Tips dan Trik Perawatan Burung Poksay dan Suaranya

By On Friday, September 30th, 2016 Categories : Burung

Tips Perawatan Burung Poksay dan Suaranya – Dalam postingan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara perawatan dan melatih suara burung Poksay agar bisa sering berkicau istilah populernya gacor.

Menurut banyak penikmat burung, Poksay memiliki keistimewaan ketika ia berkicau. Bila diperhatikan, dia suka berputar-putar (istilahnya teler).

Lalu gimana cara yang harus dilakukan agar bisa mempunyai poksay seperti itu? Mari kita lanjutkan artikel ini.

suaranya

Baca Juga : Cara Membuat Burung Jalak Suren Cepat Gacor

Perawatan burung poksay mantel, jambul, mandarin, kuda atau yang lainnya memang hampir sama dan sangat perlu kasih sayang yang berbeda antara burung satu dengan burung jenis lainnya.

Burung poksay merupakan burung yang dikaruniai dengan kicauan lantang dan keras ini, konon tidak begitu manja.

Berikut adalah beberapa tips atau cara agar bisa membuat poksay menjadi burung kicau yang bisa gacor dan mempunyai suara yang beraneka.

Tahap Awal

Sebelumnya, yang mesti anda perhatikan adalah anda harus dapat menciptakan suasana nyaman dan aman dilingkungan sekitar si burung poksay.

Baik dari ancaman predator seperti tikus, kucing, ular, dll. ataupun dari koloni semut dan serangga lain .

Sebaiknya tempatkan agak jauh dari tempat yang terlalu ramai dan jauhkan Pocksay dari burung yang bisa merusak mentalnya.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan ketika merawat burung Poksay adalah perlakuan manja yang harus kita berikan.

Jangan sampai si Pocksay merasa ditakut-takuti karena ia akan menjadi diam seribu bahasa. Burung poksay ini akan sangat senang apabila ia mendapat perlakuan yang manja, semisal sering diajak ngobrol oleh pemiliknya.

Dalam hal usaha perawatan, burung poksay yang hidup di alam, mempunyai tingkat daya tahan tubuh yang lebih baik dari burung poksay yang dipelihara pada sangkar.

Untuk itu, yang perlu anda perhatikan dalam upaya melindungi si burung sangkar adalah dengan mengeluarkan sangkar pada pagi hari dan bila cuaca cerah atau tidak mendung.

Ketika waktu sebelum matahari terbenam, anda disarankan untuk memasukkan sesegera mungkin kandang burung poksay ke dalam rumah.

Proses Mandi Dan Penjemuran

Sebaiknya, kandang dari si burung Pocksay dibersihkan pada waktu pagi hari setiap hari. Mandikanlah Burung Poksay dengan cara semprot spray atau dengan menggunakan alat cepuknya untuk mandi sendiri.

Setelah itu, anda bisa menjemur poksay selama 2 jam atau lebih karena burung poksay ini sebenarnya menyukai sinar matahari yang agak panas untuk membantu menghangatkan tubuhnya. Setelah Pocksay dijemur, angin anginkanlah diteras yang teduh

Pemberian Pakan Dan Minuman

Dikarenakan burung poksay yang anda pelihara berada dalam sangkar, ia tak bisa mencari makan sendiri. Sehingga asupan makanan perlu anda sediakan secara teratur dan juga terjadwal, baik dari segi porsi maupun kualitas makanan.

Pakan haruslah bersih dan tentu saja mesti bergizi atau bisa pula anda memberikan pakan dengan berupa voer berkualitas.

Bila asupan makanan tersebut berbentuk biji-bijian seperti, kacang hijau, kedelai, ketan hitam, jagung, beras, ataupun campuran, biji-bijian tersebut haruslah anda tumbuk menjadi ukuran butiran kecil.

Selain asupan makanan yang berupa biji-bijian, Poksay juga perlu asupan makanan tambahan misal buah-buahan atau juga beberapa jenis serangga.

Untuk buah sendiri, kita dapat menghidangkan pepaya ataupun pisang masak. Sedangkan untuk jenis pakan dari seranggga, kita dapat mencari beberapa ekor jangkrik hidup ataupun juga ulat hongkong.

Untuk hal pemberian minuman, berilah si burung poksay kesayangan dengan air tawar yang bersih. Bila perlu, anda dapat juga menambahkan vitamin ataupun obat-obatan lain.

Memberikan makanan sebaiknya anda lakukan pada pagi hari, dan juga yang tidak kalah pentingnya tentang hal kebersihan kandang.

Gantilah pakan voernya dengan teratur, jangan sampai telat mengganti buah dengan buah yang segar serta jangan lupa untuk mengganti porsi air minum pada cepuknya di setiap pagi dan sore hari. Karena biasanya burung ini sangat suka sekali mandi di waktu tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, agar si burung poksay anda bisa rajin berkicau, perlakukanlah ia sedemikian rupa agar bisa tetap sehat dan bugar.

Baca Juga : Cara Mudah Membedakan Burung Anis Kembang Jantan Dan Betina

Loading...
Tips dan Trik Perawatan Burung Poksay dan Suaranya | ilmuhewan | 4.5