Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Kambing dan Domba

By On Tuesday, November 8th, 2016 Categories : Info Lainnya

Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Kambing dan Domba – Agar mendapatkan keuntungan yang menguntungkan atau memadai bagi peternak kambing dan domba serta meminimalkan resiko kerugian, maka diperlukan strategi kapan waktu yang tepat untuk mejual kambing dan domba. Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh peternak.

Waktu yang Tepat Untuk Menjual Kambing dan Domba

Biasanya, peternak menjual kambing dan domba saat usia kedua hewan tersebut sudah cukup umur yaitu antara satu tahun hingga dua tahun.

menjual-kambing

Baca Juga : Hal yang Harus diperhatikan sebelum ternak kambing jawa

Tetapi waktu terbaik untuk menjual kambing dan domba adalah ketika memasuki hari raya Idul Fitri, Idul Adha, atau saat musim hajatan.

Berikut beberapa waktu yang tepat bagi peternak untuk mejual kambing dan domba.

  • Kambing dan domba akan bertambah berat badannya dari hari ke hari sesuai dengan pakan atau makanan yang diberikan oleh peternaknya serta jenis dari keduannya tersebut. Akan tetapi, jika sudah memasuki usia dewasa berat badan kambing dan domba tidak akan bertambah.
  • Umumnya, kambing dan domba dapat dijual saat berat badannya sudah tidak dapat bertambah lagi yaitu ketika memasuki usia satu hingga dua tahun.
  • Jangan menjual kambing dan domba yang masih muda atau berusia dibawah satu tahun, karena harga jualnya sangat rendah serta peternak akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kecepatan pertumbuhan kedua ternak tersebut.
  • Peternak dapat menunda keinginan untuk menjual kambing dan domba apabila beberapa minggu atau beberapa bulan lagi mendekati hari raya, terutama hari raya idul Adha. Namun, jangan lupa untuk menghitung biaya pemeliharaan tambahan untuk melakukan penundaan penjualan dan pemeliharaan dengan kemungkinan terjadinya kenaikan harga ternak saat mendekati hari raya.
  • Jika penundaan penjualan kambing dan domba terlalu lama, maka akan mengakibatkan kerugian bagi peternak. Sebab biaya pemeliharaan terus berjalan, sedangkan kambing dan domba sudah tidak dapat meningkat atau bertambah lagi.
  • Harga jual akan meningkat secara signifikan, saat memasuki atau mendekati hari Idul Fitri bagi kambing dan domba jantan serta betina. Sedangkan saat hari raya idul adha, peningkatan harga jual hanya berlaku pada kambing dan domba jantan saja.
  • Selain pada hari raya Idul Fitri, Idul Adha, atau setelah usia kambing atau domba sudah dewasa. Peternak juga dapat menjual saat mendekati musim hajatan pada bulan Juni – Juli dan Desember – Januari agar mendapatkan harga jual yang tinggi.

Cara-Cara Untuk Menjual Kambing dan Domba

Peternak dapat menjual kambing dan domba dengan berbagai cara. Akan tetapi, masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dengan seberapa banyak atau sedikitnya orang yang terlibat dalam proses jual beli tersebut. berikut beberapa cara untuk menjual kambing dan domba yang dapat dilakukan oleh peternak.

  • Menjual ternak melalui pasar ternak
  • Menjual ternak melalaui belatik pasar
  • Menjual ternak melalui belatik desa
  • Menjual ternak untuk membayar hutang atau untuk memenuhi keperluan hidup.

Baca Juga : Penyakit Berikut Ini Yang Sering Menyerang Kambing Jawa

Loading...
Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Kambing dan Domba | ilmuhewan | 4.5