberapa penyebab seringnya ikan laut mati, yakni:

  1. Pemberian pakan

Penyebab utama ikan laut sering mati adalah masalah pakan. Banyak kasus ikan mati karena kelaparan, hal ini disebabkan pakan yang tidak sesuai ataupun karena pemberian pakan yang tidak terjadwal (tidak tepat waktu).

  1. Suhu dan Ph air

Perbedaan suhu dan ph air juga menjadi kendala saat memelihara ikan laut. Masalah ini sering kali terabaikan. Padahal ini merupakan hal penting, karena ikan laut yang kita pelihara memiliki habitat yang berbeda dengan ikan yang berada didaratan (air tawar).

  1. Penyakit dan parasit

Sebelum memasukan ikan laut kedalam kolam atau akuarium, kondisi air harus steril. Kondisi air yang tidak steril menyebabkan ikan akan mudah terserang penyakit maupun parasit. Sehingga dapat berujung pada kematian ikan.

  1. Ikan tidak sejenis

Ketidaktahuan pemilik ikan dengan jenis ikan yang dipeliharanya. Sering terjadi si pemilik memasukan ikan yang berbeda kategori dalam satu akuarium.

Contohnya ikan tipe pemangsa disatukan dengan ikan yang bukan tipe pemangsa. Hal ini menyebabkan ikan tidak bisa bertahan hidup.

  1. Air tidak layak

Air merupakan elemen utama dalam melihara ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Menjaga keseimbangan air adalah kunci dari pemeliharaan ikan yang baik. Pergantian air dan filter secara berkala membuat kondisi air tetep baik.

Selain dari 5 hal diatas. Ada juga faktor lain yang membuat ikan laut mudah mati, diantaranya:

  1. Penggunaan potas saat menangkap ikan

Penggunaan potas sangat berbahaya untuk ikan, salah satunya merusak organ dalam ikan. Jadi saat membeli ditoko, sekilas ikan sehat tapi tidak lama setelah dipelihara ikan akan mati.

  1. Salah tangkap

Maksudnya ikan laut yang kita pelihara diakuarium adalah ikan yang tidak bisa dipelihara diakuarium. Hal ini terjadi, kerena kesalahan saat menangkap ikan. Jadi banyak binatang langka dengan habitat yang unik ikut dijual, padahal ikan tersebut tidak bisa hidup disembarang tempat.

  1. Kurang pengetahuan tentang ikan

Kebanyakan pemelihara  ikan hanya penghobi dadakan atau pemula. Sehingga masih sedikit pengetahuan yang dimiliki tentang cara memelihara ikan yang baik.

  1. Akuarium penuh

Setiap ukuran akuarium memiliki jumlah maksimal ikan yang bisa hidup didalamnya. Selain itu juga, beberapa ikan tidak bisa dipelahara secara campuran atau terlalu banyak.

Pemilihan, perawatan, pengaturan, dan pemberian pakan merupakan hal penting saat akan memilihar ikan laut. Namun tidak kalah penting pengetahuan tentang ikan yang akan dipelihara.

Karena ikan laut hidup dihabita yang berbeda, maka pengetahuan dasar tentang ikan yang akan dipelihara menjadi penting jika ingin ikan hidup lama.

Untuk pemula lebih baik bertanya kepada teman atau orang yang sudah lama memelihara ikan tersebut, bisa dengan cara bergabung keforum-forum pecinta ikan atau tanyakan langsung pada penjualnya. Mereka tidak akan segan untuk berbagi pengetahuan yang dimilikinya.

Baca Juga : Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula

Loading...
Waspadai 5 hal ini saat memelihara ikan laut | ilmuhewan | 4.5