Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Uniknya Ikan Gabus, Ikan Predator di Air Tawar

By On Saturday, October 14th, 2017 Categories : Perikanan

Fakta Unik Ikan Gabus – Jangan anggap remeh ikan jenis ini. Pasalnya ikan gabus merupakan sumber protein bagi manusia.

Bahkan sangat baik dikonsumsi untuk anak – anak. Untuk mendapatkannya kamu tidak perlu repot – repot. Kamu bisa menemukan ikan jenis ini di danau, rawa, sungai dan bahkan di saluran – saluran air yang ada di pemukiman rumah warga.

Jika saat musim hujan melanda, ikan ini pun bisa ditemukan di saluran draenase.

Nah, jadi apa saja keunikan yang dimiliki oleh ikan gabus ini? Mari ikuti penjelasannya berikut ini.

Ikan Predator

Ikan yang memiliki berbagai nama ini ternyata merupakan ikan predator yang perlu kamu waspadai juga lho.

Baca Juga : Jenis-jenis ikan gabus air tawar

Nama – nama ini pun dimilikinya dari berbagai daerah, seperti bocek, aruan, haruam, kocolan, bayong, licingan, bogo dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, dalam bahasa Inggris ikan gabus juga disebut dengan berbagai julukan, diantaranya snakehead murrel, common snakehead, chevron snakehead, striped snakehead dan aruan.

Melihatnya pertama kali pasti akan membuat kamu mengingat satu hewan lain juga, yaitu lele. Hal ini dikarenakan bentuk kepala bagian depan berbentuk bulat dan pipih di bagian belakang.

Panjangnya pun bisa mencapai 90 cm. Lumayan besar, bukan?

Mungkin itu sebabnya, ikan gabus dijuluki snakehead karena tampilannya agak mirip dengan kepala ular.

Mempunyai julukan snakehead ternyata membuat ikan gabus juga tepat menyandang predikat ikan predator.

Apalagi bila kamu memiliki kolam ikan peliharaan di rumah, maka ikan gabus bisa menjadi hama bagi ikan lainnya dan memangsanya.

Keberadaan spesies ini pada musim kemarau pun si ikan gabus berusaha untuk mengubur dirinya ke dalam lumpur sehingga tempat itu akan kembali berair.

Walaupun tempat – tempat semacam parit, kolam dan sebagainya sudah mengering, ikan gabus ini akan berusaha untuk membuat tubuhnya nyaman.

Jangan heran juga jika kamu menemukan ikan ini berjalan di daratan kering pada saat malam hari, karena ikan gabus berusaha mencari tempat – tempat yang masih digenangi air.

keunikannya ini ternyata ikan gabus dilengkapi kemampuan langsung dari udara, yaitu semacam organ labirin, yang juga sering ditemukan pada ikan betok dan lele tapi lebih primitif.

Sumber Protein

Walaupun predikat predator melekat pada ikan gabus ini, namun ternyata spesies ini memiliki segudang protein lho. Inilah yang menyebabkannya harus berharga mahal ketika dijual di pasaran.

Mengonsumsi ikan gabus berguna sekali untuk menjaga agar kestabilan dan metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik.

Oleh sebab itu, kandungan yang ada pada ikan gabus ini membuatnya jadi incaran banyak orang. Terdapat kalori sekitar 69 untuk setiap 100 gram ikan gabus yang kabarnya sangat berguna bagi sumber energi tubuh.

Ditambah lagi protein sebanyak 25 gram yang juga berguna untuk pembentukan dan penyusunan sel, kalsium 62 mg yang sangat baik untuk tulang dan gigi, vitamin A sebanyak 150 mg yang katanya sangat berguna demi menjaga kesehatan mata dan air sekitar 69 gram.

Jadi sangatlah cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin memiliki tubuh sehat dan sistem imun yang kuat, karena ikan gabus atau haruan merupakan sumber vitamin dan mineral.

Jika dikonsumsi anak – anak sangatlah baik karena daging ikan ini mengandung phospor, zat besi dan vitamin B. Lemak yang terkandung di dalamnya pun hanya sekitar 1,7 gram yang bisa bermanfaat untuk cadangan tenaga lho.

Ayo, perbanyak konsumsi ikan agar lebih sehat dan kuat.

Baca Juga : Cara Membedakan ikan gabus jantan dengan ikan gabus betina

Loading...
Uniknya Ikan Gabus, Ikan Predator di Air Tawar | ilmuhewan | 4.5