Tips dan Trik Peluang Usaha Penetasan Telur

By On Thursday, May 4th, 2017 Categories : Peluang Bisnis

Cara Membuka Peluang Usaha Penetasan Telur – Pada jaman dahulu sebelum teknologi secanggih saat ini, penetasan telur masih menggunakan cara alami yaitu menggunakan induk ayam itu sendiri untuk penetasan telur.

Kelemahan sistem ini adalah kemampuan induk ayam untuk membantu menetaskan telur ayam terbatas yaitu hanya 10 telur saja untuk setiap proses penetasan.

Saat ini terdapat teknologi yang membantu peternak ayam untuk proses penetasan telur yaitu mengganti induk ayam untuk proses pengeraman dengan mesin penetas telur.

Dengan teknologi anda dapat menetaskan 1000 telur sekaligus.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Ayam Kampung Bertelur Tanpa Henti

Selain lebih efisien, menggunakan mesin penetasan tingkat keberhasilannya tinggi jika menggunakan telur yang berkualitas.

Penetasan telur merupakan usaha yang memiliki prospek yang sangat bagus dan dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Anda dapat memulai usaha penetasan telur ini dengan mudah berikut ini tips dan triknya :

Mempersiapkan tempat

Letakkan tempat penetasan telur di ruangan yang tidak terkena panas matahari secara langsung atau yang terkena angina secara langsung yang dapat membuat perubahan suhu secara drastis.

Pastikan juga keadaan sekitar mesin penetasan telur bersih dan tidak mengandung bibit-bibit penyakit yang dapat menggangu proses penetasan telur. Anda dapat membeli mesin penetasan telur atau membuat mesin penetasan telur sendiri.

Berikut ini adalah cara-cara membuat mesin penetasan telur sederhana yang dapat anda lakukan dirumah :

    • Buatlah mesin penetasan telur dengan bentuk seperti kotak yang berukuran 60 x 35 cm menggunakan bahan kayu untuk kerangkanya agar kokoh dan dindingnya bisa dengan triplek dengan jarak 3 cm. Setelah itu lengkapi mesin penetasan telur dengan rak telur yang terbuat dari kawat ram yang diletakkan 5 cm diatas dasar mesin penetasan telur.
    • Buatlah ventilasi berdiameter 1 cm sebanyak 2 buah pada bagian dinding dan 5 buah pada bagian atas mesin penetasan telur yang fungsinya untuk pernafasan embrio
    • Untuk sumber panasnya dapat dihasilkan dari 2 lampu pijar 25 watt dan dua lampu pijar 15 watt.
    • Agar kelembapan udara di dalam ruang peti tetap terjaga, siapkan bak air yang terbuat dari seng berukuran 30x30x2 cm yang diletakkan dibawah rak telur.
    • Untuk mengukur suhu di dalam ruangan mesin penetasan telur, siapkan thermometer berskala Fahrenheit yang diletakkan di atas rak telur.

Persiapan telur dan indukan

Untuk indukan baik jantan maupun betina pilihlah yang memiliki umur yang cukup, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Cara menetaskan telur

Jika menggunakan mesin penetas telur, telur akan menetas dalam waktu 21 hari. Pada hari pertama, masukkan telur pada pagi hari,  bagian ujung telur di posisi bawah dan bagian tumpul telur diletakkan menghadap atas dengan sudut 40 derajat. Tutup lubang ventilasi udara.

Pada hari ke tiga, putar telur sehari 3 kali yaitu pagi, siang dan sore. Pada hari ke 4, balik telur dan dinginkan dengan cara membuka lubang ventilasi seperempat bagian selama 15 menit. Pada hari ke 5, telur didinginkan dengan ventilasi dibuka tiga perempat bagian.

Pada hari ke 7, telur dibalik kembali dan didinginkan, namun bedanya pada tahap ini ventilasi dibuka seluruhnya. Buang telur yang kosong ditandai dengan telur terlihat jernih bagian dalamnya. Pada hari ke 8 hingga hari ke 13, balik telur dan dinginkan kembali.

Pada hari ke 14, balik telur kembali dan dinginkan kemudian cari telur yang bibitnya sudah mati ditandai dengan lingkaran darah atau cairan. Pada hari ke 15 hingga 17  balikkan telur kembali dan dinginkan. Pada hari ke 18 balik telur dan kemudian jangan buka mesin penetas sampai telur menetas.

Pada hari ke 19 telur akan terlihat mulai retak, tambahlah kelembapan udara pada mesin penetas dengan cara menggantungkan kain basah tapi jangan sampai air menetes pada pipa pengantar panas.

Pada hari ke 20 telur akan mulai menetas dan tutup kaca pengintai dengan kertas. Pada hari ke 21 telur sepenuhnya menetas dan keluarkan kain serta kain basah dari dalam mesin. Pada hari ke 22 pindahkan anak ayam ke tempat indukannya.

Faktor keberhasilan dari penetasan telur menggunakan mesin penetas telur adalah ditentukan dari kondisi udara dalam mesin, kualitas telur yang akan ditetaskan dan kualitas mesin penetas yang dipakai.

Baca Juga : Pola pembibitan unggas petelur

Tips dan Trik Peluang Usaha Penetasan Telur | ilmuhewan | 4.5