Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Tips dan Trik Peluang Usaha Merpati Hias

By On Wednesday, July 5th, 2017 Categories : Burung

Tips dan Trik Peluang Usaha Merpati Hias – Pembudidayaan merpati merupakan salah satu usaha budidaya yang sangat menjanjikan dan sangat sedehana.

Burung Merpati hias sebenarnya ada beberapa jenis namun yang popular untuk dibudayakan adalah burung merpati kipas atau disebut dengan Merpati persi.

Merpati kipas atau Merpati Persi memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Biasanya orang yang membudidayakan burung merpati hias berawal dari hobi dan mereka melihat peluang dari usaha burung merpati hias yang sangat menjanjikan dan menghasilkan untung yang besar.

Baca Juga : Cara Mudah Beternak Burung Merpati Potong Untuk Pemula

Berdasarkan keterangan dari anggota Komunitas Merpati Hias Indonesia atau IFPC, denan membeli 20 burung merpati hias yang harga totalnya 15 juta maka akan mendapatkan keuntung 5 juta perbulan.

Bahkan beberapa orang yang tekun menjalani bisnis burung merpati hias mendapatkan omset hingga 10 Miliar.

Untuk melakukan budidaya merpati hias ada tiga sistem yaitu sebagai berikut ini:

Dengan sistem Umbaran

Sistem umbarang adalah membiarkan merpati terbang bebas diluar dan yang harus anda lakukan hanya menyiapkan tempat untuk merpati hias tinggal yaitu pagupon.

Dengan system umbaran anda tidak perlu membuat kandang khusus oleh karena itu anda akan lebih menghemat biaya. Selain itu anda tidak perlu menyediakan pakan untuk merpati hias karena ia dapat mencari makanannya sendiri tanpa harus disediakan pakannya.

Selain itu burung merpati hias juga bebas beraktivitas tidak terkurung dalam sangkar  sehingga burung merpati lebih sehat. Namun dibalik itu ada kekurangan dari system umbaran yaitu system keamanan tidak terjamin, bisa saja burung merpati hias tidak kembali atau reproduksinya menjadi kurang karena burung lebih banyak beraktivitas di luar.

Dengan Sistem koloni

Sistem koloni adalah sistem pembudidayaan dengan cara memasukan beberapa pasang merpati hias ke dalam sangkar yang cukup besar.

Sangkar harus dirancang sedemikian rupa hingga menjadi tempat yang nyaman bagi burung merpati hias dan kondisikan jumlah burung merpati hias, jangan terlalu banyak sehingga mengakibatkan burung merpati hias akan kesempitan dan kekurangan udara serta ruang gerak yang dapat mempengaruhi kesehatan dari burung merpati hias. Kelebihan dari sistem koloni ini adalah keamanan burung lebih terjaga.

Selain kelebihan, ada kelemahan dari sistem koloni ini adalah apabila ada satu atau lebih burung merpati hias yang sakit maka akan gampang menular ke burung merpati hias lainnya yang berada di dalam satu kandang dengan burung yang sakit.

Dengan system battery

Sistem battery adalah dimana anda dapat membudidayakan burung merpati hias dalam jumlah yang lebih besar namun anda perlu menyediakan kandang model battery dengan ukuran kurang lebih 75x50x50 cm.

Jumlah kandang yang dibutuhkan harus sesuai dengan jumlah burung yang akan dibudidayakan. Yang perlu anda perhatikan jika anda memakai sistem battery adalah and aperlu menjaga kesehatan dari burung dan anda harus telaten merawat burung merpati hias. Namun keuntungan dari sistem ini battery adalah burung merpati hias tidak gampang terkena penyakit dari luar.

Berikut ini adalah gambaran keuntungan yang diperoleh jika melakukan pembudidayaan merpati hias (sumber trans agro) :

  • Investasi

Harga kandang untuk merpati hias kurang lebih 2 juta per buah sedangkan untuk indukan sebanyak 15 pasang burung merpati hias maka menghabiskan 15 juta rupiah, dengan harga 1 juta per pasangnya. Jika ditotal maka untuk modal dibutuhkan 17 juta.

  • Biaya operasional

Biaya operasional terdiri dari biaya untuk pakan burung merpati hias sebanyak 1 juta untuk satu bulan per 15 pasang burung merpati hias dan untuk kebutuhan tenaga kerja membutuhkan 1 juta sehingga total untuk biaya operasional adalah 2 juta.

  • Omzet

Hasil penjualan anakan adalah 500 rb dimana 1 pasang indukan menghasilkan 1 pasang anakan dan dua kali panen dalam satu bulannya sehingga omsetnya menjadi 15 juta per bulan.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah

Loading...
Tips dan Trik Peluang Usaha Merpati Hias | ilmuhewan | 4.5