Waktu Yang Baik Dalam Melakukan Inseminasi Buatan Pada Sapi

By On Thursday, February 9th, 2017 Categories : Teknologi

Waktu Melakukan Inseminasi Buatan Pada Sapi – Membudidayakan hewan ternak sapi memang membutuhkan perawatan dan ketelatenan yang tinggi.

Agar cepat berkembang dan memberikan hasil yang signifikan, para peternak sapi umumnya melakukan inseminasi buatan pada sapi.

Inseminasi berupa injeksi untuk membuahi sel telur sehingga indukan sapi unggul akan lebih cepat dan meningkatkan hasil ternak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa melakukan inseminasi buatan pada sapi juga tidak semudah yang dikatakan orang.

Ada beberapa faktor penting yang perlu diketahui masyarakat secara umum atau para peternak sapi. Di antaranya seperti :

  1. kesehatan indukan sapi
  2. masa birahi
  3. tingkat pemenuhan nutrisi dan makan
  4. metode inseminasi yang digunakan

Kesehatan indukan sapi sangat berpengaruh terhadap hasil metode inseminasi buatan yang dilakukan. tidak hanya secara fisik dari luar atau yang tampak oleh mata. Akan tetapi, termasuk dalam kesehatan reproduksi pada indukan sapi yang akan dilakukan inseminasi.

Kesehatan indukan sapi pada bagian reproduksinya dapat diketahui melalui beberapa ciri, misalnya saja dengan masa siklus ovulasi sapi atau masa pelepasan sel telur (masa subur). Dalam tahap ovulasi yang normal hewan ternak sapi rata rata antara 20 hingga 25 hari.

Perlakuan inseminasi buatan sebainya dilakukan ketika indukan sedang masa birahi atau estrus. Didukung dengan pemberian pakan yang bernutrisi agar masa ovulasi tetap normal.

Waktu yang baik dalam melakukan inseminasi buatan pada sapi

Waktu yang baik dalam melakukan inseminasi buatan pada sapi akan meningkatkan keberhasilan produksi hewan ternak sapi hingga 50%.

Banyak peternak yang melakukan metode inseminasi buatan pada sapi dengan mengikuti pola pola atau aturan tertentu. Termasuk waktu yang tepat untuk melakukan inseminasi buatan pada sapi.

Perlu diingat, waktu yang baik dilakukan inseminasi buatan pada sapi adalah ketika indukan sapi terlihat estrus atau birahi.

Amati apabila indukan sapi mengalami gejala birahi pada pagi hari, maka inseminasi buatan lebih tepat jika dilakukan pada sore hari.

Sebaliknya, apabila indukan sapi terlihat birahi pada sore hari, maka inseminasi buatan bisa dilakukan pada keesokan pagi hari.

Lalu, seperti apakah gejala gejala atau ciri ciri indukan sapi mengalami masa birahi alias estrus? Berikut ini ciri ciri yang bisa diamati:

  • Kondisi sapi terlihat gusar, gelisah, sering melenguh atau mengeluarkan suara
  • Tingkat nafsu makan berkurang
  • Tidak bisa tenang atau diam
  • Vulva sapi berwarna merah dan terdapat pembengkakan. Jika diraba akan terasa lebih hangat
  • Sapi yang birahi biasanya akan mencoba untuk mendekati lalu menaiki temannya. Jika didekatkan pada pejantan maka pejantan yang akan menaiki betina.

Setelah melakukan pengamatan di atas dan terdapat tanda masa birahi. Waktu yang baik dalam melakukan inseminasi buatan pada sapi yang sudah birahi adalah rentang waktu 6 hingga 12 jam.

Inseminasi buatan untuk mendapatkan anakan sapi dengan kelamin tertentu

Para peternak juga bisa mengatur atau menentukan jenis kelamin hasil inseminasi buatan yang akan dilakukan setelah terdapat tanda birahi dalam rentang waktu 12 jam.

  • Jika menginginkan anakan sapi berjenis kelamin betina, maka inseminasi dilakukan pada awal masa estrus terlihat
  • Namun, apabila ingin anakan sapi berjenis kelamin jantan, maka inseminasi dilakukan lebih dari 12 jam setelah masa estrus terlihat.

Teori ini berdasarkan pada pergerakan sel sperma dan sel betina. Sel betina yang bergerak lebih lambat dan punya daya tahan keberlangsungan hidup lebih lama. Sementara itu, sebaliknya berlaku pada sel jantan.

Baca Juga : Berikut ciri atau tanda sapi akan melahirkan

Waktu Yang Baik Dalam Melakukan Inseminasi Buatan Pada Sapi | ilmuhewan | 4.5