Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan

By On Saturday, July 23rd, 2016 Categories : Perikanan

Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan – Gurame, merupakan ikan konsums favorit banyak keluarga.

Harga memang sedikit mahal, namun hal ini tidak menyurutkan masyarakat Indonesia untuk suka dan senang pada ikan gurame.

Karena tingginya permintaan pasar maka banyak orang yang berinisiatif membudidayakan ikan mahal ini. Tidak semua ikan gurame dapat dikonsumsi, sehingga beberapa orang membudidayakan justru untuk kegiatan peliharaan.

8

Baca Juga : Cara Budidaya dan Pelihara Ikan Gurame  

Namun anda dapat memilih beberapa jenis varietas yang bisa dibudidayakan dengan layak. Apa saja varietas tersebut, berikut ulasannya.

1. Gurame Soang

Varietas pertama adalah gurame soang. Gurame ini merupakan gurame hias bukanlah gurame konsumsi yang banyak dijual dipasaran.

Banyak masyarakat Indonesia memilih gurame sebagai hias karena memang tidak dapat dimakan dan bentuk ikan yang lebih bagus untuk jadi ikan hias.

Gurame ini berasal dari Jawa Barat  karena awalnya banyak di daerah tersebut. Gurame jantan memiliki dahi yang lebih menonjol dibandingkan dengan gurame betina.

Kepalanya yang menonjol seperti soang menyebabkan gurame ini disebut gurame soang.  Gurame ini memiliki kelebihan dengan usia 3 tahun sudah menghasilkan bibit dan dapat bertelur dibanding gurame lainnya hingga 7000 butir.

Keunggulan lainnya dari gurame ini adalah, pertumbuhan ikan ini sangat cepat, sehingga dalam waktu satu tahun ikan ini mencapai berat 650 gram/ ekornya dan masih dapat bertambah.

Karena sifatnya yang rakus akan makanan maka ikan gurame ini cepat besar. Produktivitas gurame ini justru lebih tinggi dibanding yang lainnya. Sehingga walaupun gurame soang merupakan gurame hias, banyak yang menyukai dan membudidayakannya.

2. Gurame Batu

Kedua varietas gurame batu yang merupakan ikan gurame yang tidak dapat dikonsumsi. Sehingga ikan ini sangatlah terbatas dan juga diproduksi hanya untuk dipelihara. Gurame batu warnanya hitam dengan sisik sangat kasar yang merata di tubuhnya.

Pertumbuhan gurame ini cukup lambat, dan sangat tidak produktif untuk dibudidayakan. Terutama sebagai gurame konsumsi, karena berat 0,5 kg hanya bisa dicapai gurame batu 13 bulan.

3. Gurame Porselin

Gurame ini memiliki keunikan bahwa kepalanya lebih kecil dibanding tubuhnya. Sehingga mungkin gurame ini memiliki bobot di tubuhnya saja.

Umumnya kepala gurame akan menonjol berbeda dengan gurame porselin ini. Tubuhnya berwarna merah agak terang dan kabur, berat induk sampai 2 kg dan dapat menghasilkan telur hingga 10.000 telur jika maksimal penelurannya. Gurame ini digunakan sebagai benih unggul.

4. Gurame Bastar

Gurame ini banyak dikenal petani ikan di Jawa Barat , karena cukup banyak yang memilih untuk membudidayakannya.

Gurame bastar memiliki pertumbuhan yang cukup cepat seperti layaknya gurame soang. gurame ini memiliki tubuh dengan sisik kasar dan warna agak kehitaman dan sedikit putih.

Gurame ini tidak memiliki kepala semenonjol gurame soang, namun produksi telur yang biasa saja hanya maksimal 3000 telur saja dalam sekali masa peneluran. Varietas ini sudah pasti banyak didapatkan di daerah Jawa Barat .

5. Gurame Jepun

Ini merupakan gurame terakhir yang akan di bahas. Gurame jepun adalah gurame yang sudah lama dikenal. Gurame ini memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan gurame lainnya terutama gurame angsa.

Panjang tubuh gurame jepun sampai 45 cm dengan berat maksimal hingga 4 kg. Bentuk tubuh dari gurame ini memiliki sisik tidak terlalu kasar, dengan warna gurame jepun kecil berwarna biru dan gurame besar menjadi kehitaman. Produksi telur yang dilakukan gurame jepun maksimal hanya 4000 telur dalam sekali pemijahan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal

Loading...
Loading...
Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan | ilmuhewan | 4.5